Masker wajah alami

Cara Membuat Masker Wajah Alami Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang cerah, bersih, dan sehat. Khususnya wanita, kulit wajah menjadi aset penting yang wajib dijaga. Bahkan beberapa diantaranya rela hingga mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkannya, padahal itu tidak perlu jika kamu mengetahui cara membuat masker wajah alami yang membuat kulit wajahmu menjadi sehat. Penasaran bagaimana caranya? Kamu akan menemukan jawabannya dibawah ini.

Masker wajah alami bisa menjadi alternatif untuk mengatasi berbagai masalah kulitmu. Bahan-bahannya pun juga mudah didapatkan dan cukup terjangkau. Bahan yang umum digunakan misalnya, buah-buahan, sayur, telur, madu, atau yogurt. Secara singkat, masker alami tentu tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan kulitmu. Kamu bisa mendapatkan manfaat yang sama ketika kamu membeli produk skincare dengan harga yang relatif lebih mahal. Menarik kan? Kamu hanya perlu mengetahui bagaimana cara membuat masker wajah dari bahan alami dan konsisten melakukan perawatan tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Membuat Masker Wajah Alami

Karena permasalahan kulit setiap orang berbeda-beda, berikut ini ada beberapa cara untuk membuat masker wajah alami yang bisa disesuaikan dengan kondisi kulit wajahmu.

Masker Pepaya

masker pepaya

Selain rasanya yang enak, buah pepaya ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu permasalahan kulitmu. Kandungan enzim papain dan antioksidan di dalamnya membantu memperbaiki dapat membantu mengangkat sel kulit yang mati. Buah ini juga dipercaya mampu mengurangi flek hitam yang di akibatkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan. Cara membuat masker wajah dari pepaya adalah sebagai berikut:

  1. Haluskan buah pepaya.
  2. Oleskan pada wajah dan diamkan sampai sekitar 10 menit. Bilas sampai bersih.

Kamu juga bisa mencampurkan pepaya dengan buah pisang atau menambahkan madu untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal. Mudah kan?

Masker Lemon

Masker Lemon

Lemon memiliki manfaat yang serupa dengan AHA dan BHA, dua jenis asam hidroksi yang mampu mengangkat sel kulit mati. Bahan tersebut juga dapat membantu membersihkan komedo, jerawat, serta berpengaruh pada perubahan warna kulit.

Kandungan asam pada lemon akan membantu membuat kulitmu menjadi cerah alami. Selain itu, kandungan vitamin C berperan sebagai antioksidan yang membantu tumbuhnya sel kulit baru dan menunjang kesehatan kulit.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Peras buah lemon, ambil hasil perasannya sebanyak 2 sendok makan. Oh ya, kamu juga bisa menambahkan 1 butir telur bagian putihnya juga lalu campurkan.
  2. Setelah itu, sebelum kamu aplikasikan ke wajahmu, kamu wajib bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu oleskan masker secara merata.
  3. Lalu diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Alternatif lain kamu juga bisa menggunakan perasan lemon dan air untuk dijadikan masker wajah. Campurkan keduanya dan oleskan pada wajah dan tepuk tepuk dengan pelas hingga merata, diamkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih.

Baca Juga : Skincare Routine Untuk Usia 30-an. Kamu Sudah Terapkan?

Masker Lidah Buaya

Masker lidah buaya

Tanaman ini sudah tidak asing lagi sebagai salah satu kandungan paling popular dalam produk skincare. Lidah buaya ternyata sering juga dijadikan sebagai bahan masker wajah alami yang berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat, menyembuhkan kulit iritasi dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Karena di dalam gel lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, antibakteri dan asam salisilat, yang diperlukan untuk menutrisi kulit wajah yang berjerawat.

Cara membuat masker dari lidah buaya sebagai berikut:

  1. Campur gel lidah buaya dengan beberapa tetes air mawar,
  2. Oleskan ke seluruh wajah dan pijat secara halus selama kurang lebih 3 menit dengan gerakan memutar,
  3. DIamkan hingga mengering selama 15menit dan setelah itu bilas sampai bersih.

Masker Tomat

Masker tomat

Masker tomat berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat, serta mengatasi peradangan kulit akibat jerawat. Tomat diperkaya dengan kandungan vitamin A dan vitamin C, yang bersifat sebagai antioksidan. Menggunakan masker tomat juga biasanya dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini.

Cara membuat masker organik dari tomat:

  1. Haluskan satu buah tomat dengan satu sendok makan madu,
  2. Setelah halus, aplikasikan di wajah dan biarkan mengering selama 20 menit.
  3. Kemudian bilas masker hingga bersih.

Masker Pisang

Masker pisang

Pisang memiliki kandungan bahan-bahan yang bagus bagi kulit seperti vitamin A yang berfungsi untuk memudarkan bintik hitam dan menghaluskan kulit, vitamin B yang berfungsi untuk mengurangi kekeringan, serta vitamin E yang berfungsi untuk mengurangi kerutan dan menghidrasi kulit. Jadi, kita dapat membuat masker wajah sendiri dari buah ini karena mempu menjadikan kulit kita tampak lebih bersinar dan terasa lebih lembut.

Cara membuat masker wajah dari pisang adalah sebagai berikut:

  1. Hancurkan pisang matang berukuran sedang menjadi pasta halus,
  2. Oleskan dengan lembut ke wajah dan leher. Biarkan selama 10-20 menit, lalu bilas dengan air dingin.
  3. Kamu juga bisa mencampurkan 1/4 cangkir plain yogurt, dua sendok makan madu (obat jerawat alami), dan satu buah pisang ukuran sedang.

Masker Susu

Masker susu

Masker susu bisa menjadi alternatif perawatan di rumah tanpa harus ke spa.

Cara pembuatannya masker susu juga sangat mudah,

  1. Campurkan 1/4 cangkir susu bubuk dengan air secukupnya hingga membentuk pasta kental.
  2. Lapisi wajah kita secara menyeluruh dengan campuran tersebut.
  3. Biarkan hingga benar-benar kering dan bilas dengan air hangat. Dengan memakai masker susu, wajah kita akan terasa segar kembali.

Penggunaan Masker Wajah yang Benar

Perlu kamu ketahui bahwa masker wajah alami ini belum tentu efektif manfaatnya oleh semua jenis kulit wajahPasalnya, bagi orang-orang yang memiliki kulit wajah yang normal atau tidak memiliki alergi kamu dapat menggunakan masker wajah alami untuk mencerahkan dan menyehatkan kulitmu secara aman. Tetapi bagi mereka yang memiliki masalah wajah yang memiliki jenis wajah atau kondisi kulit tertentu dan juga termasuk orang-orang yang memiliki reaksi alergi ini menjadi hal yang tidak disarankan. 

Melansir dari laman sehatq, untuk mengecek apakah kulit kamu cocok untuk menggunakan masker wajah alami ini atau tidak, kamu dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut. 

  • Oleskan sedikit masker wajah alami di atas ke area kulit lengan bawah atau belakang telinga,
  • Tunggu selama 24-48 jam untuk melihat reaksinya pada kulitmu,
  • Jika kulitmu tidak mengalami reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, maka kamu dapat menggunakan masker alami wajah ini dengan aman,
  • Namun, jika muncul reaksi alergi, kamu disarankan untuk tidak menggunakannya sebagai masker wajah alami.

Itu dia beberapa cara membuat masker wajah alami yang bisa membuat wajahmu menjadi cerah dan sehat. Mudah kan? Semoga bermanfaat ya!

 

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.