metode self healing

8 Metode Self Healing Yang Wajib Kamu Ketahui

Metode Self healing merupakan sebuah upaya penyembuhan yang diakibatkan oleh trauma, kelelahan emosional, luka batin dan semacamnya.

Self healing ini biasanya dapat dilakukan secara mandiri yang bertujuan untuk memahami diri sendiri, menerima kekurangan diri, dan membentuk pemikiran yang positif tentang kehidupan yang dijalani.

Stres yang menumpuk dan tidak diatasi dengan baik dapat menjadi penyebab terjadinya kelelahan emosional. Kelelahan emosional dalam berbagai bentuk bisa menjadi penyebab dari luka batin atau mental, yang jika tidak diatasi dengan baik akan berpengaruh pada kestabilan emosi sehari-hari.

Macam-Macam Metode Self Healing

Terdapat beberapa metode self healing yang bisa dilakukan, karena tingkatan stres setiap orang berbeda-beda. Ada yang bisa sembuh dengan begitu saja seiring berjalannya waktu, ada juga yang sulit sekali sembuh karena sulit melupakan dan memaafkan masa lalu. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa metode self healing, simak ya!

1. Me Time

Metode self healing yang pertama adalah, dengan memiliki Me Time atau waktu untuk diri sendiri. Masalah yang belum selesai pada sebagian orang umumnya berkaitan dengan kehadiran orang lain.

Nah, Me time ini berguna untuk membuat setiap orang memikirkan dirinya sendiri terlebih dahulu. Bagaimanapun orang lain memperlakukannya, diri kita masih bisa memilih untuk bahagia.

Saat seseorang terlalu sibuk memikirkan orang lain, terkadang ia lupa memikirkan diri sendiri. Meluangkan waktu untuk diri sendiri benar-benar akan membuat kita merasa lebih bermakna.

Membuat kita merasa bahwa pusat dari segala kehidupan ini adalah diri sendiri. Orang lain hanyalah pelengkap kebahagiaan.

2. Berdialog dengan Diri Sendiri

Metode self healing selanjutnya adalah berdialog dengan diri sendiri. Bicaralah pada diri sendiri tentang apa yang sebenarnya kamu inginkan.

Faktanya, jujur pada diri sendiri ternyata jauh lebih baik daripada melampiaskan segala perasaan buruk dan emosi kita pada sesuatu.

Satu-satunya orang yang mampu berbicara dengan lubuk hati terdalam adalah diri sendiri. Saatnya mulai memahami diri sendiri untuk bisa bersyukur atas apa yang hidup ini berikan.

3. Mindfulness

Mindfulness atau berpikir dengan kesadaran penuh adalah salah satu metode self healing yang paling sering dipraktikkan. Dengan metode ini kamu dapat mengelola pikiran, perasaan, dan memaknai setiap peristiwa yang telah terjadi dengan lebih positif.

Metode ini dilakukan dengan berfokus pada saat ini dan menerima seluruh emosi dalam diri dengan penuh kesadaran. Dengan rutin melakukan mindfulness, kamu akan menjadi lebih memaknai hidup dan memahami bahwa peristiwa dalam hidup selalu berubah dan dinamis.

Selain itu, kamu juga akan lebih mudah berdamai dengan kenyataan dan lebih tenang dalam menghadapi berbagai kondisi sehingga dapat mengelola stres lebih baik.

4. Self Compassion

Self-Compassion adalah kemampuan untuk memahami keadaan emosi diri sendiri dan juga respon emosi atas penderitaan yang dialami disertai keinginan untuk menolong diri sendiri. Melalui  self-compassion kamu mampu meningkatkan kepedulian terhadap diri sendiri, merespon peristiwa buruk dengan perasaan lapang dada, dan selalu berupaya membebaskan diri dari duka yg berlarut.

5. Melakukan kegiatan yang positif

Ketika kamu mulai melakukan self healing, penting untuk menyaring hal-hal negatif yang dapat menyebabkan stres. Dibutuhkan upaya nyata untuk memerangi hal tersebut.

Usahakan lakukan kegiatan positif, seperti baca buku dengan akhir cerita yang bahagia, mendengarkan musik yang ceria, minta teman-teman untuk menceritakan lelucon atau cerita lucu ketika sedang menelepon atau bertemu.

Hindari menonton berita, membaca koran, atau mengakses sosial media untuk sesuatu yang tidak perlu. Cobalah untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif secara rutin karena secara tidak langsung otak akan mengirim pesan positif yang dapat meningkatkan mood dan mendukung proses self healing.

6. Berolahraga secara rutin

Semua orang tahu bahwa olahraga membuat kita tetap sehat dan kuat. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu lebih cepat pulih dari luka batin.

Mungkin sulit memotivasi diri untuk berolahraga, terutama jika sedang merasa lelah atau mood yang kurang baik.

Namun, faktanya berolahraga setiap hari dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki suasana hati. Selain itu, berolahraga secara rutin juga dapat mengurangi kadar stres yang tinggi

Baca Juga : Jenis Wewangian Yang Dapat Menghilangkan Stress

7. Tidur yang cukup

Jangan salah, tidur merupakan salah satu proses dari self healing. Tidur menjadi pertahanan alami tubuh terhadap infeksi, jadi sangat penting untuk tidur yang cukup, yaitu 7-9 jam setiap malam ketika melakukan self healing.

Tidur di waktu yang sama setiap malam dapat membuat kita tertidur lebih cepat dan memperbaiki suasana hati karena tubuh terbiasa dengan rutinitas tidur yang baik.

8. Menulis

Menulis dapat menjadi salah satu metode self healing yang bisa kamu coba lakukan. Mencurahkan seluruh isi hati ke dalam tulisan dapat membantu kamu untuk melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Selain itu, menulis sebagai bentuk self healing yang efektif karena memungkinkan kamu untuk melepaskan stres, perasaan negatif, dan berdamai dengan masalah.

Saat menulis, kamu harus fokus mengekspresikan emosi. Tidak perlu memperhatikan aturan seperti ejaan dan tanda baca. Penyembuhan diri berasal dari kejujuran hati saat mengekspresikan emosi. Jika kamu menahan diri saat menulis, kamu tidak akan sembuh selama proses tersebut.

Itulah beberapa Langkah yang dapat kita lakukan untuk melakukan self-healing. Semoga penjelasan di atas bisa membantu untuk pulih dari luka batin yang dialami.

 

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.