penyebab perut buncit

6 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Perut Buncit, Kamu Pernah?

Perut buncit memang menjadi masalah bagi setiap orang karena dapat mengurangi rasa percaya diri dan mengganggu penampilan. Tidak hanya itu, permasalahan ini juga berkaitan dengan Kesehatan karena dapat memicu obesitas dan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung serta penyakit kronis lainnya. Namun, apakah kamu tau apa saja penyebab perut buncit pada setiap orang? Yuk, simak.

Penyebab utama perut buncit yaitu adanya penumpukan lemak di perut, atau biasa disebut lemak viseral. Memiliki perut yang terlihat buncit tentu saja menjadi suatu hal yang sangat dihindari oleh sebagian besar orang, terutama wanita. Hal ini dikarenakan banyak sekali wanita yang merasa  tidak percaya diri dengan penampilannya saat terlihat buncit. Tidak heran jika banyak sekali wanita yang termotivasi untuk melakukan diet ketat hanya untuk mengecilkan perut yang buncit agar tubuh jadi terlihat lebih ideal. Sebaiknya, kamu tidak hanya mencari solusi untuk mengecilkan perut buncit saja, kamu juga harus mencari tahu apa penyebabnya. Berikut ini penyebab perut buncit pada wanita, simak yuk.

1. Mengonsumsi Makanan Berlemak

penyebab perut buncit

Lemak adalah sumber energi utama tubuh, selain karbohidrat dan protein. Tidak hanya itu saja, manfaat lemak juga terdapat pada proses penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K. Namun, kamu juga harus lebih bijak dalam menentukan jumlah lemak yang dibutuhkan tubuh per harinya. Jangan sampai makanan yang kamu konsumsi setiap kalinya mengandung lemak yang berlebih karena lemak yang terlalu banyak masuk ke tubuh dapat tertimbun dan itulah yang menjadi salah satu faktor penyebab perut buncit pada wanita.

2. Kurang Tidur Malam

penyebab perut buncit yaitu insomnia

Untuk kamu yang suka terjaga pada malam hari, entah karena pekerjaan atau memang mengalami kesulitan tidur, sehingga menjadi kurang tidur mungkin perlu berhati-hati. Hal ini karena kurang tidur bisa menjadi kebiasaan yang membuat perut kamu buncit.

Bahkan temuan ini telah dibuktikan melalui penelitian dari Journal of clinical sleep medicine. Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa durasi tidur yang singkat dapat menambah berat badan.

Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kelebihan lemak perut yang menyebabkan perut menjadi buncit. Ada kemungkinan juga kurang tidur dapat membuat kamu merasa lapar yang berlebihan sehingga lebih banyak makan yang mungkin berkontribusi terhadap lemak pada perut.

3. Makan Cemilan di Malam Hari

penyebab insomnia

Menonton film atau drama pada malam hari memang hal yang paling mengasyikan bagi setiap wanita. Apalagi sambal ngemil dan mengunyah sesuatu. Nah, kebiasaan ngemil di malam hari ternyata kurang baik loh! Apalagi jika dilakukan secara rutin dalam jumlah yang tidak sedikit karena dapat menyebabkan perut jadi buncit dengan cepat. Jadi, jika kamu merasa lapar di malam hari sebaiknya pilihlah makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan segar. Karena cemilan yang tidak sehat juga sering menjadi salah satu faktor penyebab perut buncit yang sering kali dilupakan.

4. Mengkonsumsi Makanan Mengandung Pemanis Buatan

makanan yang mengandung pemanis buatan

Sekarang memang banyak sekali jenis makanan atau bahkan minuman yang menggunakan bahan pemanis buatan agar rasa dari makanan atau minuman tersebut jadi lebih enak dan nikmat. Padahal, sebaiknya kamu harus menghindari makanan atau minuman dengan pemanis buatan ini karena dapat mengganggu kesehatan pada sistem pencernaan. Makanan atau minuman dengan pemanis buatan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan usus tidak dapat mencernanya dengan baik sehingga lemak yang terdapat pada makanan atau minuman itu mengendap sehingga menyebabkan perut jadi terlihat buncit.

Baca Juga : 7 Makanan Untuk Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap

5. Makan dengan Porsi Berlebihan

penyebab perut bunci makan berlebihan

Setiap hari tubuh kita perlu asupan nutrisi dan tenaga yang berasal dari makanan yang kita makan. Sehingga penting sekali bagi kamu untuk menjaga pola makanmu di setiap harinya. Umumnya, manusia memerlukan asupan makanan minimal tiga kali dalam sehari. Jika kamu tidak ingin memiliki perut buncit, sebaiknya perhatikan jumlah atau porsi makanan yang kamu makan setiap harinya. Pastikan porsi makanan yang kamu konsumsi itu tidak berlebihan, karena makan dalam jumlah terlalu banyak dapat menyebabkan perut buncit.

6. Jarang Berolahraga

penyebab perut buncit jarang olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat baik jika dilakukan secara rutin. Selain bagus untuk kesehatan, olahraga secara rutin dapat membenbentuk tubuh dalam kondisi yang ideal dan tidak gemuk. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu membakar lemak berlebih dalam tubuh sehingga perut menjadi rata dan jauh terlihat lebih menarik. Karena itu, biasakanlah untuk selalu berolahraga jika kamu memiliki waktu luang atau hari libur untuk mencegah perut menjadi buncit. Cukup dengan melakukan olahraga yang ringan seperti berjalan di sekitar rumah atau melakukan senam pada pagi hari secara rutin untuk menjaga tubuh menjadi ideal.

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.