makanan untuk ibu menyusui

6 Makanan Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Sehat dan Cerdas

Berbagai cara dapat dilakukan agar anak dapat tumbuh sehat, cerdas dan aktif, salah satunya dengan mengonsumsi makanan untuk ibu menyusui. Yang dimaksud dengan makanan untuk ibu menyusui adalah makanan yang kaya akan kandungan nutrisi, seperti protein, lemak sehat, dan kalsium.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi tidak hanya dimulai saat sedang hamil saja. Setelah melahirkan dan saat menyusui pun Sobat Natha tetap harus memberikan nutrisi yang terbaik agar kelak si kecil dapat tumbuh sehat dan cerdas.

Salah satu faktor yang diketahui dapat memengaruhi kecerdasan dan tumbuh kembang bayi adalah ASI. Selain baik untuk kesehatan si kecil, proses menyusuinya juga dapat membentuk hubungan yang erat antara bayi dan ibu.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa bayi yang diberikan ASI memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

Maka dari itu, pentingnya untuk mendapatkan asupan nutrisi yang tepat agar kualitas dan jumlah ASI pun meningkat. Untuk mendapatkan ASI yang berkualitas, Natha menyarankan untuk memakan-makanan yang bergizi seimbang.

Penasaran apa saja makanannya?

Makanan Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Sehat dan Cerdas

Berikut ini Natha telah merangkum telah merangkum enam jenis makanan untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas.

1. Karbohidrat Kompleks

makanan untuk ibu menyusui

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum, kacang-kacangan, sayur, oat, beras merah dan jagung, merupakan pilihan yang baik selama masa menyusui. Hal ini dikarenakan karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat oleh tubuh daripada karbohidrat sederhana, sehingga dapat memasok energi lebih lama dan menjaga gula darah tetap stabil.

2. Protein

protein

Memenuhi asupan protein adalah hal yang penting untuk ibu menyusui guna membentuk jaringan saraf dan otaknya. Asupan nutrisi ini bisa diperoleh dari telur, produk olahan susu, kacang-kacangan ataupun biji-bijian, serta gandum utuh.

Selain itu, mengonsumsi ikan juga disarankan untuk dikonsumsi ibu menyusui karena mengandung protein tinggi dan juga jenis lemak DHA, EPA dan omega 3 yang baik untuk perkembangan mata dan otak sang bayi.

Beberapa ini Natha telah merangkum jenis-jenis  ikan yang disarankan yang dikonsumsi :

  • Salmon,
  • tuna,
  • udang dan
  • kerang

Meski demikian, telitilah sebelum membeli dan dianjurkan tetap membatasi konsumsi makanan laut karena terdapat risiko kontaminasi merkuri.

3. Lemak Sehat

Makanan lemak sehat

Pada saat menyusui dianjurkan untuk menghindari lemak jahat, seperti lemak jenuh atau lemak trans yang terdapat pada mentega, minyak kelapa sawit, krim, serta daging dan susu berlemak (whole milk).

Sebaliknya, pada saat menyusui, ibu perlu mengonsumsi makanan dengan lemak sehat yang mengandung omega-3. Lemak sehat tersebut didapatkan dengan mengonsumsi ikan laut, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak zaitun.

Ikan laut sering disarankan untuk dikonsumsi ibu menyusui karena mengandung protein tinggi serta omega-3, yang terdiri dari DHA dan EPA. Nutrisi ini penting untuk perkembangan mata dan otak bayi, serta menunjang tumbuh kembangnya agar kelak ia menjadi anak yang cerdas.

4. Zat besi

makanan zat besi

Zat besi memiliki peran penting dalam proses perkembangan otak sang bayi. Oleh sebab itu, ibu menyusui disarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi, seperti hati ayam, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan gandum utuh.

Untuk membantu penyerapan zat besi, Sobat Natha juga dapat mengonsumsi juga makanan yang mengandung vitamin C, seperti, jeruk, tomat dan bayam.

5. Kalsium

makanan untuk kalsium

Produk olahan susu seperti keju dan yoghurt, serta sayuran berwarna hijau merupakan sumber kalsium yang baik. Makanan lainnya yang memiliki kalsium yang tinggi adalah tahu, tempe, susu kedelai, serta jus atau sereal yang sudah diberi tambahan kalsium.

6. Vitamin

Vitamin

Sayuran hijau memiliki banyak nutrisi serta rendah kalori. Sayuran hijau kaya akan vitamin A, C, E, dan K. Tak hanya mengandung vitamin, sayuran hijau juga menyimpan banyak mineral termasuk kalsium serta serat dan antioksidan.

Untuk menghasilkan ASI yang berkualitas agar asupan nutrisi anak tercukupi, pastikan Sobat Natha mengonsumsi sayur setiap hari. Kamu bisa memilih jenis sayuran disuka dan memvariasikan menunya setiap hari agar tidak bosan.

Nah, itu dia beberapa jenis makanan untuk ibu menyusui yang dapat membuat bayi menjadi sehat, cerdas dan aktif. Yuk, mulai dari sekarang konsumsi semua makanan di atas!

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.