cara mengatsi maskne

Cara Mengatasi Maskne Agar Tidak Semakin Parah

Maskne adalah sebuah permasalahan kulit dengan timbulnya jerawat pada bagian bawah pipi, dagu atau hidung yang disebabkan oleh tertutup masker. Seringnya kita memakai masker akan menimbulkan penumpukannya kotoran dan keringat yang dapat menyebabkan jerawat. Nah, pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi maskne, yaitu jerawat yang timbul oleh pemakaian masker terlalu lama dengan cara-cara dibawah ini. Simak ya!

Sejak awal pandemi COVID-19, masker merupakan tools yang wajib dipakai pada saat kita akan beraktivitas di luar rumah. Namun, bagi sebagian orang, sering menggunakan masker justru malah menimbulkan masalah pada kulit wajah yaitu jerawat. Hal tersebut memunculkan istilah baru, yaitu maskne yang disebabkan oleh terlalu lama memakai masker.

Penyebab lainnya yaitu bahan masker yang sering bergesekan dengan kulit dan akhirnya menjadi iritasi. Kondisi kulit yang lembap karena tertutup terlalu lama juga akan membuat kulit rentan muncul jerawat. Kondisi ini juga akan semakin parah apabila pada kondisi menggunakan makeup di balik masker.

Nah, apabila kamu sudah mengalami maskne, apa sih yang harus segera lakukan agar jerawat tidak semakin parah? Berikut ini Natha akan memberikan tips mencegah maskne dan mengatasinya dengan tepat.

Ganti Masker Dengan Bahan yang Lembut

Agar tidak menambah permasalahan pada jerawat, gunakan masker yang nyaman dipakai. Setidaknya masker harus terbuat dari dua lapis kain yang terasa lembut, alami, dan menyerap keringat seperti bahan katun. Mengenakan masker yang nyaman tidak hanya membantu melindungimu dan orang lain dari virus COVID-19, namun juga bisa mengurangi masalah kulit.

Jangan pakai masker yang terlalu kencang atau tidak pas di wajah, hal ini dapat menyebabkan kulitmu menjadi iritasi. Nah, karena masker tidak pas, kamu harus berulang kali menyesuaikannya pada wajah. Alhasil, kamu jadi sering menyentuh masker. Hal ini bisa membuat kuman berpindah dari tangan ke masker dan wajah.

Rajin Cuci Muka Pagi dan Malam

Mencuci muka pada pagi dan malam hari di masa pandemic adalah hal yang penting untuk menjaga Kesehatan kulit terutama jika setelah seharian ini kamu berkeringat dan memakai masker. Saat mencuci muka, sebaiknya gunakan air hangat dan selalu keringkan kulitmu dengan handuk bersih. Walau sederhana, hal ini bisa menjadi cara mengatasi maskne yang baik, lho.

Baca Juga : Cara Mengatasi Jerawat Punggung yang Efektif

Lepas Masker Selama 15 Menit Setiap 4 Jam

istirahatkan penggunaan masker selama 15 menit setiap empat jam sekali. Perlu diingat saat melepas dan menggunakan masker lagi, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan lakukan di tempat yang aman. Pilih tempat di luar ruangan dan ada jarak dari orang lain, di rumah, atau saat berada di satu ruangan sendirian. Setelah 15 menit, gunakan Kembali masker yang bersih.

Gunakan Pelembab

Pakai pelembap agar kulit wajahmu terhidrasi dan tidak kusam. Pilihlah pelembap dengan bahan yang ringan dan tidak mengandung banyak minyak. Pilihlah produk pelembap yang menyejukkan sehingga dapat menenangkan kulit yang merah akibat gesekan dengan masker.

Jangan Menggunakan Make-up Terlalu Tebal

Jika kamu saat ini sedang berjerawat, sebaiknya hindari dulu pemakaian makeup. Pasalnya, makeup dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat atau membuat jerawat semakin parah.

 

 

Sharing is Caring

1 thought on “Cara Mengatasi Maskne Agar Tidak Semakin Parah”

  1. Pingback: Kamu Mengalami Jerawat Pecah dan Berdarah? Begini Cara Mengatasinya - Natha Jaya Makmur

Leave a Comment

Your email address will not be published.