Manfaat niacinamide

Mengenal Manfaat Niacinamide Untuk Perawatan Kulit!

Banyak sekali manfaat Niacinamide yang perlu kamu ketahui. Niacinamide adalah salah satu bahan dari skincare yang paling banyak digunakan oleh beberapa brand perawatan kulit saat ini. Kandungan ini dipercaya mampu mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori wajah, hingga mengurangi garis halus dan kerutan di wajah. Meski ada berbagai kandungan skincare yang juga dianggap membantu dalam merawat kulit, namun niacinamide menjadi populer belakangan ini.

Niacinamide bekerja dengan menghambat pelepasan zat kimia yang memicu reaksi peradangan di dalam tubuh. Senyawa ini juga memperlambat proses perpindahan butir pigmen (zat pemberi warna) ke dalam sel-sel kulit sehingga kulit tampak lebih cerah.

Lalu, bagaimana fungsi dan manfaat kandungan dari vitamin ini dalam produk skincare? Yuk kita kenali terlebih dahulu tentang kandungan niacinamide itu sendiri.

Manfaat Niacinamide dalam Perawatan Kulit dan Wajah

Ada beberapa manfaat niacinamide untuk kesehatan kulit, antara lain:

  1. Mengatasi jerawat

Mengoleskan krim yang mengandung niacinamide ke wajah dapat mengatasi jerawat, termasuk jerawat parah jenis pustula dan papula. Zat ini juga dapat memperbaiki kondisi kulit wajah bruntusan apabila digunakan secara rutin. Manfaat ini akan lebih optimal, jika dikombinasikan dengan retinol.

Selain jerawat, niacinamide juga bisa mengobati gangguan kulit lain, seperti eksim dan rosacea.

Baca Juga : Arti Letak Jerawat dan Cara Pencegahannya

  1. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Selain mengatasi jerawat, manfaat niacinamide mampu melindungi kulit dari radikal bebas, sinar ultraviolet matahari, polusi, dan zat berbahaya juga menjadi salah satu manfaat niacinamide. Tak hanya itu, niacinamide juga memiliki efek antioksidan dan dapat memperbaiki DNA yang rusak.

Baca Juga : Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur

Baca Juga : Mengenal Istilah Paraben Pada Skincare

  1. Mengurangi Garis Halus dan Keriput

Selanjutnya, manfaat niacinamide adalah mengurangi garis halus dan keriput. Apabila wajah kamu mulai muncul keriput dan garis halus, cobalah gunakan produk perawatan wajah yang mengandung niacinamide. Menurut penelitian, menggunakan produk peratawan wajah dengan kandungan niacinamide sebanyak 5% dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk garis halus dan keriput.

  1. Mengatur Produksi Minyak Alami Wajah

Niacinamide memiliki kemampuan control sebum. Dengan mengontrol produksi minyak dengan baik, kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan terhindar dari risiko munculnya jerawat akibat dari produksi minyak berlebih.

  1. Mengatasi Hiperpigmentasi

Hipermigmentasi adalah kondisi munculnya bercak atau noda gelap pada kulit akibat produksi pigmen melanin yang berlebihan, khususnya saat kulit terkena paparan sinar matahari. Menggunakan produk perawatan dengan niacinamide dapat memperlambat proses perpindahan melanin pada epidermis akibat sinar UV ini. Dengan begitu risiko pembentukan hiperpigmentasi pun akan berkurang.

  1. Mencegah Melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang bisa muncul pada sel penghasil melanin, yaitu sejenis pigmen pemberi warna kulit. Kanker kulit melanoma bisa dikatakan sebagai kerusakan sel akibat paparan sinar UV. Untuk mencegahnya, kamu bisa gunakan skin care berbahan niacinamide atau mengkonsumsi suplemen. Kandungan niacinamide dipercaya dapat meningkatkan perbaikan DNA pada kulit yang telah rusak karena paparan sinar UV.

 

Sharing is Caring

1 thought on “Mengenal Manfaat Niacinamide Untuk Perawatan Kulit!”

  1. Pingback: Mengenal Kandungan Peptide Dalam Skincare Untuk Anti-Aging - Natha Jaya Makmur

Leave a Comment

Your email address will not be published.