cara menghilangkan stretch mark

9 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Naiknya berat badan secara drastis akan menimbulkan stretch mark. Lalu bagaimana cara menghilangkan stretch mark secara alami? Berikut penjelasannya.

Sretch mark merupakan salah satu permasalahan kulit yang umum dialami oleh setiap orang. Biasanya saat mengalami kenaikan berat badan secara drastis saat mengandung dan pasca melahirkan. Kondisi ini biasanya menyebabkan penderitanya kurang rasa percaya diri di depan pasangan hingga membuat frustrasi. Tapi jangan khawatir, Sobat Natha! Pada artikel kali ini akan membahas cara menghilangkan stretch mark secara alami pada artikel di bawah ini.

Apa itu Stretch Mark?

Strech mark adalah sebuah guratan-guratan berwarna putih agak kemerah-merahan pada bagian tubuh. Kebanyakan stretch mark dialami oleh para perempuan terutama wanita yang sedang hamil. Stretch mark ini biasanya muncul pada bagian bokong, paha, perut dan lengan dengan panjang bisa belasan sentimeter.

Penyebab Stretch Mark

Penyebab munculnya stretch mark pada kulit disebabkan karena peregangan pada kulit yang sudah melewati batas. Biasanya disebabkan naik-turunnya berat badan secara drastis atau ibu hamil. Namun, bisa juga akibat mengonsumsi obat-obatan dengan kadar steroid yang tinggi, kurang minum air putih, kekurangan nutrisi, dan juga faktor genetik

Bentuk stretch mark pada kulit biasanya seperti garis. Garis tersebut memiliki warna yang berbeda dari kulit normal seperti, berwarna ungu kemerahan, putih atau keabu-abuan.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Menggunakan Bahan Alami

Pada dasarnya, stretch mark bukanlah suatu penyakit yang berbahaya bagi kulit jika tidak mendapatkan perawatan khusus. Pasalnya, seiring bertambah usia stretch mark akan hilang dengan sendirinya. Hanya saja, pada sebagian orang munculnya stretch mark dapat mengurangi rasa percaya diri dan ingin menghilangkannya secepat mungkin.

Berikut ini adalah cara menghilangkan stretch mark dengan bahan-bahan alami :

1. Minyak Kelapa

Cara alami menghilangkan stretch mark selanjutnya adalah memanfaatkan minyak kelapa. Kamu bisa menggunakannya setelah mandi dan mengusap minyak kelapa di area stretch mark. Selain dapat diserap dengan cepat oleh kulit dan mengeliminasi sel kulit mati, minyak kelapa juga kaya akan vitamin E dan asam lemak yang baik untuk kulit loh!

2. Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa, cara alami untuk menghilangkan stretch mark berikutnya yang dapat dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun. Sama halnya dengan minyak kelapa, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, antioksidan, dan komponen lain yang dapat membantu proses penghilangan stretch mark. Minyak zaitun juga mampu melembabkan kulit sehingga stretch mark pun memudar.

Stretch mark kerap menimbulkan rasa gatal yang disebabkan oleh peregangan kulit. Dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit yang memiliki stretch mark, rasa gatal pun akan berangsur-angsur berkurang.

3. Aloe Vera atau Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki bagian dalam yang bersifat menenangkan dan menyembuhkan. Bagian dalam tersebut mengandung enzim, mineral, vitamin, serta asam lemak yang baik untuk kesehatan.

Kamu dapat memotong lidah buaya, lalu pisahkan bagian dalam yang berbentuk seperti gel. Setelah itu, oleskan gel tersebut ke area stretch mark, lalu lakukan pijatan secara pelan dan halus. Diamkan selama beberapa saat gel lidah buaya yang dioleskan tadi agar terserap sempurna.

Baca Juga : 7 Manfaat Aloe Vera Untuk Tubuh Manusia

4. Lemon

Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan kulit sehingga membantu mengurangi resiko terjadinya stretch mark . Selain itu, Sobat Natha bisa menggunakan bahan alami seperti lemon yang kaya akan vitamin C untuk diaplikasikan pada area stretch mark.

Lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas pada kulit yang dapat memperparah stretch mark. Aplikasikan lemon pada area kulit yang memiliki stretch mark karena dapat membantu meregenerasi kulit sehingga stretch mark akan cepat hilang.

5. Cocoa Butter

Biasanya kamu menemukan kandungan cocoa butter dalam bentuk lotion dan juga sunblock. Cocoa butter itu sendiri adalah sejenis lemak yang berasal dari pohon kakao. Manfaat dari cocoa butter adalah untuk menghilangkan stretch mark yang ada pada bagian perut dan paha.

Pasalnya, cocoa butter memiliki sifat melembabkan yang baik untuk menyamarkan stretch mark. Cara menggunakan cocoa butter untuk menghilangkan stretch mark yaitu dengan mengoleskannya pada malam hari di area kulit yang terdapat stretch mark.

6. Kentang

Kentang bisa jadi cara menghilangkan stretch mark alami yang ampuh dicoba. Karena, kentang memiliki kandungan mineral yang berfungsi sebagai antibiotik alami guna membantu meregenerasi kulit.

Cara menghilangkan stretch mark dengan kentang :

  1. Tumbuk halus kentang yang telah direbus,
  2. Campurkan kentang yang halus dengan 2 sendok makan susu, lalu aduk hingga berbentuk pasta,
  3. Oleskan pada bagian tubuh yang timbul stretch mark,
  4. Kemudian, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

7. Madu

Untuk menghilangkan stretch mark usahakan menggunakan madu yang asli yang tanpa bahan tambahan.  Karena, madu mengandung antiseptik yang mampu mengurangi stretch mark.

Caranya sebagai berikut:

  1. Campurkan madu, garam dan gliserin,
  2. Oleskan campuran tadi ke bagian yang terdapat stretch mark,
  3. Diamkan sampai kering, dan bilas menggunakan air bersih.

8. Putih Telur

Cara menghilangkan stretch mark secara alami selanjutnya dapat menggunakan putih telur. Pasalnya putih telur mengandung banyak protein. Selain itu, putih telur juga menjadi sumber mikronutrien yang berfungsi untuk mengenyalkan wajah serta mencerahkan kulit. Karenanya, kamu dapat menggunakan putih telur sebagai cara menghilangkan stretch mark saat hamil, karena bahannya tidak membahayakan ibu hamil serta janinnya.

Cara penggunaannya sebagai berikut:

  1. Gunakan putih telur sebagai lotion alami,
  2. Kamu dapat menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon agar mengurangi bau amis.
  3. Oleskan kebagian yang timbul stretch mark

9. Gula

Cara menghilangkan stretch mark yang terakhir adalah menggunakan gula sebagai scrub alami yang sekaligus mengatasi kulit kasar.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa coba campurkan gula secukupnya dengan madu dan gosokkan secara halus pada bagian yang timbul stretch mark setelah mandi.

 

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.