kulit tangan kering

Kulit Tangan Kering Karena Penggunaan Hand Sanitizer? Ikuti Cara Ini Yuk!

Semenjak covid muncul di Indonesia, kita mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu mencuci tangan dan memakai hand sanitizer setelah memegang sesuatu. Memang hand sanitizer bisa menjadi alternative sebagai bentuk pencegahan covid 19 selain mencuci tangan dengan air bersih, tetapi terlalu sering memakai hand sanitizer juga tidak baik, karena dapat menyebabkan kulit tangan kering.

Melansir dari laman web klikdokter, hand sanitizer mengandung alkohol yang cukup tinggi, yakni sebesar 60 persen. Kadar alkohol tersebut bisa membuat kulit menjadi iritasi bila dipakai terlalu sering yang menyebabkan kulit tangan gatal dan memerah.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, Sobat Natha! Kamu dapat melakukan tips-tips dibawah ini untuk mengatasi kulit tangan kering karena hand sanitizer!

1. Mencuci Tangan Dengan Sabun dan Air Bersih

Untuk mengatasinya, kamu harus rajin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun. Cukup gunakan hand sanitizer sebagai alternatif saja jika tidak ada sabun dan air bersih.

Faktanya, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebenarnya lebih efektif dalam membunuh kuman yang menempel di tangan.

Selain menjaga kebersihan tangan, cuci tangan dengan rutin dengan sabun dan air bersih juga mampu melembapkan tangan dan mencegah kulit tangan menjadi kering.

Beberapa dermatologis juga menyarankan untuk mencuci tangan hanya dengan menggosok bagian telapak tangan bila kondisi kulit tangan sedang sangat kering.

2. Gunakan Hand Sanitizer yang Mengandung Moisturizer

Saat memilih produk hand sanitizer, selain kadar alkoholnya, kandungan lain yang perlu kamu pahami adalah moisturizer. Moisturizer dapat mencegah kulit kering dan iritasi pada tangan.

Baca Juga : Kulit Kering Saat Puasa, Begini Cara Mengatasinya!

3. Gunakan Lotion

mengatasi kulit kering

Lotion atau pelembap dapat membantu mengatasi kulit kering, baik itu karena permasalahan dalam penggunaan hand sanitizer yang berlebihan ataupun terpapar sinar matahari. Sebaiknya gunakan pelembab setelah kamu mencuci tangan atau setiap tangan terasa gatal dan kering.

Meskipun begitu, kamu jangan asal pilih pelembab. Pasalnya, banyak lotion yang hanya terbuat dari air sehingga tidak dapat membantu mengunci kelembapan kulit. Pilihlah pelembap berbasis minyak, atau yang mengandung petroleum jelly, asam laktat, dan gliserin.

4. Hindari Pengering Tangan

Jika kamu sedang mengalami kulit tangan kering karena hand sanitizer, sebaiknya hindari dulu penggunaan mesin pengering tangan.

Gunakan tissue atau handuk sendiri setelah mencuci tangan. Suhu panas dari mesin pengering tangan akan membuat tanganmu menjadi lebih kering

5. Gunakan Multi Task Hand Cream dari Soraba

hand cream soraba

Soraba Multi Task Hand Cream bisa menjadi salah satu solusi kamu untukmengatasi kulit tangan yang kering. Kandungan zat aktif ekstrak batang kaktus dapat menutrisi kulit tanganmu agar tetap lembab, terhidrasi, dan menenangkan kulit . Produk ini aman digunakan oleh semua kalangan, baik ibu itu hamil/menyusui dan anak usia 10 tahun keatas.

Manfaat lainnya, Soraba Multi Task Hand Cream bisa digunakan untuk sikut tangan ataupun tumit kaki yang kering loh! Banyak sekali kan kegunaannya?

Kamu bisa mendapatkannya di official store marketplace dari Soraba, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan TikTok.

Itu dia beberapa cara diatas untuk mengatasi kulit tangan yang kering akibat penggunaan hand sanitizer yang dapat kamu ikuti

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.