cara menghilangkan kantung mata

5 Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Mudah

Kelelahan dan kurang tidur menjadi penyebab munculnya kantung mata. Meskipun tidak berbahaya, kantung mata membuat penampilan jadi tidak segar. Nah, ada beberapa cara menghilangkan kantung mata yang dapat kamu coba pada penjelasan dibawah ini.

Kantung mata atau yang dikenal dengan mata panda adalah munculnya lingkaran hitam di sekitar area mata yang biasanya disebabkan kelelahan dan kurang tidur. Selain itu, hal ini juga dapat terjadi karena penuaan yang menyebabkan berkurangnya jumlah kolagen pada kulit sekitar mata, sehingga kelopak mata menjadi kendur.

Bagi sebagian orang munculnya kantung mata/mata panda menimbulkan rasa yang tidak nyaman apalagi dibarengi dengan pembengkakan di area sekitar mata.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Pada dasarnya, kantung mata atau mata panda yang muncul di sekitar mata dapat dihilangkan dengan beberapa cara menghilangkan kantung mata dibawah ini:

1. Cara Menghilangkan Kantung Mata Menggunakan Kantung Teh

Melansir Health Line dan Mayo Clinic, menempelkan kantung teh berkafein mampu menjadi cara menghilangkan kantung mata secara alami dan sederhana. Kandungan kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan itu mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) dan berpotensi memperlambat proses penuaan. Teh hijau, khususnya, telah dipercaya oleh para peneliti karena potensi efek anti-inflamasi, seperti yang ditunjukkan dalam sebuah penelitian.

Cara penggunaannya sebagai berikut:

  1. Seduh dua kantung teh selama 3 sampai 5 menit.
  2. Masukan kantung teh ke lemari es dan tunggu hingga 20 menit
  3. Kemudian, peras kantung teh dan taruh di area bawah mata selama 15 hingga 30 menit

 

2. Menggunakan Mentimun

Kandungan pada timun yang tinggi air dan vitamin C mampu membantu untuk melembabkan kulit. Mentimun juga mengandung magnesium dan silika yang sangat baik untuk mendukung mata agar sehat dan terlihat lebih segar. Cara menghilangkan kantung mata dengan timur cukup mudah

  1. Potong timun yang sudah dibersihkan tipis-tipis.
  2. Tempelkan ke area mata kurang lebih selama 15 hingga 30 menit.
  3. Ulangi cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

3. Menggunakan Kompres Dingin

Menempelkan suhu dingin ke area kantung mata mampu mengurangi pembengkan dan mengecilkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah dapat berjalan lebih baik. Sobat Natha bisa melakukan kompres dingin dengan memanfaatkan es batu yang ada di kulkas. Cara penerapannya sebagai berikut.

  1. Bungkus es batu dengan kain yang lembut untuk melindungi kulit agar tidak terlalu dingin.
  2. Setelah itu, Sobat Natha hanya perlu mengoleskan kompres selama beberapa menit untuk melihat hasilnya.

4. Menggunakan Masker Gel Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin E, vitamin A, dan vitamin C yang bermanfaat untuk menutrisi dan memperbaiki kondisi kulit. Oleh sebab itu, banyak produk skincare yang menggunakan gel lidah yang terdapat pada kandungannya.

Cara penggunaannya sebagai berikut.

  1. Usapkan gel lidah buaya pada bagian bawah mata yang menghitam atau membengkak.
  2. Setelah itu, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.
  3. Ulangi cara ini beberapa kali secara rutin dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : 6 Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami Menggunakan Bahan yang Sederhana

5. Ubah Gaya Hidup

Cara menghilangkan kantung mata yang terakhir adalah mengubah pola hidup menjadi lebih baik.

Tidur yang tidak berkualitas atau sering begadang menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit tipis mata melebar dan menimbulkan warna gelap. Pembuluh darah yang melebar juga dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata, sehingga terbentuk kantung mata. Oleh sebab, untuk mencegah dan menghilangkan kantung mata, Sobat Natha hanya perlu cukup tidur. Tidak hanya itu, cukup minum air putih, menjaga makanan dan rutin olahraga juga mampu mempercepat hilangnya kantung matamu

Itu dia beberapa cara menghilangkan kantung mata yang dapat kamu lakukan. Mengubah gaya hidup sangat penting untuk kesehatan kulitmu, Sobat Natha. So, ikuti cara-cara diatas agar kulitmu menjadi sehat dan bercahaya

 

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.