efek sampin skincare

Stop Pakai Skincare Jika Kamu Mengalami 5 Hal Ini!

Agar wajah terlihat lebih bersih, mulus, dan tanpa noda, kita dapat menggunakan skincare untuk perawatannya. Namun, menemukan skincare yang tepat memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Tidak semua produk perawatan kulit memberikan hasil yang sama bagi penggunanya, missal, apabila produk tersebut digunakan oleh temanmu serta membuat mukanya jadi lembut tetapi jika kamu yang pakai malah menimbulkan jerawat, itu maksudnya produk tersebut tidak sesuai dengan kulitmu. Nah, jika kamu tidak mau menambah permasalahan kulit, lebih baik kamu hentikan penggunaan produk tersebut. Untuk mengetahui jika skincare tersebut tidak cocok untuk kita, kamu dapat memahami sebagian ciri-ciri dibawah ini.

Beberapa reaksi kulit ketika skincare tidak cocok.

1. Rasa Gatal

Kulit gatalRasa gatal merupakan reaksi awal yang paling sering terjadi ketika kulitmu tidak cocok dengan suatu produk. Kulit akan merasa gatal karena sensitivitas formula skincare, misalnya seperti fragrance.

Jika sudah terasa gatal seperti ini, sebaiknya kamu hentikan dahulu penggunaannya agar tidak menambahkan masalah kulit yang lain. Selain itu, produk\ yang mengandung fragrance, biasanya kurang cocok digunakan oleh pemilik jenis kulit yang sensitif dan berjerawat. Jika kulit sudah terasa gatal, usahakan untuk tidak menggaruknya dengan kuku, karena hal itu akan membuatmu kulitmu lecet.

2. Terasa Panas dan Terasa Terbakar 

Kulit terbakarKalau kamu merasakan sensasi terbakar pada wajah setelah memakai produk skincare tertentu, segera cuci kembali wajahmu, dan langkah selanjutnya adalah segera ganti produk skincare tersebut.

Dilansir dari Suara.com bahwa Mayo Clinic, Manjula Jegasothy, MD, dokter kulit dan pendiri Miami Skin Institute menuturkan kondisi ini sering disebut dengan istilah dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah iritasi kulit yang muncul akibat paparan alergen, termasuk bahan kimia atau alami tertentu dalam skincare.

Sensasi menyengat biasanya bertahan pada kulit selama sekitar satu menit. Jika sensasi ini muncul setiap kali habis pakai produk tertentu dan bertahan hingga berhari-hari, sebaiknya stop pemakaiannya. Jangan abaikan hal ini terlebih jika kamu memiliki kulit sensitif.

3. Kulit Kering dan Mengelupas

skincareJika kamu merasa kulitmu kering atau mengelupas ketika menggunakan produk skincare baru, itu adalah hal yang wajar. Biasanya kandungan yang menyebabkan efek samping ini adalah krim yang memiliki kandungan retinoid.

Baca Juga : Gatal Setelah Mandi? Kenali Penyebabnya

Retinoid bekerja untuk memicu pengelupasan sel kulit mati dan mendorong tumbuhnya kolagen baru. Tujuannya, untuk mengurangi tampilan garis halus serta meratakan warna alami kulit. Namun, apabila kandungan ini sampai membuat kulitmu mengelupas secara berlebihan, maka tandanya skincare ini tidak cocok untuk kamu. Jika diteruskan, kulitmu akan mengalami peradangan kronis dan malah mempercepat.

4. Timbul Jerawat Setelah Menggunakan Skincare

skincareIni merupakan gejala yang umum terjadi jika kamu menggunakan produk yang nggak cocok dengan kulit wajah kamu. Jika mengalami jerawat yang muncul dengan jumlah banyak dan sulit hilang, segera hentikan pemakaian skincaremu.

Apa kamu pernah mendengar istilah breakout? Istilah ini biasa digunakan dalam dunia kecantikan ketika kulit mengalami suatu masalah yang cukup parah, biasanya terjadi seusai mencoba produk skincare baru. Ini artinya, kamu mengalami breakout dan produk skincare yang kamu pakai tidak sesuai dengan kulit wajahmu.

5. Wajah Berminyak dan Kusam

Jika kamu merasa kulit wajah  menjadi lebih berminyak dari sebelumnya, bisa jadi itu karena skincare yang sedang kamu pakai sudah bereaksi dan ternyata tidak cocok di kulit wajahmu. Selain menyebabkan lebih berminyak, ternyata membuat wajahmu terlihat semakin kusam. Segera hentikan pemakain produk skincare tersebut, ya.

Sharing is Caring

3 thoughts on “Stop Pakai Skincare Jika Kamu Mengalami 5 Hal Ini!”

  1. Pingback: Gatal Setelah Mandi? Kenali Penyebabnya! - Natha Jaya Makmur

  2. Pingback: Cara Mengatasi Jerawat Punggung dan Penyebabnya! - Natha Jaya Makmur

  3. Pingback: Perbedaan Purging dan Breakout. Jangan Sampai Salah Ya! - Natha Jaya Makmur

Leave a Comment

Your email address will not be published.