manfaat yoga untuk kesehatan

Mengenal Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Ada banyak manfaat yoga untuk kesehatan mental dan fisik. Saat melakukan gerakan yoga, kamu akan diajak untuk fokus untuk menenangkan pikiran. Semua gerakan akan dilakukan secara perlahan, termasuk dengan cara bernapasnya.

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang banyak peminatnya dalam beberapa tahun belakangan. Mulai dari kalangan lansia, muda, pria dan wanita. Tapi, apakah kamu tahu seperti apa sejarahnya dan apa saja manfaat yoga untuk kesehatan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

asal usul yoga

Asal-Usul Yoga

Yoga sudah berkembang sejak 5-10 ribu tahun yang lalu di India. Melansir dari hallosehat, kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “Yuj” yang berarti penyatuan jiwa dan kesadaran yang tak terbatas serta jiwa dan kesadaran yang universal dan ilahi. Sederhananya, yoga dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat membawa jiwa dan raga kembali menuju kenyataan.

Yoga merupakan aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh

Jenis-Jenis Yoga

Sejak awal munculnya Yoga hingga sekarang terus berkembang dipengaruhi oleh beragam budaya, hingga terciptanya berbagai jenis yoga, mulai dari Ashtanga, Kripalu, Bikram, sampai Vinyasa.

Berikut ini adalah jenis-jenis yoga yang sudah Natha rangkum dari sehatq:

1. Yoga Hatha

hatha yogaKelas-kelasnya terdiri atas kelas pengantar, postur dasar yoga, hingga teknik pernapasan. Yoga hatha lebih berfokus kepada aspek fisik dibandingkan mental.

Hatha yoga cocok dilakukan apabila kamu baru pertama kali mencoba yoga. Gerakan hatha yoga umumnya tidak terlalu sulit dan dilakukan secara perlahan. Hatha yoga juga bermanfaat untuk meredakan stres dan sakit punggung.

2. Yoga Bikram

yoga bikram

Yoga bikram terdiri dari 26 gerakan dan 2 rangkaian pernapasan. Yang unik dari jenis yoga ini adalah harus dilakukan di ruangan yang panas dengan suhu sekitar 36-40,6º C dengan kelembapan ruangan sekitar 40%.

3. Yoga Ashtanga

yoga ashtanga

Yoga ashtanga terdiri atas 6 seri postur-postur yoga yang kuat dan cukup menantang, dilakukan tanpa henti. Namun, yoga tipe ini tidak disarankan bagi yang memiliki otot dan sendi yang lemah.

Yoga ashtanga adalah latihan fisik dinamis yang menghubungkan gerakan tubuh dengan napas. Metode ini menekankan latihan pada serangkaian gerakan. Ada enam rangkaian urutan ashtanga yoga, yang akan dilalui oleh setiap orang dengan kecepatan mereka sendiri.

4. Yoga Power

yoga power

Yoga Power bukan hanya sekadar yoga biasa seperti Ashtanga dan Hatha. Power yoga diperuntukkan untuk menurutkan berat badan. Sama halnya seperti fitness, power yoga mengeluarkan banyak energi dan keringat dan efektif untuk membentuk otot. Power yoga kini sedang digemari baik kaum adam dan hawa.

5. Yoga Iyengar

manfaat yoga untuk kesehatan

Jenis yoga yang mengimplementasikan penggunaan benda-benda seperti selimut, tali, kursi, atau bantalan untuk membentuk postur.

6. Yoga Kundalini

yoga kundalini

Dalam bahasa Sansekerta, “Kundalini” diartikan sebagai gulungan, menyerupai gerakan ular yang fleksibel. Jenis yoga ini menggabungan rangkaian gerakan, meditasi, dan nyanyian yang dibuat untuk membangkitkan tenaga dalam yang terletak di bagian bawah tulang belakang.

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Jika kamu melakukan yoga secara teratur, kamu akan merasakan manfaat baik untuk sehat dan mental.

Berikut ini adalah ragam manfaat yoga untuk kesehatan fisik dan mental:

1. Mengurangi stres dan kecemasan

Secara ilmiah, yoga dapat menurunkan produksi kortisol yang merupakan hormon stres di tubuh.

Manfaat yoga yang satu ini bisa didapatkan kalau kamu melakukannya secara rutin dan teratur.

2. Meredakan peradangan

Peradangan atau inflamasi adalah respons normal pada tubuh. Namun jika kadarnya berlebihan, maka risiko terjadinya penyakit-penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker dan penyakit jantung, akan meningkat.

Yoga adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan peradangan di tubuh. Meski begitu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

3. Menyehatkan jantung

Nah, bagi lansia yang melakukan yoga adalah untuk kesehatan jantung. Yoga dapat membantu mencegah kondisi-kondisi yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Olahraga ini juga bisa mengurangi risiko terjadinya gangguan pada pembuluh darah yang kerap menjadi biang kerok gangguan di jantung.

Apabila yoga dikombinasikan dengan olahraga kardio, maka manfaat-manfaat di atas akan bisa didapatkan dengan lebih maksimal. Bahkan, lebih bagus dua kali lipat dibanding dengan kalau hanya melakukan salah satu jenis olahraga.

4. Meredakan gejala depresi

Kemampuan yoga dalam menekan jumlah kortisol di tubuh juga berguna untuk meredakan gejala depresi. Saat kadar kortisol meningkat, maka kadar serotonin akan menurun. Serotonin adalah hormon yang sering didapuk sebagai hormon kebahagiaan.

Sebaliknya, ketika kadar kortisol kembali normal, maka serotonin pun akan meningkat, membuat gejala depresi jadi berkurang.

5. Mengurangi nyeri punggung

Sobat Natha mengalami mengalami nyeri punggung? Nah, yoga bisa menjadi salah satu cara meredakannya secara alami. Yoga sama efektifnya dengan aktivitas peregangan lain yang bisa membuat orang dengan kondisi ini lebih mudah bergerak.

Kamu bisa mencoba pose yoga cat-cow untuk meredakan nyeri punggung. Berikut ini caranya:

  • Posisikan tubuh seperti akan merangkak.
  • Posisi telapak tangan di bawah bahu dan lutut di bawang pinggul.
  • Setelah itu, tarik napas sambil menggerakkan perut ke bawah hingga mendekati lantai.
  • Ketika membuang napas, gerakkan tubuh lagi ke atas hingga punggung membentuk lengkungan.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat yoga yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Lewat sebuah penelitian pada sejumlah lansia yang melakukan yoga dan tidak, kelompok lansia yang rutin yoga menunjukkan bahwa mereka bisa tertidur lebih cepat dan nyenyak. Durasi tidurnya juga lebih lama.

Mekanisme yoga dalam memengaruhi siklus tidur sebenarnya belum diketahui secara jelas. Namun, manfaat ini diduga muncul karena yoga dapat meningkatkan sekresi melatonin, hormon yang mengatur jam biologis tubuh.

Yoga juga bisa meredakan nyeri, stres, serta kecemasan yang merupakan penyebab umum orang susah tidur.

Gerakan yoga yang baik dilakukan sebelum tidur antara lain savasana (corp’s pose), viparati karani (leg on the wall), yoga nidra, dan balasan (child’s pose)

7. Membuat tubuh lebih lentur dan seimbang

Manfaat yoga dalam membuat tubuh menjadi lebih lentur dan seimbang akan sangat berguna dalam mendukung kegiatan sehari-hari. Memiliki tubuh yang lentur dan seimbang membuat risiko mengalami cedera jadi berkurang.

Tidak perlu takut untuk memulai yoga karena merasa tubuh tidak cukup fleksibel atau seimbang. Justru, olahraga ini akan membantu kamu memiliki tubuh yang lentur dan seimbang. Kedua hal ini penting dimiliki karena bisa mengurangi risiko terjadinya cedera saat beraktivitas.

