kandungan skincare untuk kulit kering

11 Kandungan Skincare Untuk Kulit Kering

Kandungan skincare untuk kulit kering yang akan kami ulas pada artikel ini akan memudahkan kamu untuk menentukan dalam mencari skincare yang tepat untuk kulitmu. Jadi, baca sampai habis ya!

Kulit kering merupakan salah satu problematika yang sering dialami oleh masyarakat. Kulit yang kering tentu saja membutuhkan perawatan agar kulit tetap lembab dan juga terhidrasi.

Jika dibiarkan begitu saja, maka ada potensi skin barrier Anda semakin rusak. Maka dari itu, butuh bantuan produk-produk untuk tetap menjaga kondisi kulit menjadi lebih baik.

Kandungan Skincare untuk Kulit Kering

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa kandungan skincare yang baik untuk kamu pemilik kulit kering. Apa sajakah itu?

1. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid terkenal dikalangan masyarakat sebagai bahan skincare yang sangat bagus kualitasnya. Kandungan ini dikenal karena efektif dalam memberikan hidrasi pada kulit dan cocok untuk semua jenis kulit.

HA merupakan jenis humectant yang dapat menarik kandungan air di udara dan mengikatnya di permukaan kulit. Selain itu, manfaat HA adalah untuk mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

2. Ceramide

Ceramide pada kandungan suatu produk skincare dapat membuat kulit menjadi lembab dengan cara mempertahankan kadar air di kulit, sehingga skin barrier tetap terjaga.

Ceramide ini bertindak seperti magnet, yang mana mampu mengikat sel-sel kulit secara bersamaan untuk menciptakan penghalang yang dapat mengunci kelembapan dan mencegah kotoran masuk. Bahkan Ceramide dapat membuat kulitmu tampak kenyal dan terhidrasi.

3. Aloe Vera

Lidah buaya merupakan salah satu bahan yang memiliki manfaat dalam memberikan kelembapan. Selain itu terdapat khasiat vitamin A, antioksidan, enzim dan sifat anti-inflamasi.

Baca Juga : Manfaat Aloe vera untuk kesehatan

4. Peptide

Peptide merupakan sebuah asam amino rantai pendek yang membentuk protein seperti kolagen dan keratin pada tubuh. Kandungan ini dapat melembapkan kulit serta memiliki manfaat anti-aging.

Dalam label produk skincare, kamu bisa menemukan kata yang berakhiran “peptide” atau berawalan “palmitoyl”. Contohnya, Palmitpyl Tripeptide, Copper Tripeptide, atau MatryxilTM.

5. Lactic Acid

Lactic acid merupakan salah satu jenis asam Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang memiliki fungsi sebagai menghaluskan kulit serta adanya kerutan atau garis halus pada wajah. Selain itu Lactic Acid dapat menahan air sekaligus mengingkatkan faktor kelembapan alami.

6. Glycerin

Glycerin bekerja aktif untuk melembabkan wajah, khususnya untuk yang memiliki jenis kulit kering. Glycerin adalah humektan yang dapat menarik air masuk ke dalam kulit. Kandungan ini menjadi salah satu bahan yang seringkali ada dalam skincare untuk mengatasi masalah kulit yang kering

7. Squalene

Squalene merupakan salah satu bahan alami perawatan kulit yang sering digunakan untuk kulit kering karena kemiripan fungsinya dengan sebum yang merupakan minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit.

Kandungan ini terasa sangat ringan di kulit dan sangat mudah untuk diserap. Selain itu, kandungan ini dapat menjaga kelembapan dan bahkan dapat menjaga kulit tetap terhidrasi di malam hari.

8. Petrolatum

Kandungan skincare untuk kulit kering yang selanjutnya adalah petrolatum. Petrolatum atau petroleum jelly adalah bahan perawatan kulit kuno yang bertindak sebagai penghalang oklusif dalam produk perawatan kulit untuk membantu mengurangi jumlah air yang hilang dari kulitmu.

Bahan-bahan seperti ini mungkin menakutkan bagi mereka yang memiliki kulit berminyak karena dapat bersifat komedogenik, tetapi bagi mereka yang memiliki kulit kering, petrolatum adalah kandungan yang penting.

9. Urea

Urea merupakan salah satu bahan khusus yang kurang dikenal yang digunakan oleh dokter kulit untuk secara dramatis melembutkan masalah kulit yang paling keras.

Urea adalah humektan, artinya ia menarik kelembapan dari udara untuk menghidrasi kulit. Ini adalah aditif yang luar biasa dalam meningkatkan penampilan Keratosis Pilaris.

10. Glycolic Acid

Glycolic acid atau asam glikolat adalah kandungan skincare untuk kulit kering yang populer karena efektif tak hanya pada kulit kering tapi juga pada semua jenis kulit.

Biasanya kamu menemukan bahan ini dalam pembersih yang dirancang untuk kulit kering. Asam glikolat bekerja dengan cara mengelupas dan membantu menarik kelembapan ke kulit Anda yang dapat membuat wajah tetap terhidrasi sepanjang hari.

11. Fatty Alcohols

Kandungan skincare untuk kulit kering yang terakhir adalah Fatty Alcohols. Ketika mendengar kata alcohols pasti memberikan efek yang negatif bagi kulit.

Banyak yang mengira alkohol membuat kulit kering dan terasa menyengat. Tentu saja bisa! Namun, tidak semua alkohol memberikan efek negatif.

Ada banyak jenis alkohol di dunia, dan hanya beberapa di antaranya yang digunakan dalam skincare. Untuk manfaat mositurisasi, ada fatty alcohols seperti cetyl dan stearyl alcohols.

Seperti ceramides, kandungan ini juga terdapat dalam lapisan kelembapan kulit secara alami dan membantu mencegah kehilangan air. Fatty alcohols ini dapat kamu temukan dalam produk yang menggunakan ekstrak minyak tanaman atau sayuran.

 

Sharing is Caring

1 thought on “11 Kandungan Skincare Untuk Kulit Kering”

  1. Pingback: Kenali 5 Tipe Kulit Sebelum Membeli Skincare, - Natha Jaya Makmur

Leave a Comment

Your email address will not be published.