Cara eksfoliasi wajah

Catat! 7 Cara Eksfoliasi Wajah Di Rumah Yang Benar

Sekarang sudah bukan zamannya lagi mengeluarkan biaya yang besar ke klinik kecantikan untuk melakukan perawatan wajah, karena sekarang kamu bisa mengeksfoliasi wajah di rumah saja dengan mudah dan murah, lho. Yuk, simak cara eksfoliasi wajah dengan mudah pada artikel dibawah ini!

Memiliki kulit wajah yang bersih dan halus memang selalu menjadi impian setiap orang. Selain meningkatan rasa percaya diri, pada saat makeup pun menjadi mudah untuk mengaplikasikannya. Untuk mendapatkan kulit yang bersih dan halus pun juga harus melakukan perawatan secara benar. Nah, kabar baiknya, ternyata kamu bisa mendapatkannya dengan melakukan eksfoliasi secara rutin dirumah secara tepat, Sobat Natha!

Tapi yang perlu digaris bawahi saat melakukan eksfoliasi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Apabila eksfoliasi yang dilakukan keliru, justru membuat kulit kamu menjadi iritasi dan menjadi kering akibat kadar kelembapannya berkurang. Untuk itu,  sebelum melakukan eksfoliasi kamu harus mengetahui apa itu eksfoliasi wajah dan bagaimana cara melakukan eksfoliasi wajah yang benar agar tidak timbul iritasi pada kulit.

Apa itu Eksfoliasi Wajah?

Mengutip dari alodokter, eksfoliasi wajah adalah proses perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, kulit wajah akan terlihat lebih bersih cerah, bebas dari jerawat, dan meminimalkan munculnya kerutan halus pada wajah.

Selain itu, eksofoliasi wajah juga dapat membantu penyerapan pada produk kecantikan yang kamu pakai secara optimal, sehingga hasil dari perawatan kulit yang kamu lakukan akan mendapatkan hasil yang kamu harapkan.

Cara Eksfoliasi Wajah Dirumah Yang Benar

Untuk melakukan eksfoliasi wajah ada dua cara yang bisa kamu aplikasikan di rumah, yaitu fisik dan kimiawi. Untuk pengangkatan sel kulit mati dengan cara fisik, kamu dapat menggunakan waslap, spons dan scrub. Sementara, cara eksfoliasi wajah dengan kimiawi kamu dapat menggunakan bahan kimia yang mampu meluruhkan sel kulit mati tanpa gesekan yang kasar. Untuk informasi lebih lanjut, simak penjelasannya dibawah ini

1. Memilih Produk Eksfoliasi Sesuai Tipe Kulit

Hal pertama yang dapat kamu lakukan saat ingin mengeksfolasi wajah adalah memilih produk eksfoliasi sesuai kebutuhan dan jenis kulit. Untuk kamu yang memiliki kulit normal, berminyak dan kombinasi kamu dapat menggunakan eksfoliator bertipe scrub. Sedangkan, untuk pemilik kulit sensitif dan kering, kamu disarankan menggunakan eksfoliater yang lembut seperti waslap atau kain bersih

Untuk melakukan eksfoliasi wajah menggunakan bahan kimia, pemilik memiliki kulit kering dan kombinasi bisa memanfaatkan produk kecantikan yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA). Bagi orang yang kulit wajahnya sensitif, sebaiknya gunakan produk yang mengandung beta hydroxy acids (BHA).

Sementara bagi pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat, disarankan menggunakan produk yang mengandung retinoid, asam salisilat, atau asam glikolat. Namun, yang perlu diingat, kandungan retinoid tidak direkomendasikan untuk digunakan oleh wanita yang sedang hamil atau yang sedang menjalani program hamil.

2. Melakukan Eksfoliasi Secara Lembut

cara eksfoliasi wajah

Setelah memilih jenis eksfoliator yang cocok untuk kulitmu, langkah berikutnya adalah memulai eksfoliasi sesuai apa yang menjadi kebutuhan kulitmu. Jika kamu melakukan eksfoliasi wajah menggunakan scrub atau bahan kimia, kamu dapat mengoleskan ke wajah secukupnya. Kemudian, lakukan eksfoliasi dengan perlahan dan lembut dengan gerakan memutar.

Apabila waslap, usapan secara lembut dan membentuk garis-garis pendek secara merata. Lakukan scrubbing sekitar 30 detik, kemudian basuh dengan air hangat hingga bersih.

3. Bilas Wajah menggunakan Air Hangat Yang Bersih

Setelah melakukan eksfoliasi wajah kamu dapat membilas wajah menggunakan air hangat. Pada proses ini, kamu harus memastikan bahwa air yang digunakan suhunya benar-benar hangat, bukan panas yang dapat ditolerir oleh kulit. Fungsi air hangat berguna untuk melancarkan peredaran darah, sekaligus membuka pori-pori wajah. Setelah itu, usap permukaan wajah dengan air dingin hingga benar-benar bersih agar pori-pori menutup kembali.

Setelah membilas wajah, kamu dapat mengeringkan secara perlahan menggunakan handuk khusus wajah yang kering dan bersih. Hal ini berfungsi agar kotoran atau debu dari handuk tidak terbawa ke permukaan kulit wajah saat selesai eksfoliasi

4. Menggunakan Facial Wash

cara eksfoliasi wajah

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat mengaplikasikan facial wash pada wajahmu yang memiliki fungsi membersihkan kulit wajah secara menyeluruh sekaligus mengangkat sel kulit mati.

5. Gunakan Pelembab

Setelah menerapkan facial wash, segera aplikasikan produk yang menghidrasi kulit agar tidak kering dan iritasi. Kamu dapat memilih pelembab yang melembapkan sekaligus menutrisi kulit secara maksimal, sehingga iritasi kulit akibat produk eksfoliasi dapat segera teratasi.

6. Mengaplikasikan Sunscreen

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Sobat Natha juga perlu menggunakan sunscreen setelah eksfoliasi. Sebab, lapisan kulit mati yang telah terkikis pada permukaan kulit membuat wajah menjadi rentan terhadap sinar matahari. Nah, oleh karena itu jangan sampai lupa mengaplikasikan sunscreen agar kulit terlindungi dari iritasi dan sunburn ya.

 

Baca Juga : Tips Mendapatkan Kulit Yang Sehat dan Bercahaya

 

7. Melakukan Eskfoliasi Secara Berkala

Setelah 6 cara diatas sudah kamu lakukan, kamu juga harus menerapkan eksfoliasi secara berkala dan terjadwal. Untuk kulit berminyak, eksfoliasi wajah dapat dilakukan lebih sering atau sekitar 3–5 kali seminggu. Tapi, apabila tipe kulitmu adalah kombinasi dan sensitif atau kering, sebaiknya batasi eksfoliasi wajah, cukup 1–2 kali seminggu.

Kamu juga dapat menunda melakukan eksfoliasi wajah apabila terdapat luka terbuka atau luka bakar pada kulit wajah. Hindari pula menggunakan produk eksfoliasi untuk anggota tubuh lain ke wajah, karena formulasinya dirancang berbeda dan dapat memicu iritasi kulit.

Itu dia cara eksfoliasi wajah yang bisa kamu lakukan di rumah dengan tepat, Sobat Natha. Setelah baca artikel di atas, semoga kamu dapat melakukannya dengan tepat dan benar sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Yang perlu diingat sebelum melakukan eksfoliasi adalah kamu perlu memperhatikan dulu kondisi kulitmu, ya. Bila timbul jerawat atau iritasi, Natha menyarankan untuk menunda untuk melakukan eksfoliasi agar wajah tidak semakin sensitif.

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.