Makanan pengganti nasi

Makanan Pengganti Nasi Ini Cocok Untuk Kamu Yang Sedang Diet

Sobat Natha, ingin tahu bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa menyiksa diri? Tenang saja, kamu cukup cari makanan pengganti nasi untuk diet yang dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan.

Beberapa makanan pengganti nasi ini mampu mempengaruhi proses penurunan berat badan lebih efektif dan aman. Kamu dapat memilih jenis pengganti nasi untuk menurunkan berat badan yang rendah kalori dan karbohidrat.

Makanan Pengganti Nasi Untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut ini adalah deretan makanan pengganti nasi untuk menurunkan berat badan yang dapat kamu coba campurkan dengan lauk harian agar menambah cita rasa serta mengenyangkan:

Kembang Kol

Merangkum dari beberapa sumber, kembang kol ternyata bisa menjadi makan pengganti nasi untuk diet. Hal ini dikarenakan kembang kol sangat bergizi dan sarat akan folat, vitamin K, dan serat.

Selain itu, kembang kol juga rendah kalori. Satu porsi atau 1/2 cangkir (57 gram) kembang kol hanya memiliki 13 kalori dibandingkan dengan porsi nashi putih yang sama sebesar 100 kalori.

Kembang kol juga rendah karbohidrat yang cocok dipasangkan dengan menu lauk apa pun. Kembang kol kaya akan serat, vitamin C, K, folat, potasioum, dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Mashed Potato

makanan pengganti nasi

Mashed potato adalah makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai pengganti nasi. Cara pembuatannya juga mudah, yaitu rebus kentang dan di haluskan. Kemudian kamu bisa mengonsumsi bersama sedikit garam dan lada agar rasa lebih lezat.

Talas

makanan pengganti nasi

Talas termasuk makanan pengganti nasi untuk menurunkan berat badan yang baik kamu konsumsi saat diet. Talas kaya akan serat hingga 78% pati. Tidak hanya itu, talas juga kaya akan karbohidrat, protein, vitamin C, kalsium, dan zinc.

Brokoli

Brokoli untuk diet

Brokoli dapat kamu jadikan makanan alternatif pengganti nasi karena rendah karbohidrat atau kalori. Kandungan nutrisinya mirip dengan kembang kol, 1/2 cangkir (57 gram) mengemas sekitar 15 kalori dan 2 gram serat.

Brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

Baca Juga : Lagi Diet ? Ini Jenis Camilan Yang Gak Bikin Gemuk

Quinoa

quinoa untuk diet

Sobat Natha mungkin agak asing dengan nama ini. Quinoa termasuk biji-bijian yang juga bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk menurunkan berat badan loh. Quinona bebas gluten dan jauh lebih tinggi proteinnya dibanding nasi putih. Faktanya, satu porsi atau 1/2 cangkir (92 gram) quinoa matang menyediakan 4 gram protein, dua kali lipat jumlah yang ditemukan dalam porsi nasi putih yang sama.

Kubis

kubis untuk diet

Selanjutnya adalah kubis. Makanan ini biasa dijadikan camilan untuk diet karena rendah kalori dan karbohidrat. Mengutip Medical News Today, kubis mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan. Kubis kaya akan kalsium, senyawa bioaktif, dan vitamin C serta E.

Penelitian menunjukkan kubis bisa melindungi tubuh dari kolesterol tinggi, masalah hati, pankreatitis, dan penyakit jantung. Jadi, kubis tidak hanya bagus menjadi makanan untuk diet.

Ubi

ubi untuk diet

Yang terakhir adalah Ubi. Makanan ini sudah dikenal sejak lama sebagai makanan untuk diet. Ubi kaya akan karbohidrat, serat, dan mineral serta dapat membantu melawan penyakit kronis, seperti jantung dan kanker.

100 gram ubi mentah mengandung 86 kalori, 1,6 gram protein, 20 gram karbohidrat, dan 3 gram serat total. Kamu juga bisa memasak ubi sebagai pengganti nasi untuk diet dengan cara merebus, kukus, atau digoreng juga nikmat.

Sudahkah kamu mencobanya di rumah?

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.