Perbedaan body lotion

Perbedaan Body Lotion dan Body Serum. Jangan Sampai Salah Ya!

body lotion dan body serum memiliki manfaat sebagai mempertahankan kesehatan dan cantikan kulit, namun keduanya ternyata memiliki perbedaan dari segi tekstur dan manfaatnya. Nah, kali ini Natha akan membahas perbedaan body lotion dan body serum yang akan dijelaskan dibawah ini. Simak ya!

Sama halnya dengan kulit wajah, kulit tubuh juga memerlukan perawatan yang baik agar kesehatannya terjaga dan terhindar dari permasalahan kulit. Kamu dapat menggunakan produk body care untuk menjaga kesehatan kulit tubuhmu. Beberapa yang yang bisa kamu gunakan antara lain seperti body lotion dan body serum.

Body Lotion dan Body Serum

Faktanya, masih banyak yang mengira bahwa keduanya adalah produk yang serupa, padahal beda loh Sobat Natha. Dibawah ini Natha akan membahas sedikit tentang body lotion dan body serum secara singkat

Body Lotion

Body lotion adalah produk oerawatan kulit yang memiliki fungsi utama sebagai menjaga kelembaban pada permukaan kulit. Biasanya, pada body lotion memiliki kandungan SPF yang berfungsi selain melembabkan tetapi juga melindungi kulit. 

Body lotion memiliki tekstur yang agak encer, hal ini bertujuan agar semua kandungan lebih cepat terserap oleh kulit saat digunakan. Produk ini digunakan untuk perlindungan dari cuaca yang panas atau iklim yang lembab.

Body Serum

Meskipun belum sepopuler body  lotion, saat ini sudah banyak brand – brand kecantikan yang mulai mempopulerkan penggunaan body serum dalam rangkaian perawatan tubuh.

Pengertian lain dari body serum adalah salah satu produk body care yang mengandung sejumlah bahan aktif di dalamnya dan berfungsi untuk melembabkan dan menutrisi kulit.

Seperti yang sudah disebutkan sebelunya, body serum selain dapat dimanfaatkan sebagai pelembab dan menghidrasi kulit, fungsi body serum bisa lebih beragam jika dibandingkan dengan body lotion.

Produk body serum biasanya di formulasikan secara khusus berdasarkan skin concerns. Sama halnya dengan serum wajah, pada body serum memiliki kandungan active ingredients dengan konsentrasi tinggi.

Tekstur pada body serum juga jauh lebih cair jika dibandingkan dengan body lotion, sebab umumnya produk ini terbuat dari bahan berbasis air.

Teksturnya yang ringan dan water based membuat body serum jauh lebih mudah untuk menyerap ke dalam kulit. Body serum sangat cocok untuk Sobat Natha yang kurang suka dengan tekstur lengket dari body lotion.

Baca Juga : Perbedaan Body Mist dan Parfume

Perbedaan Body Lotion dan Body Serum

Setelah mengetahui secara singkat mengenai kedua produk ini, sekarang kita jagu harus mengetahui perbedaan body lotion dan body serum

1. Kandungan dalam Produk

Body serum memiliki active ingredients yang lebih banyak dengan konsentrasi tinggi. Kandungannya antara lain seperti lactic acid, glycolic acid, vitamin dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kulit menjadi kering.

Sementara itu, pada body lotion active ingredients didalamnya lebih rendah karena tujuan utama body lotion adalah melembabkan.

2. Cara Kerja

Cara kerja body serum yaitu melindungi dan menghidrasi kulit. Kandungan body serum yang terdiri atas molekul molekul kecil membuatnya lebih mudah diserap oleh kulit, sehingga mampu merangsang pembentukan barrier alami.

Sedangkan body lotion bekerja dengan sempurna dari bahaya luar seperti debu, sinar matahari, dan lain sebagainya.

Produk ini berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan menciptakan skin barrier. Karena berfokus pada permukaan kulit, itulah yang menyebabkan kulit terasa lengket setelah menggunakan body lotion.

3. Pemakaiannya

Perbedaan body serum dan body lotion berikutnya berdasarkan dari cara pemakaiannya. Cara pakai body lotion lebih mudah karena cenderung ringan dan bisa digunakan oleh semua jenis kulit.

Sedangkan fungsi body serum yang sudah kita sebutkan diatas bahwa lebih focus ke concern kulit sehingga baru terlihat maksimal jika digunakan pada pemilik dengan jenis kulit kering dan kasar. Lalu bagaimana urutan penggunaannya, pakai body serum dulu atau body lotion?

Pemakaian body serum dan body lotion pun juga ada urutannya. Setelah mandi gunakan body serum terlebih dahulu. Baru dilanjutkan dengan body lotion untuk menjaga permukaan kulit.

Body Lotion dan Body Serum Mana yang Lebih Baik?

Setelah mengetahui perbedaanya, pasti diantara Sobat Natha bertanya mana yang lebih antara kedua produk tersebut.

Pada dasarnya, masing-masing produk memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Jika menginginkan untuk memperbaiki kulit tubuh secara menyeluruh dan lebih mendalam disarankan unttuk menggunakan body serum.

Sementara untuk kulit normal tanpa ada permasalahan kulit yang berarti, menggunakan body lotion saja sebenarnya sudah cukup.

Secara garis besar baik body lotion dan body serum memang berbeda meski kurang lebih keduanya sama sama bisa digunakan untuk melembabkan kulit.

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.