Kandungan skincare yang berbahaya untuk ibu hamil

Catat! Kandungan Skincare Yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Saat ini produk skincare memang menjadi hal wajib bagi banyak wanita. Selain untuk menjaga penampilan, beberapa produk skincare memang terbukti dapat menjaga kesehatan. Namun, Merawat kulit saat hamil tentu tidak sama dengan merawat kulit secara umum. Ada beberapa kandungan skincare yang berbahaya untuk ibu hamil.

Daftar pantangan lain yang tidak kalah penting adalah bahan skincare yang berbahaya ketika digunakan di masa kehamilan.

Kandungan Skincare Yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Mengutip Official Publications of The College of Family Physicians of Canada, seorang wanita mengalami banyak perubahan fisiologis selama kehamilan, termasuk peningkatan kadar androgen.

Hal ini yang dapat menyebabkan perkembangan acne vulgaris dan peningkatan pertumbuhan rambut di berbagai bagian tubuh. Pastinya ibu hamil ingin mencoba berbagai kandungan untuk menghilangkan jerawat ataupun masalah kulit yang terjadi pada masa kehamilan. Sebenarnya tidak masalah, namun harus diperhatikan kandungannya ya sebelum memilih skincare.

Ada beberapa kandungan skincare yang berbahaya untuk ibu hamil karena dapat membahayakan kondisi janin. Simak ya !

1. Retinoid

kandungan skincare
Ilustrasi produk skincare/ Foto: Freepik

Retinoid adalah substansi kuat yang biasa ditemukan di pelembap antiaging dan obat untuk jerawat, masalah pigmentasi dan psoriasis. Retinoid merupakan salah satu bentuk vitamin A yang mempercepat pembelahan sel. Meski berfungsi baik untuk kulit, para ahli menyarankan untuk menghindari skincare yang mengandung retinol karena dapat mengakibatkan cacat pada janin.

2. Paraben

Produk skincare paraben
Ilustrasi produk skincare/ Foto: Freepik

 

Paraben biasanya digunakan sebagai pengawet dalam berbagai produk kosmetik dan berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri atau jamur berbahaya. Sebuah studi menyebutkan bahwa paparan paraben dapat menyebabkan gangguan proses metabolisme pada janin hingga dia dewasa.

Baca Juga : Mengenal Istilah Paraben Pada Skincare

3. Phthalates

menggunakan skincare
Ilustrasi wanita pakai skincare/ Foto: Freepik

Phthalates adalah bahan kimia pengganggu endokrin yang ditemukan di banyak produk kecantikan. Dalam penelitian pada hewan, disfungsi reproduksi dan hormon yang serius telah dikaitkan dengan paparan phthalates. Penelitian terhadap manusia pun melihat kondisi yang sama. American Academy of Pediatrics melihat adanya potensi bahan ini untuk mengganggu kesehatan reproduksi manusia. Produk turunan phthalates adalah diethyl phthalate (DEP). Produk ini biasanya terkandung dalam berbagai produk kecantikan.

4. Benzoil peroksida

Kulit berjerawat
Ilustrasi wanita pakai skincare/ Foto: Freepik

Benzoil peroksida adalah bahan yang efektif digunakan pada produk skincare untuk mengatasi masalah jerawat. Tetapi Ketika sedang hamil bahan ini bisa membahayakan janin.

Kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil ini harus dihindari karena ketika diserap kedalam kulit, dapat berisiko pada janin. Serta kandungan ini termasuk ke dalam kategori C, yaitu kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil.

5. Hydrokuinon

kandungan skincare
Ilustrasi wanita pakai skincare/ Foto: Freepik

Kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil selanjutnya adalah hydrokuinon. Bahan ini biasanya digunakan sebagai agen pencerah kulit dalam serum dan krim pencerah wajah yang digunakan untuk mengobati kondisi seperti bintik hitam dan melasma.

Dr. Queller mengatakan, “Sebaiknya menggunakan hydroquinone pada saat sebelum hamil atau jika ingin memakai untuk mengobati bercak-bercak gelap pada kulit yang bisa terjadi selama kehamilan penggunaan bahan ini harus dihindari sampai bayi lahir.”

Penelitian telah menunjukkan bahwa sebanyak 45 persen dari bahan ini diserap dalam kulit setelah aplikasi topikal.

Namun, meski belum ada penelitian tentang efek hidrokuinon pada janin, ada terlalu banyak bahan kimia dalam aliran darah yang mungkin berisiko mempengaruhi janin.

6. Sunscreen

sunscreen
Ilustrasi wanita pakai sunscreen/ Foto: Freepik

Sunscreen atau Tabir surya memang salah satu produk yang wajib dipakai untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Namun, selama kehamilan, penting untuk lebih memperhatikan kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Baca Juga : Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Avobenzone, homosalate, octisalate, octocrylene, oxybenzone, oxtinoxate, menthyl anthranilate, dan oxtocrylene adalah bahan-bahan dalam tabir surya yang sebaiknya dihindari. Kandungan sunscreen yang aman untuk ibu hamil misalnya seng oksida dan titanium dioksida.

Itu dia  kandungan skincare yang berbahaya untuk ibu hamil. Jika masih ragu, kamu bisa langsung berkonsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut ya!

 

Sharing is Caring

2 thoughts on “Catat! Kandungan Skincare Yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil”

  1. Pingback: 8 Gerakan Senam Untuk Ibu Hamil & Manfaatnya - Natha Jaya Makmur

  2. Pingback: Ini Dia, Kandungan Skincare Yang Berbaha Untuk Ibu Hamil - Cara Mengembangkan Dunia Bisnis

Leave a Comment

Your email address will not be published.