Tips Menabung

Tips Menabung Agar Financial Freedom Tercapai!

Tabungan atau dana cadangan memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan keuangan kita. Baik itu untuk dana darurat, atau untuk dana pensiun kita nanti. Namun agar nominal sesuai keinginan kita, kamu bisa mencoba menerapkan bagaimana tips menabung dengan cepat dibawah ini.

Tips Menabung Dengan Benar

Menabung menjadi hal yang penting pada masa sekarang yang tidak jelas kepastiannya. Tujuannya adalah menyiapkan dana darurat ketika kita membutuhkannya. Sayangnya, masih banyak orang yang kesulitan menabung. Padahal beberapa dari mereka memiliki gaji atau penghasilan yang cukup, bahkan terbilang besar. Pada akhirnya, menabung hanya sekedar  resolusi keuangan dari tahun ke tahun  yang tak pernah terwujud. Berikut ini tips menabung dengan benar yang bisa kamu terapkan.

tips menabung

Tetapkan Tujuan Awal Menabung

Tips menabung cepat yang pertama adalah kamu harus menentukan tujuan awal menabung terlebih dahulu. Tanpa adanya motivasi seringkali kita jadi malas-malasan menabung. Jadi kita perlu menetapkan tujuan yang ingin kita capai terlebih dahulu.

Misalnya menabung untuk membeli HP, laptop, kendaraan, atau membeli rumah. Bisa juga menabung untuk mengumpulkan dana darurat atau membuka bisnis sendiri.

Dengan mengetahui tujuan awal menabung, kita jadi lebih fokus dalam mencapai tujuan tersebut karena sudah tahu apa yang akan kita kejar.

Tetapkan Target Nominal dan Waktu Menabung

Setelah mempunyai tujuan yang jelas, selanjutnya mengukur dan menetapkan target nominal dan waktu untuk menabung. Contoh, misalkan menabung 20 juta dalam 1 tahun. Dengan mengetahui jangka waktu dan besaran nominal yang dibutuhkan, kita jadi lebih mudah menyisihkan uang per bulan.

Pisahkan Tabungan dan Uang Belanja di Rekening Berbeda

Setelah menetapkan target nominal dan waktu menabung, kamu juga jangan mencampur semua uang dalam satu rekening. Selain mempermudah kita melihat saldo untuk kebutuhan sehari-hari, memisahkan rekening juga mempermudah kita untuk menahan diri menggunakan uang tabungan dengan cara tidak membawa kartu debit tabungan ketika bepergian. Memisahkan rekening harian dan rekening tabungan merupakan cara menabung cepat yang paling efektif.

Pasalnya, secara psikologis seringkali kita akan merasa memiliki uang yang banyak jika rekening tabungan dan pengeluaran dicampur.

Baca Juga : Rekomendasi Buku Self Love yang Menarik Untuk di Baca!

Ubah Pengeluaran Konsumtif Menjadi Investasi

Potong anggaran konsumtifmu yang tidak terlalu penting menjadi aset atau investasi. Pengertian investasi itu sendiri menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan. Banyak contoh investasi antara lain saham, sukuk, deposito, obligasi, menabung, asuransi, dan reksa dana. Bentuk contoh investasi lainnya yakni pembelian tanah, emas dan perhiasan, bitcoin atau cryptocurrency hingga menjalankan bisnis. Sederhananya, pengertian investasi adalah mengembangkan uang atau aset lain agar memberikan keuntungan di masa mendatang untuk mencapai tujuan tertentu. Kamu dapat memilih jenis investasi diatas sesuai kemampuan dan pemahaman yang kamu miliki ya!

Menggunakan Sistem Tabungan Otomatis

Cara menabung cepat selanjutnya kamu dapat menggunakan system tabungan otomatis, atau auto debit langsung dari rekening. Kita juga bisa menentukan besaran nominal yang ingin disisihkan setiap bulannya untuk diambil secara otomatis.

Sudah banyak juga perbankan di Indonesia yang memfasilitasi produk tabungan otomatis tersebut. Cara ini termasuk ampuh untuk mencegah kita boros atau lupa menabung, bahkan sudah banyak yang melakukannya baik kalangan pelajar sekolah, mahasiswa, hingga karyawan.

Menyimpan Uang Receh

Bagi Sebagian orang mungkin terlihat sepele, namun jangan salah. Uang receh punya nilai yang tinggi jika dikumpulkan dalam waktu yang lama. Ketika ada uang kembalian belanja, uang receh segera simpan dan kumpulkan di tempat yang sudah di aman, seperti celengan. Mengumpulkan uang recehan menjadi salah satu cara menabung cepat yang mudah diterapkan dalam keseharian kita, lho!

Nah, tips-tips diatas adalah beberapa cara menabung cepat yang bisa kamu terapkan dalam keseharian. Intinya untuk mendapatkan nominal yang diinginkan adalah konsisten. Jangan tergiur pada hal-hal yang sifatnya konsumtif, ya!

 

 

 

 

 

 

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.