jerawat di hidung

Jerawat di Hidung Bikin Gak PD? Begini Cara Mengatasinya!

Jerawat di hidung terkadang membuat kita tidak percaya diri dengan penampilan. Lantaran karena tempatnya yang sangat terlihat. Oleh karena itu, kamu bisa mengatasi dengan cara dibawah ini ya!

Selain muncul di sekitar wajah dan punggung, jerawat juga dapat muncul pada bagian hidung. Penyebabnya adalah penumpukan sel kulit mati yang akhirnya menyumbat pori-pori dan membuat produksi sebum berlebih. Apa sebenarnya penyebab munculnya jerawat pada hidung dan bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Jerawat di Hidung

Sebagian besar jerawat di hidung mudah untuk diatasi. Namun alangkah baiknya, kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit agar penanganannya lebih efektif.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan yang telah kami rangkum pada laman sehatq.com:

Gunakan essential oil

Essential oil dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman setelah mengoleskan atau menghirup essential oil. Tapi sebelum menggunakannya, kamu harus memastikan bahwa kamu tidak memiliki alergi terhadap essential oil tersebut. Alangkah baiknya  juga kamu memilih essential oil dengan kandungan yang tidak terlalu keras. Berbagai minyak esensial yang aman digunakan, antara lain tea tree oil, neem oil, cinnamon oil, atau rosemary oil. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan minyak pelarut (carrier oil), seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

Kompres dengan air hangat

Mengompres hidung dengan kapas atau kain yang dibasahi air hangat dapat menjadi cara  mengatasi jerawat pada bagian hidung.  Dengan menggunakan air hangat, hal ini bisa membantu meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman akibat munculnya jerawat. Kamu dapat menggunakan kapas, kain, atau handuk bersih yang telah dibasahi air hangat selama 15-20 menit, sebanyak 3 kali sehari.

Baca Juga : Cara Mengatasi Jerawat Punggung

Mengoleskan salep jerawat

Salah satu cara mengatasi jerawat di hidung adalah dengan mengoleskan salep jerawat. Kandungan antiseptik atau retinoid dapat mengobati jerawat dalam hidung. Kamu juga dapat menggunakan salep jerawat yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida yang dapat membersihkan pori-pori agar lebih bersih dan mengurangi tampilan jerawat.

Jangan lupa, kamu juga konsultasikan dahulu dengan dokter kulit untuk mendapatkan salep oles yang sesuai dengan jenis jerawat dalam hidungmu.

Hindari menyentuh hidung

Hindari menyentuh bagian dalam hidung juga termasuk salah satu cara pencegahannya. Sebab, menyentuh bagian hidung, terutama tanpa membersihkan jari tangan, dapat meningkatkan risiko pori-pori tersumbat hingga infeksi bakteri.

Minum antibiotik

Jika penyebab timbulnya jerawat di bagian hidung karena infeksi bakteri kamu dapat menggunakan obat antibiotik, seperti bacitracin atau mupirocin. Tapi alangkah baiknya, kamu juga harus berkonsulatasi ke dokter kulit agar penangannya lebih tepat!

Itu dia beberapa cara mengatasi jerawat di hidung yang dapat kamu lakukan. Jangan lupa untuk selalu menjaga Kesehatan kulit tubuhmu juga dengan produk dari Soraba ya!

 

#hilangkanjerawat #caramengatasijerawat #menyembuhkanjerawat #memencetjerawat #skincare

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.