Menu buka puasa

10 Menu Buka Puasa yang Bikin Kulit Tetap Sehat Selama Puasa

Setelah seharian menahan haus dan lapar, pasti kamu ingin segera menyantap menu buka puasa saat adzan Magrib berkumandang. Namun, sebaiknya kamu juga harus memperhatikan asupan yang masuk ke tubuh setelah seharian berpuasa. Supaya tidak dehidrasi dan kesehatan tubuh serta kulit tetap terjaga, yuk, coba 10 menu buka puasa yang bikin kulit tetap sehat selama puasa dibawah ini.

Menu Buka Puasa yang Bikin Kulit Tetap Sehat Selama Berpuasa

Banyak orang yang memutuskan untuk memakan goreng-gorengan sebagai menu berbuka puasa. Padahal memakan terlalu banyak gorengan akan menimbulkan jerawat pada wajah kita. Duh! jadi sebaiknya menu buka puasa makan apa dong? Tenang, Sobat Natha! Dibawah ini sudah kami rangkum dari beberapa sumber yang dapat kamu ikuti.

Mengonsumsi Teh Hijau Agar Kesehatan Kulit Tetap Terjaga

Meminum teh hijau sepertinya perlu dijadikan kebiasaan harian saat berbuka puasa karena kandungan katekinnya yang baik untuk kulit. Seperti makanan yang mengandung antioksidan lainnya, teh hijau mampu meminimalisir efek buruk dari paparan sinar matahari pada kulit.

Selain itu, kulit juga jadi lebih lembap, halus dan kenyal. Bahkan ada penelitian yang membuktikan teh hijau mampu menyembuhkan peradangan pada kulit. Ingat, untuk hasil terbaik, jangan campur teh hijau dengan gula atau susu saat meminumnya, ya.

Mengonsumsi Makanan Jenis Gandum

Konsumsi makanan jenis gandum seperti sereal, roti ataupun oatmeal untuk merawat kesehatan kulit. Gandum mengandung selenium untuk membantu sel dalam memperbaiki kondisi kulit (regenerasi kulit). Selain itu juga mengandung serat tinggi untuk membantu proses pencernaan dan metabolism tubuh selama puasa. Kamu bisa mengkonsumsi sereal atau roti gandum saat sahur.

Mengonsumsi Ikan Berlemak Baik

Ikan berlemak seperti salmon tuna, kembung, teri, atau pun tongkol mengandung asam lemak omega-3 yang mampu membuat kulit tebal, kencang dan terhidrasi dengan baik. Selain itu, kandungan antiinflamasi yang terkandung di dalamnya juga bisa membuat kulit terhindari dari masalah kulit akibat masalah imun seperti psoriasis dan lupus.

Kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan penting bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, salmon juga punya nutrisi untuk melawan jerawat di wajah, lho!

Baca Juga : 9 Makanan yang Mengandung Kolagen Untuk Kebaikan Kulit

Mengonsumsi Kacang-kacang dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki serat dan vitamin E, serta asam lemak omega-3, sehingga cocok jika dijadikan camilan yang ideal untuk kulit setelah berbuka puasa. Vitamin E dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond, biji labu, dan biji bunga matahari, berfungsi untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan dan peradangan akibat sinar matahari, dan juga bertindak sebagai obat alami kulit kering.

Mengonsumsi Mentimun

Mentimun mengandung banyak air dan baik untuk menghidrasi tubuh. Selain itu, irisan timun juga dipercaya dapat menyegarkan mata. Tak hanya mengandung vitamin C, pada mentimun juga terdapat antioksidan yang baik untuk kesehatan. Disarankan kamu mengonsumsi mentimun sebagai lalapanmu ketika berbuka nanti ya!

Daging Merah

Nah, bagi kamu yang pecinta daging ada kabar baik nih, mineral penting seperti zinc yang terkandung dalam daging merah tanpa lemak (salah satunya bagian tenderloin atau has dalam) dapat membantu kesehatan tubuh dan kulit. Daging mampu membantu meregenerasi kulit untuk menumbuhkan sel-sel baru, sehingga kamu akan lebih tampak awet muda. Jadi, kamu boleh banget untuk mengonsumsi steak sebagai menu buka puasa kali ini.

Frozen Yoghurt Dengan Campuran Buah-Buahan

Kandungan protein pada susu yang ada dalam yoghurt akan membuat kulit selalu terhidrasi dan terlihat kencang sehingga bisa lebih tahan terhadap munculnya kerutan dan garis halus. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, menurut dari laman bukalapak kamu dapat mencoba varian greek yoghurt yang punya kebaikan dua kali lipat dari yoghurt biasa. Kamu juga dapat mencampurnya dengan buah segar seperti jeruk atau mangga agar lebih nikmat disantap saat berbuka puasa. Tidak usah bingung lagi untuk membuatnya, sekarang beberapa platform online sudah mulai banyak yang menjualnya loh!

Mengonsumsi Dark Chocolate

Sebelum makan berat setelah berbuka puasa, coba konsumsi camilan dengan kandungan dark chocolate. Cokelat dengan kandungan kakao 70% ini mungkin terasa agak pahit, tapi manfaatnya untuk kulit sudah tidak bisa diragukan lagi. Antioksidan yang tinggi (flavonol) pada dark chocolate terbukti memberi efek signifikan pada orang yang mengonsumsinya selama 6-12 minggu.

Dengan mengonsumsi dark chocolate secara rutin sebanyak 20 gram sehari, akan membuat kulitmu menjadi lebih lembab, lebih lembut dan lebih tahan terhadap paparan sinar UV. Hasilnya wajah bisa terlihat lebih sehat dan glowing.

Itu dia beberapa menu buka puasa yang bikin kulit kita tetap sehat selama puasa Ramadhan. Mau mencobanya?

 

 

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.