makanan yang mengandung kolagen

9 Makanan Yang Mengandung Kolagen Untuk Kebaikan Kulit

Kolagen adalah jenis protein berserat dan tak larut yang jumlahnya paling berlimpah dalam tubuh manusia. Protein ini berfungsi memberi struktur, elsatisitas dan peregangan pada kulit. Kolagen juga dimanfaatkan mengencangkan Kembali kulit agar terlihat muda. Seiring bertambahnya usia, umumnya manusia menghasilkan lebih sedikit kolagen pada kulit. Faktanya, mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tidak akan meingkatkan kadar kolagen pada kulit tetapi kamu bisa konsumsi 9 makanan yang mengandung kolagen untuk kebaikan kulit yang akan kita bahas pada artikel dibawah ini. Apa saja sih makanannya?

  1. Ayam

makanan yang mengandung kolagen

 

Ada alasan mengapa banyak suplemen kolagen berasal dari ayam. Daging putih favorit banyak orang ini pasalnya terbukti mengandung banyak nutrisi. Jika kamu pernah melihat/memotong ayam utuh, kamu mungkin pernah memperhatikan berapa banyak jaringan ikat yang terkandung. Jaringan ini menjadikan ayam sumber kolagen. Ayam juga kaya akan kandungan asam amino non esensial yang dapat digunakan tubuh untuk meningkatkan jumlah kolagen yang dihasilkan.

  1. Ikan

makanan mengandung kolagen

Ikan merupakan salah satu sumber protein dan kolagen yang tinggi. Ikan juga mengandung lemak sehat omega-3 yang diperlukan tubuh untuk menjaga kulit dari penuaan. Beberapa contoh ikan yang mengandung kolagen tinggi adalah salmon, tuna, dan makarel.

  1. Jeruk

buah jeruk

Jeruk terkenal kaya akan vitamin C. Buah-buahan seperti anggur, lemon, dan jeruk sangat terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini merupakan komponen kunci bagi tubuh untuk mensintesis kolagen.

Baca Juga : 9 Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

  1. Buah Beri

buah beri

Selain jeruk, buah-buahan beri, seperti strawberry, blueberry, dan raspberry juga kaya akan vitamin C yang krusial untuk membuat kolagen dalam tubuh.

Selain itu, buah beri juga kaya antioksidan yang bisa melindungi kulitmu dari kerusakan akibat paparan radikal bebas berlebih.

  1. Sayuran Hijau

sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam dan daun kale, juga menjadi makanan yang banyak mengandung kolagen. Ini karena sayuran hijau memiliki kandungan klorofil yang tinggi. Klorofil sendiri merupakan komponen yang dapat memicu produksi kolagen untuk kulit.

  1. Tomat

tomat

Makanan yang mengandung kolagen berikutnya adalah tomat. Tomat kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan, satu buah tomat ukuran sedang sudah bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C hingga 30%. Buah ini juga mengandung likopen, yaitu antioksidan yang akan melindungi kulit sehat kamu dari kerusakan.

  1. Kacang-kacangan

Untuk mendapatkan kolagen yang cukup, maka kamu juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi dari sumber protein yang cukup pula.

Selain daging, kacang-kacangan juga bisa jadi sumber protein yang baik untuk tubuh, terutama bagi kamu yang seorang vegetarian.

  1. Jambu Biji

makanan yang mengandung kolagen

Makanan yang banyak mengandung kolagen selanjutnya adalah jambu biji. Jambu biji mengandung zinc, mineral yang penting untuk pembentukan kolagen di tubuh. Selain jambu biji, buah tropis lain seperti nanas, mangga, dan kiwi juga dapat memberikan manfaat yang sama untuk kesehatan kulit.

  1. Kacang Kedelai

Apabila kamu suka mengkonsumsi kacang kedelai, mungkin kamu memiliki kulit yang sehat dan cerah. Kacang kedelai mengandung genistein yang mampu meningkatkan pembentukan kolagen dalam tubuh. Selain itu kacang kedelai juga mengandung lisina yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dan pembentukan hormon.

Sharing is Caring

3 thoughts on “9 Makanan Yang Mengandung Kolagen Untuk Kebaikan Kulit”

  1. Pingback: 7 Makanan Untuk Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap - Natha Jaya Makmur

  2. Pingback: Tips Mendapatkan Kulit Sehat dan Bercahaya - Natha Jaya Makmur

  3. Pingback: Kulit Kering Saat Puasa? Tenang! Kamu Bisa Lakukan Hal Ini - Natha Jaya Makmur

Leave a Comment

Your email address will not be published.