bahan aktif dalam skincare

7 Bahan Aktif Dalam Skincare Yang Ampuh Atasi Jerawat

Bahan aktif dalam skincare merupakan bahan utama yang bekerja untuk mengatasai permasalahan kulit. Biasanya bahan aktif atau natural active ingredients menjadi bahan pertimbangan para beauty enthusiast  atau konsumen dalam membeli suatu produk skincare.

Begitu marak brand skincare yang menggunakan bahan-bahan aktif untuk mengatasi permasalahan jerawat yang dapat kamu jumpai dengan mudah di pasaran. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari lotion, toner, krim sampai gel.

Namun, sebelum kamu membeli produk skincare alangkah baiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu kandungan dan manfaat dari bahan aktif yang ada di dalamnya. Sedikitnya ada 7 bahan skincare yang terbukti secara ilmiah bisa bantu menghilangkan jerawat. Kamu bisa pilih yang sekiranya paling cocok dengan kondisi kulit dan jenis jerawat.

Ini dia bahan-bahan aktif skincare untuk kulit berjerawat.

  1. Alpha Hydroxy Acids (AHA)

Manfaat AHA

Kandungan AHA yang terdapat dalam produk skincare dipercaya mampu mengelupaskan sel kulit mati dan membantu meredakan peradangan pada kulit yang berjerawat. Kandungan ini juga dikatakan membantu meregenerasi sel kulit sehingga pori-pori akan tampak mengecil.

AHA dibagi menjadi dua jenis yang biasa ditemukan dalam produk skincare, yakni glycolic acid dan lactic acid. Kebanyakan produknya dibuat dalam bentuk toner atau serum.

Baca Juga : Mengenal Kandungan AHA dan BHA pada Skincare

  1. Salicylic Acid

Bahan aktif satu ini bekerja menghilangkan jerawat dengan mencegah penyumbatan pada pori-pori. Biasanya produk skincare yang dijual bebas mengandung 0,5 sampai 5 persen salicylic acid dan dipakai dengan cara ditotol atau oles pada jerawat. Efek dari pemakaian ini sedikit perih dan gatal, mungkin juga menyebabkan iritasi.

  1. Retinoid

Retinoid juga bisa bekerja sebagai salah satu bahan yang membantu mengobati jerawat. Kandungan ini sering ditemui dalam bentuk salep. Untuk pemula, sebaiknya gunakan dengan dosis kecil dan oleskan pada bagian wajah yang muncul jerawat saja untuk menghindari adanya breakout atau iritasi.

  1. Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide bisa membunuh bakteri penyebab jerawat, membantu mengurangi minyak berlebih dan menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Produk yang dijual di pasaran biasanya mengandung 2,5 sampai 10 persen benzoyl peroxide. Bahan ini merupakan salah satu yang paling efektif dan cepat menyembuhkan jerawat meradang. Namun efek sampingnya bisa menyebabkan kulit kering, kemerahan, sampai sensasi gatal dan perih untuk pemilik kulit sensitif.

  1. Tea Tree Oil

Tea tree oil dikenal sebagai bahan alami namun aktif menghilangkan jerawat. Tea tree oil berfungsi sebagai antimikroba, antibakteri dan membantu membersihkan pori-pori dari sumbatan kotoran.

Tea tree oil telah lama digunakan untuk merawat kulit berjerawat, dan sejumlah studi telah menunjukkan bahwa tea tree oil ini memang efektif. Pada beberapa kasus, sama efektifnya dengan benzoyl peroxide,” kata Rachel Winard, pendiri brand kecantikan berbahan alami Soapwalla.

  1. Clay

Kandungan bahan aktif yang satu ini sering ditemukan dalam produk masker wajah. Clay sendiri dipercaya mampu untuk mengangkat berbagai kotoran seperti minyak dan komedo sehingga kulit wajah menjadi lebih halus.

Clay ini sebenarnya terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang salah satunya adalah french green clay. Kandungan ini punya kemampuan untuk mengeksfoliasi tanpa mengiritasi jerawat yang sedang mengalami peradangan.

  1. Sulfur

Sulfur atau belerang merupakan salah satu bahan aktif dalam produk skincare yang telah lama dikenal untuk menghilangkan jerawat. Sulfur berfungsi menghilangkan sel kulit mati, penyumbatan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih. Biasanya dijual dalam bentuk sabun wajah, losion atau krim totol jerawat.

Sharing is Caring

3 thoughts on “7 Bahan Aktif Dalam Skincare Yang Ampuh Atasi Jerawat”

  1. Pingback: Bahan Aktif Skincare Yang Ampuh Atasi Jerawat | Internet Positif

  2. Pingback: Manfaat Buah Carica Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit - Natha Jaya Makmur

  3. Pingback: Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kulit Wajah. Pernah Coba? - Natha Jaya Makmur

Leave a Comment

Your email address will not be published.