wewangian

Jenis Wewangian Yang Dapat Menghilangkan Stress

Jenis Wewangian Yang Dapat Menghilangkan Stress – Situasi sekarang membuat sebagian besar masyarakat terpaksa melakukan banyak kegiatan di dalam rumah. Kejenuhan tentunya menghantui kebiasaan baru ini. Ditambah lagi pandemi Covid-19 yang semakin parah sehingga masyarakat rentan stress.

Dalam menyikapi hal ini, produk wewangian menjadi sarana baru yang digunakan oleh masyarakat dalam membangun suasana rumah yang nyaman dan sebagai penghilang stress ketika tengah melaksanakan kegiatan di dalam rumah.

Berikut 5 jenis wewangian yang identik dapat mengubah suasana dan perasaan stress ketika beraktivitas di dalam rumah :

1. Eucalyptus

Keharuman Eucalyptus sudah tak diragukan lagi. Bahkan ekstraknya kerap dijadikan sebagai bahan campuran lotion, parfum, kosmetik dan sabun. Aromanya menenangkan dan diklaim mampu meredakan stres, melegakan pernapasan, dan meningkatkan aliran oksigen dalam tubuh. Jika meletakkan tanaman ini di dalam kamar mandi, bau tak sedap langsung hilang dan berganti aroma kesejukan layaknya berada di hutan tropis.

Baca Juga : Effective Ways to Relief Stress

2. Mint

Daun mint menghadirkan aroma menyegarkan yang khas. Aroma daun mint ini tentu akan membuat pikiran dan badan segar seketika saat melangkahkan kaki ke kamar mandi.   Mint juga sangat mudah tumbuh dan menyukai kelembaban sehingga cocok diletakkan di kamar mandi.

3. Lavender

Lavender merupakan jenis essential oil yang biasa digunakan untuk memberikan efek ketenangan ketika seseorang sedang dilanda stress yang tak terbendung. Wewangian ini menjadi pilihan yang tepat bagi siapa saja yang ingin berelaksasi sejenak atau merasakan sensasi tidur agar menjadi lebih tenang.

4. Rosemary

Rosemary sering dikaitkan dengan pensuasanaan rasa yang dapat membuat seseorang menjadi lebih senang dan produktif. Hal ini dibuktikan dengan efek positif yang mempengaruhi tingkatan suasana hati dan antusiasme saat beraktivitas. Rosemary juga memiliki kelebihan yang dapat mengurangi kadar kortisol, sehingga essential oil ini menjadi pilihan terbaik dalam mengurangi kadar stress pada diri seseorang.

5. Melati

Wangi dari bunga melati digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kondisi psikis seseorang. Aromanya bisa melepaskan stres, meningkatkan suasana hati, mengurangi insomnia, dan beberpa digunakan untuk meredakan nyeri menstruasi.

Pada saat menstruasi terkadang merasakan kondisi nyeri yang teramat sakit. Daripada harus mengonsumsi obat-obatan yang justru akan menyebabkan efek samping, kamu bisa menggunakan wewangian dari bunga melati ini untuk menenangkan perasaan yang kacau saat rasa nyeri datang. Kamu dapat menggunakan aromaterapi kemudian berbaringlah, pelan-pelan rasa nyeri akan hilang tanpa perlu efek samping. Tak hanya bisa mengatasi kondisi psikis orang-orang yang ada di rumah saja, aromaterapi dari bunga melati juga bisa menciptakan suasana romantis.

6. Mawar

Bunga mawar itu dianggap sebagai ratu tanaman yang sangat aromatic.

Mawar sendiri memiliki efek yang mampu menyehatkan untuk sistem pernapasan. Selain itu, aroma mawar dapat meningkatkan sistem peredaran darah dan bisa membantu kinerja saraf.

Itulah beberapa jenis wewangian yang dapat kalian coba untuk menghilangkan stress. Selamat mencoba !

 

Sharing is Caring

2 komentar untuk “Jenis Wewangian Yang Dapat Menghilangkan Stress”

  1. Pingback: 8 Metode Self Healing Yang Wajib Kamu Ketahui - Natha Jaya Makmur

  2. Pingback: 5 Manfaat Skincare Organik Untuk Kulit - Natha Jaya Makmur

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *