Cara mengatasi keringat berlebih

Jangan Minder Lagi, 5 Cara Mengatasi Keringat Berlebihan Pada Tubuh

Tubuh yang mengalami keringat berlebih atau dengan nama lain hiperhidrosis dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Selain membuat tubuh tidak nyaman, keringat berlebih juga dapat mengakibatkan bau bada. Lalu, bagaimana cara menghilangkannya? Simak cara mengatasi keringat berlebihan pada artikel dibawah ini.

Berkeringat merupakan respons alami tubuh dalam menjaga keseimbangan sistem dengan melepaskan panas. Namun, bukan hanya suhu panas saja yang menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat, stres, emosi, dan gugup juga dapat memicu keluarnya keringat pada tubuh. Tapi, ada beberapa kondisi kesehatan yang memicu produksi keringat berlebih atau biasa disebut hiperhidrosis.

Meskipun tidak ada ancaman yang serius untuk kesehatan tubuh, produksi keringat berlebih membuat seseorang merasa tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas sehar-hari dan cenderung minder. Pasalnya, keringat ini biasa keluar dari ketiak atau telapak tangan. Baju/tangan yang basah karena keringat berlebih menimbulkan turun nya rasa percaya diri seseorang terlebih bagi pekerja yang menunjang penampilan. Lantas, apa penyebab keringat berlebih dan bagaimana cara mengatasi keringat berlebihan? Yuk simak penjelasan lebih lengkap dibawah ini.

Penyebab Keringat Berlebihan Pada Tubuh

Terdapat dua jenis kondisi keringat berlebih dengan penyebab yang berbeda, yaitu:

1. Hyperhidrosis Focal Primer

Melansir dari laman alodokter yang diulas oleh Dr. Budiono menjelaskan bahwa, Hyperhidrosis focal primer adalah sebuah kondisi kesehatan yang memicu produksi keringat berlebih di area telapak tangan, telapak kaki, lipatan paha, ketiak, atau wajah. Disebabkan oleh masalah di fungsi sistem saraf, kondisi ini umum terjadi pada remaja dan orang dewasa.

2. Secondary General Hyperhidrosis

Jenis kondisi keringat berlebih yang kedua pada umumnya terjadi pada malam hari. Secondary general hyperhidrosis biasanya dipicu oleh penyakit tertentu seperti, menopause, stroke, gagal jantung, kanker, diabetes, penyakit paru-paru, gangguan kecemasan, kecanduan alkohol, dan sebagainya.

Cara Mengatasi Keringat Berlebihan Pada Tubuh

Agar terbebas dari keringat berlebih dan bau badan, yuk sama-sama cari tahu bagaimana cara mengatasi keringat berlebih pada tubuh dibawah ini.

1. Menjaga Berat Badan

cara mengatasi berat berlebihan

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih sering mengalami keringat berlebih. Hal itu disebabkan karena orang yang memiliki berat badan abnormal membutuhkan lebih banyak tenaga untuk melakukan aktivitas dibandingkan orang yang memiliki berat badan yang normal. Penggunaan tenaga yang berlebih menyebabkan seseorang lebih mudah merasa gerah. Oleh karena itu, cara mengatasi keringat berlebih pada tubuh kamu dapat dimulai dengan menjaga berat badan kamu agar ideal.


Baca Juga : 7 Makanan Penghilang Bau Badan Tidak Sedap


2. Menggunakan Pakaian Yang Mudah Menyerap Keringat

mengatasi keringat berlebihan

Cara mengatasi keringat berlebih selanjutnya adalah dengan menggunakan pakaian yang ringan dan mudah menyerap keringat. Selain itu, kamu juga disarankan menggunakan pakaian dengan warna yang lebih cerah, hal itu disebabkan pakaian yang berwarna lebih terang mampu memantulkan sinar matahari. Sehingga kamu akan merasa lebih sejuk dan keringat dapat terserap dengan baik.

Namun, yang dikhawatirkan adalah keringatmu akan terlihat jika menggunakan pakaian terang. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan outer, supaya keringat tidak terlihat dari luar.

3. Rutin Minum Air Putih

rutin minum air putih

Kita sudah mengetahui bahwa air putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, air putih juga merupakan salah satu cara mengatasi keringat berlebihan loh. Hal itu dikarenakan jika kita rutin minum air putih , akan membantu mendinginkan tubuh dan mengurangi keringat.

Ada cara mudah untuk memastikan kamu mencukupi kebutuhan air putih yaitu, delapan gelas per hari atau setara dengan dua liter. Kamu juga harus menghindari meminum yang memiliki kafein atau beralkohol. Sebab keduanya dapat memicu detak jantung dan meningkatkan temperatur sehingga kamu akan berkeringat.

4. Menghindari Makanan Yang Pedas, Berlemak, dan Asin

makanan pedas

Jika kamu sangat menyukai makanan diatas disarankan untuk mengurangi atau meninggalkan sejenak untuk mengatasi keringat berlebihmu. Ketika kamu mengonsumsi makanan pedas, detak jantung suhu tubuh akan meningkat. Inilah yang menyebabkan kamu mudah berkeringat ketika mengonsumsi makanan pedas.

Di sisi lain, tubuh juga membutuhkan lebih banyak energi untuk memproses makanan berlemak. Ketika tubuh bekerja lebih, suhu tubuh akan meningkat dan menyebabkan kamu berkeringat. Sama halnya dengan makanan berlemak, tubuh juga membutuhkan lebih banyak energi untuk memproses makanan yang terlalu asin. Oleh karena itu, kamu perlu menghindari beberapa makanan di atas, dan beralih ke makanan yang mengandung banyak air seperti sayur sop dan buah.

5. Menggunakan Produk Yang Mengandung Antiperspirant

Antiperspirant

Mungkin dari beberapa Sobat Natha masih asing dengan antiperspirant. Antiperspirant adalah zat yang ampuh memperlambat kerja kelenjar keringat sehingga produksi keringat akan berkurang.

Pada umumnya antiperspirant hanya digunakan di ketiak, namun antiperspirant juga dapat digunakan di bagian tangan, kaki, dan juga wajah. Kamu bisa menemukan zat ini di beberapa jenis deodoran. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakanlah antiperspirant setelah mandi di saat tubuh kamu sudah kering.

Ini dia lima cara mengatasi keringat berlebih pada tubuh. Setelah mengetahuinya, semoga kamu dapat mengikuti beberapa cara diatas supaya kamu lebih percaya diri dalam beraktivitas. Semoga bermanfaat!

 

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.