Manfaat Aloe vera

Manfaat Aloe Vera Untuk Tubuh Manusia

Sebagian besar masyarakat mengenal aloe vera sebagai tanaman yang berguna untuk merawat kulit. Manfaat aloe vera untuk wajah memang bisa dibilang tidak bisa diragukan lagi. Hal ini dikarenakan, aloe vera atau lidah buaya, memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin A,B,C dan E, serta antioksida yang tinggi sangat baik untuk perawatan kulit dan wajah.

Aloe vera atau lidah buaya juga banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai produk kecantikan. Mulai dari produk perawatan rambut, badan, sampai wajah. Namun sebenarnya, Aloe vera memiliki segudang manfaat yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Apa kamu penasaran? Simak ulasannya berikut.

1. Mengatasi Kulit Kering dan Melembabkan Kulit

Kulit keringMengoleskan lidah buaya ke kulit dapat membantu mengatasi kulit kering. Pasalnya, dalam lidah buaya terkandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk menguatkan lapisan pelindung kulit sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap.

2. Membersihkan Make Up

Kamu yang memiliki kulit sensitif, lidah buaya dapat dijadikan alternatif untuk membersihkan make up tanpa iritasi. Dengan teksturnya yang seperti gel, lidah buaya dapat melarutkan riasan wajah sekaligus melembapkan kulit juga lho!

3. Menutrisi Rambut

Jika rambut kamu kusut dan rontok, kamu bisa menggunakan getah aloe vera untuk mengatasinya. Getah aloe vera mengandung nutrisi yang mampu mengangkat sel kulit mati pada kulit kepala dan juga menutrisi akar rambut kamu. Dengan begitu, rambut pun tumbuh lebih kuat, halus, dan mudah diatur.

Baca juga : Manfaat Aloe Vera Untuk Kulit Wajah

4. Mengatasi Mata Bengkak

Meski perlu diteliti lebih lanjut, ternyata banyak yang meyakini bahwa mengoleskan lidah buaya ke area bawah mata yang bengkak dapat meredakan pembengkakan pada mata. Hal ini diduga karena lidah buaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah, sehingga dapat melancarkan perpindahan cairan yang menumpuk.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Alinejad-Mofrad et al., (2015) melakukan penelitian tentang manfaat aloe vera untuk menurunkan kadar gula darah dengan mengonsumsi jus lidah buaya (Aloe vera) dua sendok makan setiap hari selama dua minggu yang hasilnya dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2. Penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa dengan pola konsumsi yang sama, kadar trigliserida dalam darah dapat diturunkan.

6. Mengurangi Peradangan di Gusi

Selain menurunkan kadar  gula darah, jus lidah buaya dipercaya bermanfaat untuk meredakan peradangan yang terjadi di gusi. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan gusi ini berasal dari kandungan antimikroba dan antibakterinya yang terdapat di dalamnya.

7. Manfaat Aloe Vera Dapat Melancarkan Pencernaan

Yang terakhir ini sudah lama diketahui banyak orang. Lateks/getah pada gel lidah buaya diketahui dapat menjadi obat pencahar. Laksatif atau pencahar adalah makanan atau obat-obatan yang diminum untuk membantu mengatasi sembelit dengan membuat kotoran bergerak dengan mudah di usus.

Namun, dari banyak manfaat Aloe vera yang sudah disebutkan ,  kamu harus lebih bijak dalam memanfaatkannya. Bahkan, kamu disarankan harus berkonsultasi kepada dokter dalam penggunaannya untuk mengatasi suatu masalah tertentu. Hal ini penting, guna menghindari efek samping dari Aloe vera itu sendiri.

Sharing is Caring

2 thoughts on “Manfaat Aloe Vera Untuk Tubuh Manusia”

  1. Pingback: 11 Kandungan Skincare Untuk Kulit Kering Ini Membuat Kulit Jadi Lembab - Natha Jaya Makmur

  2. Pingback: 4 Manfaat Aloe Vera Untuk Kulit Wajah - Natha Jaya Makmur

Leave a Comment

Your email address will not be published.