8. Meredakan migrain

Yoga dipercaya bisa jadi salah satu cara alami untuk meredakan migrain. Sebab, olahraga ini dapat menstimulasi saraf vagus yang ada di kepala dan mengurangi tingkat keparahan migrain. Yoga juga dapat mengurangi frekuensi seseorang mengalami migrain.

9. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat yoga untuk otak bisa didapatkan oleh pria maupun wanita yang rutin melakukannya. Dengan rutin melakukan yoga, maka kamu akan menjadi lebih fokus dan bisa berpikir jernih saat mengambil suatu keputusan. Olahraga ini juga membantu meningkatkan fungsi kognitif di otak.

10. Menurunkan berat badan

Yoga membuat seseorang menjadi lebih sadar akan segala hal yang terjadi di tubuhnya, termasuk soal rasa lapar dan kenyang. Jadi, kamu akan lebih berhati-hati saat mengonsumsi sesuatu.

Hal ini membuat orang-orang yang rutin yoga, biasanya beralih mengonsumsi makanan yang lebih sehat, sehingga penurunan berat badan akan mengikuti setelahnya.

Mereka juga akan tahu waktunya makan dan saatnya untuk berhenti. Dengan kata lain, yoga membuat nafsu makan jadi lebih terkontrol.

11. Mendukung proses pemulihan penyakit

Manfaat yoga tidak hanya bisa didapatkan oleh orang sehat yang bisa beraktivitas dengan baik. Pasalnya, banyak pasien yang melakukan yoga sebagai pendamping perawatan medis. Yoga bisa membantu meningkatkan kualitas hidup, sehingga proses pemulihan pun bisa berlangsung dengan lebih baik.

Pada pasien stroke yang sedang menjalani terapi fisik, misalnya, yoga bisa membantu meningkatkan keseimbangan dan kemampuan fungsi motorik mereka.

Sementara pada pasien kanker prostat yang sedang menjalani terapi radiasi, yoga bisa membantu mengurangi rasa lelah dan meningkatkan fungsi saluran kemih.

12. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat yoga yang satu ini termasuk salah satu yang paling kentara. Orang yang berlatih yoga secara teratur setiap harinya, memiliki postur lebih tegap baik saat berjalan maupun duduk. Ini dikarenakan, berbagai pose yoga dapat melatih kekuatan otot inti tubuh. Saat bagian inti tubuh (core) kuat, maka tulang belakang bisa kembali lurus atau berada pada posisi yang seharusnya.

13. Baik untuk kesehatan paru-paru

Yoga mengajarkan teknik bernapas khusus yang dinamakan pranayama. Teknik pernapasan ini dilakukan secara perlahan dan dalam, dilakukan dengan maksud untuk menenangkan sistem saraf simpatik sehingga kadar stres di dalam tubuh berkurang.

Melakukan cara bernapas ini secara teratur juga terbukti bisa meningkatkan kapasitas vital paru-paru.

14. Mengurangi gejala PMS

Manfaat yoga untuk kesehatan wanita ada beragam, termasuk yang telah disebutkan di atas, tapi ada beberapa yang cukup spesifik, seperti mengurangi gejala pre-menstrual syndrome (PMS). Melakukan gerakan yoga dapat membantu mengurangi tekanan di rahim, meredakan kram, dan melonggarkan kekakuan di punggung bagian bawah sehingga nyeri yang dirasakan saat PMS bisa berkurang.

15. Menyehatkan kandungan

Manfaat yoga untuk kesehatan wanita yang selanjutnya bisa dirasakan ketika masa kehamilan. Gerakan yoga untuk ibu hamil berbeda dari gerakan yoga biasa karena saat hamil karena gerakan yang dilakukan lebih banyak difokuskan pada teknik pernapasan dan relaksasi.

Melakukan yoga secara teratur saat hamil akan membantu menurunkan stres terkait kehamilan yang nantinya bisa memengaruhi janin dan produksi ASI.

Itu dia beberapa manfaat yoga yang telah Natha rangkum dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca Juga: 8 Gerakan Senam Untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya

Sharing is Caring

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *