cara memutihkan leher hitam

7 Cara Memutihkan Leher Hitam Dengan Bahan Alami

Bagi sebagian orang, leher merupakan bagian tubuh yang kurang mendapat perhatian sehingga kerap menghitam. Lantas, bagaimana cara memutihkan leher hitam? Temukan jawaban nya dibawah ya.

Cara Memutihkan Leher Hitam

Meskipun area leher jarang diperhatikan dalam penampilan, sudah seharusnya menjadi bagian yang wajib diperhatikan juga seperti area kulit lainnya karena berperan dalam memaksimalkan penampilan. Karena sering dilupakan, terkadang leher bisa berubah menjadi hitam karena kurangnya perawatan dan kebersihan. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi sebab kamu bisa memutihkan kembali dengan beberapa cara dibawah ini.

1. Memutihkan Leher yang Hitam Dengan Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan adalah salah satu senyawa penting untuk memperbaiki kondisi kulit termasuk untuk menyamarkan noda hitam, melembutkan kulit, serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Cara mengaplikasikan kulit jeruk untuk memutihkan leher adalah sebagai berikut:

  1. Jemur kulit jeruk hingga kering.
  2. Haluskan hingga menjadi bubuk dengan cara ditumbuk. Lalu campurkan bubuk kulit jeruk dengan susu murni atau jus jeruk hingga mendapatkan tekstur pasta.
  3. Oleskan pada bagian kulit yang gelap secara merata. Diamkan hingga 15 menit. Bilas dengan air hangat.
  4. Aplikasikan masker kulit jeruk ini setiap hari untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal.

 

2. Menggunakan Baking Soda

Baking soda (natrium bikarbonat) sudah dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Zat kimia ini memiliki sifat basa (alkali) untuk membantu meningkatkan pH kulit, sehingga menetralkan zat asam yang menyebabkan gangguan kulit.

Cara mengaplikasin baking soda untuk memutihkan leher adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan air dengan bubuk soda kue, perbandingan 1:3 hingga menjadi pasta.
  2. Oleskan pasta baking soda di area leher secara merata. Diamkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat.
  3. Ulangi dua kali seminggu untuk hasil lebih baik.

Baking soda dipercaya dapat mengatasi hiperpigmentasi (perubahan warna kulit menjadi lebih gelap), termasuk untuk leher, ketiak, lutut, siku, atau lipatan tubuh lainnya.

 

3. Memanfaatkan Oat Sebagai Bahan Eksfoliasi

Alasan oat dapat dimanfaatkan untuk memutihkan leher karena mengandung saponin untuk eksfoliasi kulit dengan lembut serta menjaga kelembapan kulit.

Beberapa langkah yang harus dipersiapkan yaitu:

  1. Siapkan dua sendok teh oat lalu giling kasar.
  2. Siapkan puree tomat dengan tekstur seperti pasta kental.
  3. Campurkan kedua bahan tersebut. Oleskan pasta oat ke bagian kulit yang menghitam.
  4. Scrub atau gosok kulit (eksfoliasi) selama 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin.
  5. Oat adalah agen eksfoliasi atau pengelupasan kulit gelap yang efektif. Selain itu, campuran tomat membuat pasta ini kaya akan antioksidan untuk melembapkan, mencerahkan, dan melembutkan kulit.

 

4. Kentang

Kentang memiliki kandungan enzim katalase, yaitu enzim yang dapat membantu mencerahkan warna kulit atau mengatasi noda hitam di kulit.

Cara mengaplikasikan kentang untuk menghilangkan hitam di leher sebagai berikut:

  1. Haluskan kentang hingga menjadi seperti pasta.
  2. Siapkan jus lemon. Lalu campurkan kedua bahan tersebut. Oleskan pada bagian kulit yang gelap.
  3. Diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin. Campuran kentang dan jeruk dapat memutihkan kulit dengan lebih efektif. Kamu mungkin harus mengulanginya setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

5. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya sudah dikenal manfaatnya untuk kesehatan kulit. Bahkan sudah banyak produk skincare yang terdapat kandungan aloe vera di dalamnya. Itu disebabkan karena aloe vera kaya akan antioksidan yang berfungsi sebagai untuk memproduksi dan memperbaiki sel kulit. Aloe vera dapat menjadi agen efektif untuk mencerahkan warna kulit.

Caranya juga cukup mudah :

  1. Oleskan ekstrak aloe vera ke area kulit yang gelap.
  2. Diamkan selama 20 menit lalu bila sampai bersih. Kamu juga dapat menggunakan dagingnya yang diambil dari tanaman segar atau menggunakan produk kecantikan berbasis aloe vera.

Baca Juga : 4 Manfaat Aloe Vera Untuk Tubuh Manusia

6.  Lemon

Lemon adalah sumber vitamin C untuk mencerahkan warna kulit. kamu dapat menggunakan lemon untuk menghilangkan noda hitam pada kulit termasuk bagian leher, meredakan jerawat, dan juga kondisi kulit lainnya.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan seperti:

  1. Campurkan jus lemon dengan rose water.
  2. Aplikasikan pada kulit yang gelap. Biarkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin.
  3. Lakukan setiap malam sebelum tidur. Apabila kamu memiliki jenis kulit normal, kamu dapat menggunakan hanya air lemon tanpa campuran rose water.

7. Masker Buah

Kamu dapat membuat masker kulit alami dari campuran beberapa buah seperti apel, pisang, jeruk, pepaya, atau alpukat dirumah dengan cukup mudah. Semua buah tersebut mengandung vitamin C, E, antioksidan, dan berbagai mineral penting untuk meregenerasi sel kulit. Selain membuat sendiri, kamu juga dapat membeli produk masker kulit berbasis buah-buahan yang di jual di pasaran untuk penggunaan yang lebih mudah dan praktis. Masker berbasis buah tentu dapat menutrisi, melembapkan, melembutkan, dan merawat kesehatan serta kecantikan kulit secara maksimal.

Baca Juga : Cara Membuat Masker Wajah Alami Dengan Mudah

Nah, itulah beberapa cara mengatasi hitam di leher secara alami. Selain melakukan cara diatas, kamu juga harus menerapkan kebiasaan hidup bersih setiap hari seperti rutin membersihkan tubuh terutama pada bagian belakang leher. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

Source: Doktersehat.com

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.