kado saat imlek

Catat! 10 Barang Yang Tidak Boleh Dijadikan Kado Saat Imlek

Tahun Baru China atau yang akrab disebut Imlek menjadi momen penting bagi mereka yang merayakan. Sama halnya dengan momen lebaran bagi umat muslim, imlek juga sering diisi oleh aktivitas bersama keluarga seharian. Selain itu memberikan kado saat imlek menjadi salah satu yang tidak boleh terlewatkan

Imlek juga identik dengan pemberian kado kepada orang orang tersayang. Ini terlihat dari kebiasaan mereka yang mudik membawa oleh-oleh seperti baju, alat-alat elektronik, makanan dll. Namun dalam pemberian kado tidak boleh sembarangan, karena ada kepercayaan dari masyarakat Tionghoa yang tidak menganjurkan untuk diberikan hadiah sebagai kado imlek sebab beberapa hadiah itu dipercaya bisa membawa pertanda buruk sepanjang tahun.

Merangkum ulasan dari China Highlights berikut beberapa pantangan yang tidak boleh dijadikan kado saat Imlek dan alasan di baliknya:

Berikut Daftar Barang Yang Tidak Boleh Di Jadikan Kado Saat Imlek

  1. Jam Dinding/ Arloji

kado imlek jam

Dalam bahasa China, kata ‘memberi jam’ (送钟 sòng zhōng /song jong/) terdengar sama seperti ‘menghadiri ritual pemakaman’  (送终 sòng zhōng). Maka dari itu memberikan jam dinding/arloji sangat tidak boleh untuk dijadikan kado saat imlek. Selain itu, jam juga dinilai memiliki makna kehabisan waktu

  1. Bunga Putih

kado imlek bunga putih

Bunga putih melambangkan kematian, duka atau berkabung. Jadi, bunga putih tidak pantas diberikan sebagai kado. Begitu pula dengan benda benda yang berwarna putih juga sebaiknya tidak diberikan sebagai kado. Bahkan, membungkus kado dengan kertas kado warna putih juga dianggap tidak etis di kalangan orang Tionghoa. Begitu pula dengan warna hitam yang sering digunakan saat berkabung.

  1. Payung

payung

Memberikan kado payung pada saat Imlek merupakan ide yang buruk. Sebab, kata ‘payung’ dalam bahasa Cina (伞 sǎn / san /) mirip dengan kata ‘putus’ (散 sàn).  Karena itu, memberikan payung kepada seseorang mungkin menjadi tanda bahwa hubunganmu dengan orang itu akan putus.

  1. Cermin

kaca

Memberikan kaca sebagai kado imlek juga tidak disarankan. Pasalnya, bagi sebagian sebagian besar orang Tionghoa percaya bahwa cermin merupakan benda yang bisa menarik dan mengundang roh jahat. Selain itu, Memberikan cermin dan barang-barang yang mudah rusak menjadi pertanda buruk dalam kepercayaan Tionghoa.

  1. Sepatu

sepatu

Sepatu juga merupakan salah satu hadiah yang tidak dianjurkan untuk diberikan saat Imlek. Sebab, kata ‘sepatu’ dalam bahasa China sendiri adalah  (鞋 xié / syeah /) yang terdengar persis seperti kata untuk nasib buruk atau ‘jahat’ (邪 xié). Sepatu juga merupakan sebuah barang yang kerap diinjak, karena itu hindarilah untuk memberi sepatu dengan alasan apa pun. Beberapa masyarakat Tionghoa juga percaya bahwa memberikan sepatu kepada pacar atau sahabat akan menjauhkan hubungan.

  1. Benda Tajam

pisau

Menurut kepercayaan masyarakar Tionghoa, memberikan hadiah benda tajam seperti gunting dan pisau saat Imlek akan menandakan bahwa kamu ingin memutus hubungan dengan mereka. Bahkan sebuah pepatah China mengatakan “satu garis miring dan dua bagian” yang berarti akhir dari suatu hubungan antara orang-orang.

  1. Hadiah Yang Berhubungan Dengan Angka 4

kado

Dalam bahasa China, angka empat (四 sì / srr /) terdengar mirip dengan kata kematian (死 sǐ). Oleh karena itu, benda apa pun yang berhubungan dengan angka 4 (kado yang berjumlah 4 buah) selalu dianggap sial dan dianjurkan untuk tidak diberikan sebagai hadiah saat Imlek.

  1. Sapu Tangan

sapu tangan

Barang yang satu ini juga tidak dianjurkan untuk diberikan sebagai hadiah saat Imlek. Sebab, menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, benda ini biasanya diberikan saat acara pemakaman dan bermakna ucapan selamat tinggal. Karena itu, memberikan seseorang hadiah seperti ini akan menandakan bahwa kamu ingin mengucapkan selamat tinggal selamanya dan ingin memutuskan semua ikatan kepada orang tersebut.

  1. Topi Hijau

kado saat imlek

Beberapa masyarakat Tionghoa percaya memberikan kado berupa topi hijau bisa memberi arti bahwa istri atau pacar kamu akan selingkuh. Karena, topi hijau familiar dengan topi yang dipakai oleh tentara yang akan pergi berperang dan tidak pulang ke rumah dalam jangka waktu yang lama. Sehingga, bisa menimbulkan potensi istri atau pacar bakal selingkuh.

  1. Buah Pir

kado saat imlek

Hadiah terakhir yang tak boleh diberikan saat Imlek adalah buah pir. memberi buah kepada keluarga atau kerabat saat Imlek memang hal yang baik, namun memberi buah pir bukanlah pilihan yang tepat. Sebab dalam bahasa China, kata ‘pir’ (梨 lí / lee /)  terdengar persis dengan kata ‘berpisah’  (离 lí).

Sharing is Caring

2 thoughts on “Catat! 10 Barang Yang Tidak Boleh Dijadikan Kado Saat Imlek”

  1. Pingback: Warna Keberuntungan di Tahun Macan Air 2022 - Natha Jaya Makmur

  2. Pingback: Hindari 6 Pantangan Saat Imlek Ini, Bisa Menghalangi Keberuntungan - Natha Jaya Makmur

Leave a Comment

Your email address will not be published.