manfaat bunga kenanga

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kecantikan. Kamu Wajib Coba!

Bunga kenanga atau yang biasa kita kenal dengan ylang ylang adalah bunga yang biasa digunakan untuk aromateraphy. Tapi, jika dibuat minyak esensial, ternyata memiliki banyak manfaat loh. Nah, pada artikel ini, Natha akan membahas manfaat bunga kenanga untuk kecantikan. Simak ya!

Bunga kenanga identik dengan warna kuning dan tumbuh subur di negara sekitar samudra Hindia, seperti Filipina, India, Malaysia, dan juga Indonesia. Aroma bunga yang dikenal dengan nama Ylang- ylang ini sangat segar karena wanginya campuran antara wangi buah dan wangi bunga.

Selain dimanfaatkan karena aromanya yang segar, bunga kenanga juga dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan dari sejak dulu. Terutama dalam pengobatan Ayurveda yang selalu menggunakan bahan-bahan alam.

Manfaat Bunga Kenanga untuk Kulit

Lalu, apa saja manfaat bunga kenanga untuk kecantikan? Berikut ini adalah beberapa diantaranya yang sudah Natha lansir dari berbagai sumber.

Melembabkan Kulit

Minyak alami dari bunga kenanga sangat ampuh untuk membantu melembabkan kulit wajah yang kering. Minyak bunga kenanga memiliki kandungan senyawa alami seperti asam benzoat, geraniol, dan farsenol, yang mampu menutrisi kulit sehingga tampak lebih lembap. Jika kamu menggunakan secara rutin, kulit wajahmu juga akan lebih elastis dan tampak awet muda.

Sebagai Anti-Aging

Melansir dari laman website Popmama, bunga Kenanga atau Ylang-ylang biasanya dijadikan minyak esensial yang banyak digunakan untuk kecantikan. Minyak ini populer untuk menjaga kesehatan kulit dan juga mencegah kerutan.

Selain itu, Ylang-ylang juga menunjukkan peran dalam melawan perkembangan kanker kulit melanoma. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak Ylang-ylang yang berkualitas tinggi bisa berperan sebagai terpenoid.

Terpenoid merupakan senyawa yang bisa menghambat proliferasi dan metastasis sel kanker melalui berbagai mekanisme.

Mengatasi Jerawat

Bunga kenanga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kulit berjerawat dan mempercepat penyembuhannya. Tentu saja jerawat adalah suatu permasalahan kulit yang membuat kepercayaan diri seseorang dapat menurun. Apalagi jika disertai peradangan jerawat yang membuat wajah memerah.

Cara mengatasi jerawat menggunakan minyak dari bunga kenanga ini kamu dapat mengoleskan di area kulit yang tumbuh jerawat, untuk membantu mengeringkan jerawat membandel, mengurangi kemerahan di wajah, membunuh bakteri jerawat dan memudarkan bekas jerawat di wajah.

Baca Juga : Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kulit. Pernah Coba?

Mencegah Infeksi Jamur dan Bakteri

Infeksi jamur dapat muncul di kulit tubuh atau wajah. Salah satu infeksi jamur yang biasa diderita adalah panu. Kalau kulit terinfeksi jamur, biasanya menimbulkan bercak warna putih di kulit, dan kulit menjadi kering dan ruam disekitar kulit yang tumbuh jamur.

Baca Juga : Manfaat Buah Carica Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Pada bunga Kenanga memiliki kandungan linalool yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Menurut hasil penelitian, kandungan ini efektif untuk meredakan infeksi jamur Candida albicans.

Kamu juga bisa merasakan manfaat bunga kenanga untuk kecantikan kulit. Caranya, kamu hanya perlu mencampurkan minyak bunga kenanga dengan luluran sebelum diaplikasiakan pada tubuh. Setelah itu, oleskan ke seluruh tubuh sambil dipijat dan digosok secara halus dan lembut.

Rajin mengaplikasikan campuran minyak bunga kenanga dan lulur pada kulit dapat membantu mencerahkan, meregenerasi dan membuat kulit lebih lembut. Selain itu, penambahan minyak bunga kenanga juga dapat mengurangi terjadinya iritasi pada kulit.

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Rambut

Tak hanya untuk kulit tubuh dan wajah, manfaat bunga kenanga juga dapat menyehatkan kulit kepala loh, Sobat Natha. Kulit kepala yang tidak sehat akan mengakibatkan timbulnya ketombe, rambut kusam dan kering, lepek, dan  juga bau. Pastinya, hal ini akan mengganggu penampilan, kan?

Minyak bunga kenanga bisa kamu gunakan sebagai masker rambut. Minyak dari bunga kenanga ini akan membantu menghilangkan ketombe, menjadikan kulit kepala lebih sehat, dan membuat rambut menjadi lebih harum.

Sharing is Caring

2 thoughts on “Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kecantikan. Kamu Wajib Coba!”

  1. Pingback: Manfaat Buah Carica Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit - Natha Jaya Makmur

  2. Pingback: Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kecantikan Kulit - Buka Karya

Leave a Comment

Your email address will not be published.