Penyebab Kulit Berminyak

5 Penyebab Kulit Berminyak, Kebiasaan-Kebiasaan Ini Harus Kamu Hindari!

Merawat kulit berminyak memang agak sedikit tricky. Bagi pemilik kulit berminyak membutuhkan produk perawatan yang tepat agar kulit wajah tetap sehat. Tapi, apakah kamu sudah mencoba berbagai macam produk skincare, tetapi kulitmu malah semakin berminyak? Bukan saja karena produknya yang tidak cocok, mungkin kebiasaan-kebiasaan di bawah ini juga bisa jadi penyebab kulit berminyak. Coba simak yuk!

Penyebab Kulit Berminyak

Melansir dari hellosehat, kulit berminyak adalah kondisi dimana kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum merupakan minyak alami pada kulit yang fungsinya untuk melapisi kulit dan rambut. Pada saat produksi sebum berlebih itu yang membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau.

Pada dasarnya, sebum membantu merawat kulit agar tetap lembap. Namun, minyak berlebih justru dapat memicu masalah baru, yaitu munculnya jerawat. Munculnya jerawat disebabkan karena kotoran mudah menempel pada kulit hingga menyumbat pori.

Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Kulit Berminyak

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kulit berminyak. Oleh karena itu, pemilik kulit berminyak harus memahami berbagai faktor tersebut untuk menemukan solusi yang tepat bagaimana melakukan treatment yang baik.

Berikut ini kebiasaan yang menjadu penyebab kulit berminyak:

1. Mencuci wajah terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering

Jika kamu beranggapan bahwa dengan sering mencuci wajah dapat menghilangkan minyak di wajah, maka kamu salah. Karena, mencuci wajah terlalu sering dapat mengakibatkan kulit menjadi kering. Saat kulit kering, maka akan memproduksi minyak alami pada wajah agar tetap lembap. Hal inilah yang akhirnya membuat wajah jadi semakin berminyak.

2. Memakai Produk Kosmetik yang Tidak Oil Free

Kosmetik sudah menjadi salah satu produk yang paling diminati banyak wanita karena dapat digunakan sebagai penunjang penampilan dan menambah rasa percaya diri. Namun, kamu harus mengetahui bahwa beberapa diantaranya yang tidak oil free atau bebas minyak.

Jika kamu memiliki tipe kulit yang berminyak, sangat tidak dianjurkan untuk memakai produk yang tidak berlabel oil free. Pasalnya, akan membuat wajahmu tampak semakin dipenuhi minyak dan tentunya dapat mengurangi tingkat rasa percaya diri. Kamu dapat memlihlah foundation, bedak, dan produk makeup lainnya yang memiliki label oil-free yang cocok untuk kulit berminyak.

3. Tidak Memakai Pelembab

Faktanya kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap loh Sobat Natha. Pasalnya, kulit berminyak yang mengalami dehidrasi justru akan menambah aktivitas kelenjar minyak sehingga jumlah sebum yang dihasilkan pun menjadi lebih banyak. Akibatnya wajah mudah timbul jerawat.

Fungsi dari pelembab adalah untuk menghidrasi serta melembapkan wajah dan menyeimbangkan kadar minyak. Kamu dapat memilih pelembap yang berbahan dasar air serta yang memiliki label oil-free dan non-comedogenic.

Baca Juga : Kamu mengelami jerawat pecah dan berdarah? Begini cara mengatasinya!

4. Sering Memakan Junk Food

You are what you you eat!

Menyantap makanan cepat saji selain lebih cepat juga rasanya memang nikmat. Tapi, jika kamu sering mengonsumsi makan-makanan yang berminyak serta junk food tidak hanya mengganggu kesehatan tubuh, namun kesehatan kulitmu juga terganggu. Jadi, jika kamu memiliki kebiasaan ini, jangan heran jika kulitmu semakin berminyak. Maka dari itu, imbangi dengan asupan makanan yang bergizi dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur serta rutin minum air putih minimal delapan gelas per hari.

5. Mengeksfoliasi Terlalu Keras

Eksfoliasi memang penting dalam perawatan kulit agar menangkat sel – sel kulit mati yang biasanya menyebabkan hiperpigmentasi. Namun jika dalam melakukannya terlalu keras tidak hanya akan membuat kulit wajah menjadi iritasi, tapi juga dapat membuat kulit wajah menjadi berminyak karena sebasea, yaitu kelenjar yang menghasilkan minyak merespon hal tersebut sebagai kondisi darurat. Maka dari itu dalam melakukan eksfoliasi harus dilakukan secara perlahan, ya!

 

Itu dia lima kebiasaan yang dapat membuat kulitmu berminyak. Jika tidak ingin terlihat berminyak, segera hentikan kebiasaan tersebut yah Sobat Natha!

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.