pemicu kanker kulit

6 Kebiasaan Pemicu Kanker Kulit yang Perlu Diketahui

Sudahkah kamu mengetahui tentang kebiasaan yang dapat menjadi pemicu kanker kulit? Setiap wanita pasti menginginkan penampilan kulit yang cantik dan glowing. Dan dikarenakan hal itulah, masih banyak wanita yang hanya melakukan perawatan kulit dari luarnya saja, tanpa memperhatikan kesehatan dari dalam. 

Padahal, tanpa kita sadari ternyata banyak sekali kebiasan-kebiasan yang mungkin sering kita lakukan namun menjadi salah satu pemicu terjadinya masalah kulit yang serius, seperti kanker kulit. 

Baca Juga: 6 Makanan yang Baik untuk Asam Lambung

Sama halnya dengan organ tubuh lainnya, kulit nyatanya juga perlu dirawat dan dijaga kesehatannya, agar terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. 

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa kebiasaan yang bisa menjadi pemicu kanker kulit dan perlu kamu ketahui. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Kebiasaan Pemicu Kanker Kulit

Dilansir dari alodokter.com, sesuai dengan namanya, kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh di jaringan kulit, yang pada umumnya ditandai oleh perubahan pada kulit, seperti munculnya benjolan, bercak, atau tahi lalat dengan bentuk dan ukuran yang terbilang tidak normal. 

Penyakit satu ini juga merupakan salah satu jenis kanker yang paling berbahaya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita mulai mencegah atau mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menjadi pemicu kanker kulit pada tubuh. 

Berikut ini kebiasaan buruk yang menjadi pemicu munculnya kanker kulit, yaitu adalah:

1. Penggunaan Make-Up Secara Berlebihan

Terutama bagi sebagian besar wanita, penggunaan make-up seakan-akan telah menjadi rutinitas pagi yang tidak boleh terlupakan sebelum memulai aktivitas. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan produk makeup setiap hari ternyata bisa menjadi salah satu pemicu kanker kulit.

Dimana, hal tersebut dikarenakan besarnya jumlah bahan kimia beracun yang pada umumnya sering digunakan dalam pembuatan merek tertentu dari produk make-up.

2. Berlebihan Dalam Penggunaan Ponsel

Pemicu kanker kulit selanjutnya adalah penggunaan ponsel secara berlebihan. Penggunaan ponsel itu sendiri merupakan salah satu kebiasaan yang paling banyak dilakukan oleh hampir seluruh populasi yang ada di dunia dari berbagai kalangan usia. 

Padahal, perlu diketahui bahwa penelitian menunjukan terlalu lama menggunakan ponsel atau menjaga ponsel agar tetap dekat dengan tubuh kamu bisa menjadi salah satu pemicu kanker kulit lho, yang mana hal tersebut bisa terjadi akibat gelombang radio frekuensi yang dipancarkan dari ponsel itu sendiri.

3. Tidak Menggunakan Sunscreen

Sejumlah penelitian dan survei telah membuktikan bahwa mayoritas orang yang tidak menggunakan sunscreen memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker kulit dibandingkan dengan orang yang rutin menggunakan sunscreen, terutama sebelum beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. 

Pasalnya, sinar ultraviolet dari matahari merupakan salah satu penyebab utama kanker kulit yang dapat menyerang manusia dalam kurun waktu yang cukup singkat. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap hari. Meskipun kamu beraktivitas di dalam ruangan sekalipun.

4. Merokok

Pemicu kanker kulit selanjutnya adalah merokok. Fakta ini akan mengejutkan banyak orang karena merokok biasanya berhubungan dengan perkembangan kanker paru-paru. Namun, ada cukup bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa nikotin yang terhirup saat merokok juga dapat menyebabkan kanker kulit, bersamaan dengan sejumlah komplikasi kesehatan lainnya yang kita semua tahu dengan baik!

5. Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan yang buruk tidak hanya bisa memberikan menjadi pemicu beberapa penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, obesitas, atau diabetes saja, melainkan juga menjadi salah satu pemicu kanker kulit pada tubuh. 

Kebiasaan tidak mengkonsumsi buah dan sayur bisa membuat sel-sel kulit melemah dan rentan terhadap serangan sel kanker. Oleh sebab itu, cobalah tambahkan buah dan sayuran yang kaya antioksidan dalam menu harian kamu.

6. Tanning Bed

Tak sedikit orang, khususnya wanita yang terobsesi untuk mencokelatkan kulitnya. Misalnya, dengan berjemur di pantai atau melakukan tanning bed. Padahal, kebiasaan melakukan tanning bed ini bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Enggak percaya?

Menurut Skin Cancer Foundation di Amerika Serikat, penggunaan tanning bed bisa menyebabkan peningkatan kanker kulit pada wanita sebesar 800 persen, dan pria sebesar 400 persen.

Baca Juga: Ciri-ciri Cream Pemutih Wajah yang Berbahaya

Tak hanya itu, menurut ahli dari British Journal of Dermatology, tanning bed juga bisa merusak melanin pada kulit. Padahal, salah satu fungsi melanin melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Jadi, itulah 6 kebiasaan yang bisa meningkatkan potensi terjadinya kanker kulit pada tubuh. Mumpung usia masih muda, alangkah baiknya jika kita mulai mengurangi kebiasaan-kebiasaan tersebut guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Memang lebih baik mencegah dibandingkan menyembuhkan, bukan? 

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.