pantangan saat imlek

Hindari 6 Pantangan Saat Imlek Ini, Bisa Menghalangi Keberuntungan

Tak lama lagi masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek atau Chinese New Year pada 1 Februari 2022. Orang Tionghoa menganggap Tahun Baru Imlek sebagai pertanda keberuntungan untuk tahun yang akan datang dan memulai hal baru. Beragam cara dilakukan warga Tionghoa saat menyambut Tahun Baru Imlek, mulai dari menghias rumah dengan pernak-pernik khas Imlek hingga menyiapkan hidangan spesial. Perayaan Imlek juga sering dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Namun ada tradisi atau pantangan saat imlek. Pantangan ini sudah dijalankan secara turun temurun dari zaman nenek moyang hingga sekarang.

Konon, ketika ada salah seorang yang melanggar pantangan tersebut akan mendatangkan sial atau malapetaka sepanjang tahun. Penasaran dengan apa saja pantangan saat Imlek? Simak beberapa pantangan Tahun Baru Imlek yang Natha lansir dari Chinese New Year:

pantangan saat imlek

Dilarang Membersihkan Rumah

Salah satu pantangan saat Tahun Baru Imlek yang harus di hindari adalah menyapu atau membersihkan rumah. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, membersihkan rumah atau membuang sampah saat imlek dianggap menyapu kemakmuran dan keberuntungan.

Oleh karena itu, kebanyakan orang China yang menyambut Imlek akan membersihkan rumah mereka sebelum merayakan tahun baru. Untuk menghindari aktivitas ini, semua alat pembersih rumah harus disembunyikan sebelum tahun baru. Hal ini karena keberadaan alat-alat pembersih rumah bisa menyapu kemakmuran seseorang.

Kendati demikian, membersihkan rumah diperbolehkan sehari setelah perayaan Imlek, dengan syarat sampah yang terkumpul tidak melewati pintu depan rumah. Sebab,  mereka percaya jika melanggar pantangan ini akan mengakibatkan kematian salah satu anggota keluarga.

Jangan Keramas

Pantangan saat imlek selanjutnya adalah keramas. Alasan mengapa dilarang keramas pada saat imlek karena dalam bahasa Mandarin, rambut (fa) memiliki pengucapan yang sama (memang karakter hurufnya sama) dengan fa dalam facai, yang artinya ‘menjadi kaya’. Oleh karena itu, keramas saat imlek dianggap ‘mencuci rejeki’ di awal tahun baru.

Selain itu, hindari pula untuk memotong rambut pada hari tersebut karena diyakini dapat membawa malapetaka. Namun saat ini lebih banyak yang memotong rambut sebelum perayaan Imlek untuk tampilan baru (kekayaan baru) di tahun yang akan datang

Jangan Mencuci Pakaian

Orang-orang yang merayakan Imlek tidak disarankan untuk mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua tahun baru, lantaran kedua hari ini diperingati sebagai hari kelahiran dewa air, sehingga mencuci pakaian dianggap tidak menghormati dewa air dan akan membuat dewa air tersinggung.

Selain itu, orang terdahulu percaya bahwa air merupakan lambang kekayaan, ketika menuangkan air setelah mencuci pakaian maka sama artinya dengan membuang kekayaan.

Tidak Boleh Memberi Hadiah 

Perayaan Imlek memang identik dengan pemberian kado kepada orang-orang tersayang. Ini sudah menjadi kebiasaan mereka yang merantau membawa oleh-oleh seperti baju, alat-alat elektronik, makanan dll. Namun dalam pemberian hadiah tidak boleh sembarangan, karena ada kepercayaan dari masyarakat Tionghoa yang tidak menganjurkan untuk diberikan hadiah sebagai kado imlek sebab beberapa hadiah itu dipercaya bisa membawa pertanda buruk sepanjang tahun. Beberapa benda yang tabu diberikan saat Imlek, seperti memberi jam jam dan payung. Dalam bahasa Mandarin, “memberi jam” memiliki pengucapan yang serupa dengan “melayat.” Selain itu, kamu juga tidak diperbolehkan untuk memberi payung. Pasalnya, hal ini dipercaya dapat menarik roh-roh jahat yang bisa mengganggu.

Baca Juga : 10 Barang Yang Tidak Boleh di Jadikan Kado Saat Imlek

Berbicara Kotor

Salah satu pantangan saat Tahun Baru Imlek yang wajib dihindari adalah berbicara kotor.  Perayaan Imlek harus dirayakan dengan penuh suka cita dan hal-hal yang positif. Mengucapkan kata-kata negatif selama perayaan Imlek, dianggap bisa membawa sial. Sehingga, sangat dianjurkan untuk tidak bicara kotor saat perayaan Imlek.

Hindari Pakaian Warna Hitam Atau Putih

Pantangan saat Imlek yang terakhir adalah hindari memakai baju warna hitam putih. Hal ini tidak dikarenakan kedua warna tersebut dianggap sebagai tanda kabar duka atau kegiatan melayat. Sehingga, dianjurkan untuk tidak memakai kedua warna tersebut saat perayaan Imlek.

 

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.