apa itu psoriasis

Apa Itu Psoriasis? Temukan Jawabannya Disini

Bagi sebagian orang penyakit ini masih terdengar asing, bahkan belum banyak orang yang belum mengetahuinya. Nah, pada artikel kali ini Natha akan memberikan informasi lebih lengkap tentang apa itu psoriasis. Simak ya!

Apa itu Psoriasis?

Psoriasis adalah satu dari beberapa penyakit kulit yang bisa memengaruhi kualitas hidup seseorang. Psoriasis menyebabkan sel kulit berkembang biak hingga 10 kali lebih cepat dari biasanya. Akhirnya, kulit menumpuk menjadi bercak merah tebal yang ditutupi sisik putih keperakkan. Sisik tersebut menebal dan dapat menimbulkan rasa gatal hingga panas atau  perih. Psoriasis bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Namun, pada umumnya muncul di kulit kepala, siku, lutut, dan punggung bawah.

Gejala Psoriasis

Gejala psoriasis setiap orang berbeda-beda, tergantung juga dari jenis psoriasis yang diderita. Namun, gejala paling umum yang sering terjadi ialah sebagai berikut:

Plak Kulit Merah

Plak merah biasanya sering tertutup sisik berwarna putih keperakkan. Selain itu, plak ini terasa gatal, panas dan nyeri. Beberapa orang mengalami kulit pecah-pecah dan berdarah, bahkan plak akan tumbuh dan bergabung sehingga menutupi area yang luas.

Gangguan Pada Kuku Jari Tangan

Perubahan terjadi pada kuku jari tangan, dan kaki. Kuku juga bisa rusak dan terlepas dari bantalan kuku termasuk perubahan warna dan lubang pada kuku.

Plak Sisik atau Kerak di Kulit Kepala

Mengutip dari National Psoriasis Foundation antara 10% hingga 30% orang dengan psoriasis juga menderita radang sendi sehingga menyebabkan nyeri dan kekakuan persendian, kondisi kulit yang gatal, dan menyakitkan termasuk peradangan.

Baca Juga : Perbedaan Eksim dan Psoriasis. Jangan Sampai Salah Ya!

Penyebab Psoriasis

Pada sampai detik ini tidak ada yang tahu secara pasti penyebab psoriasis itu muncul. Namun, para ahli mempercayai ada sesuatu yang salah dengan sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan peradangan, memicu pembentukan sel-sel kulit baru terlalu cepat. Normalnya, sel kulit berganti setiap 28-30 hari.

Namun, pada orang yang menderita penderita penyakit ini, sel kulit dapat berganti dengan cepat setiap 3 hingga 4 hari sehingga memicu penumpukan sel kulit dan menciptakan sisik putih tersebut.

Ada faktor lain juga yang menjadi penyebab seseorang menderita psoriasis, seperti faktor genetik, tetapi mungkin melewati bebrapa generasi. Misalnya, kakek dan cucunya mungkin terpengaruh, tetapi ibu dan anaknya tidak.

Ada beberapa hal yang dapat memicu psoriasis antara lain:

  1. Luka, goresan, atau operasi
  2. Stres emosional
  3. Infeksi radang
  4. Obat tekanan darah (seperti beta-blocker)
  5. Hydroxychloroquine, obat antimalaria

Apa Psoriasis Menular?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Psoriasis merupakan penyakit autoimun dan biasanya masih berhubungan dengan faktor genetik. Jika ada kontak langsung dengan penderita psoriasis tentu tidak menyebabkan seseorang terkena penyakit ini. Munculnya Psoriasis biasanya pada masa remaja. Psoriasis dapat sembuh dan kemudian dapat kembali lagi. Ada beberapa kasus Psoriasis. Umumnya kebanyakan orang hanya memengaruhi beberapa area saja, tapi ada juga yang hampir menutupi sebagian besar tubuh.

Itu dia pembahasan mengenai salah satu penyakit kelainan kulit psoriasis. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Source:

cderma.id

perdoski.id

 

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.