makanan untuk menghilangkan bau badan

7 Makanan Untuk Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap

7 Makanan Untuk Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap – Bau badan memang menjadi permasalahan bagi sebagian orang karena dapat menurunkan rasa percaya diri. Faktanya, banyak yang orang tidak mengetahui bau atau aroma tubuhnya sendiri. Penyebab bau badan tidak sedap sebenarnya adalah bakteri Staphylococcus hominis yang hidup di kulit. Bakteri ini dapat mengubah keringat menjadi asam, sehingga beberapa bagian tubuh dapat mengeluarkan bau badan tidak sedap.

Selain itu, bau badan tidak sedap juga bisa disebabkan oleh kondisi diabetes mellitus (DM), produksi keringat berlebih, gangguan metabolisme tubuh, termasuk konsumsi makanan tertentu. Untuk menghilangkan bau badan , terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satu cara yang mudah dilakukan, yaitu dengan mengonsumsi makanan secara tepat. Berikut ini adalah makanan untuk membantu menghilangkan bau badan tak sedap yang dapat dicoba:

  1. Sayuran Hijau

sayuran hijau

Meningkatkan asupan nutrisi tertentu dapat membantu kamu mengurangi bau badan tidak sedap. Melansir Life Hack, sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada air, kangkung dan lobak termasuk makanan yang memiliki manfaat tersebut.

Sayuran hijau cenderung mengandung klorofil tinggi. Sementara, klorofil dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk menetralkan senyawa penyebab bau badan tak sedap di dalam tubuh. Jika kamu tidak cukup makan sayuran hijau, hal itu pun bisa membuat kondisi sebaliknya.

  1. Makanan Tinggi Serat Dapat Menghilangkan Bau Badan

makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat, seperti kacang polong, lentil, dan biji-bijian baik juga dilakukan untuk membantu mengurangi bau badan tak sedap. Namun, apa pun sumber makanan kamu, memastikan asupan serat dalam jumlah cukup merupakan sesuatu yang penting untuk pencernaan, sehingga senyawa bau apa pun dari makanan dapat diproses lebih cepat dan lebih sedikit yang keluar melalui keringat.

Baca Juga : 9 Makanan Yang Mengandung Kolagen

  1. Mengonsumsi Buah Sitrus Membantu Menghilangkan Bau Badan

makanan untuk menghilangkan bau badan

Asam yang terkandung dalam buah sitrus, seperti jeruk, lemon, dan grapefruit dapat mendorong aliran air ke seluruh tubuh, yang meminimalkan racun penyebab bau badan. Jika kamu kesulitan memasukkan buah ke dalam makanan, coba minumlah segelas sari jeruk segar di pagi hari untuk membantu menghilangkan bau badan tak sedap.

  1. Teh Herbal

makanan untuk menghilangkan bau badan

Teh herbal, terutama peppermint, meningkatkan pencernaan sehingga tidak ada hal buruk yang tertinggal dalam sistem pencernaanmu. Teh bunga melati secara aktif dapat membantu mencium aroma yang lebih segar.

  1. Mengonsumsi Beberapa Jenis Ikan Membantu Menghilangkan Bau Badan

Melansir Womans Day, sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Praha, Ceko dan diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses, menunjukkan bahwa daging merah dikaitkan dengan penyebab bau badan tak sedap. Apabila kamu sedang mengalami permasalahan bau badan, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi daging merah. Sebab, ketika tubuh memecah protein di dalam daging merah, kulit akan memproduksi keringat dengan aroma yang kurang sedap. Itu mengapa, untuk memenuhi kebutuhan protein harian, dianjurkan untuk mengkombinasikan daging merah dengan konsumsi ikan, seperti ikan nila, halibut, dan kod.

  1. Teh hijau dan teh hitam

Tak hanya kaya antioksidan, teh hijau dan teh hitam mengandung asam tannic yang dapat membantu menjaga menekan produksi keringat, sehingga mencegah akar permasalahan bau badan. Sama seperti cuka apel, teh hijau dan teh hitam akan lebih bekerja efektif jika dijadikan sebagai obat luar. kamu dapat mengaplikasikan air teh ke ketiak atau kaki. Karena tanin dalam teh tidak begitu mengering dibandingkan asam dalam cuka, kamu dapat mencoba obat alami bau badan ini sekali sehari.

  1. Parsley dan Pappermint

Tak hanya membuat aroma tubuh menjadi lebih wangi, kombinasi parsley dan peppermint ampuh menghilangkan bau nafas tak sedap. Untuk melawan bau badan dengan memanfaatkan dua jenis dedaunan ini, kamu cukup mengapikasikan parsley dan peppermint pada makanan yang akan konsumsi. Misalnya, masukan parsley dan peppermint ke dalam salad buah.

Sharing is Caring

3 thoughts on “7 Makanan Untuk Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap”

  1. Pingback: 5 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Perut Buncit, Kamu Pernah? - Natha Jaya Makmur

Leave a Comment

Your email address will not be published.