Cara Mengatasi Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah, 14 Cara Ini Patut Dicoba!

Memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah alami adalah dambaan semua perempuan. Bagaimana cara mendapatkannya? Yuk, ikuti tips dibawah ini cara mengatasi kulit kering pada wajah agar kulit tampak cantik alami!

Memiliki wajah yang sehat dan cerah adalah dambaan setiap orang,khususnya pada wanita. Kondisi kulit yang kering dan kusam terlihat terkelupas, memerah dan tidak cerah saat terpapar cahaya. Penyebab kulit yang kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya hormon, gen, faktor lingkungan, suhu yang ekstrim (terlalu panas/dingin), atau ketidak cocokan saat menggunakan produk perawatan wajah.

Sebaiknya kamu harus pahami dulu apa penyebab kulitmu menjadi kering dan kusam agar dapat diatasi secara maksimal.

Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Dengan Merubah Kebiasaan

kulit kering sebenarnya bukan suatu masalah kulit yang berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat. Namun. beberapa wanita menginginkan kulit yang kenyal dan glowing agar lebih percaya diri pada penampilannya secara instant. Berikut ini adalah cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam dengan tepat.

1. Menggunakan Sabun Pembersih Wajah Yang Tepat

Jika kondisi kulit sangat kering, pilihlah produk sabun pembersih wajah yang lembut dan menghidrasi. Sobat Natha dapat mencari formula pembersih wajah yang bebas pewangi dan cenderung terasa melembapkan saat mencuci muka. Bahan aktif yang menawarkan hidrasi ekstra seperti hyaluronic acid, gliserin, dan ceramide.

2. Hindari Mencuci Muka Terlalu Sering

Setelah mengetahui produk sabun pembersih wajah yang tepat, ubah kebiasaanmu untuk tidak mencuci muka terlalu sering. Karena akan membuat kulit terasa kering. Disarankan mencuci muka sebanyak 1 sampai 2 kali sehari pada pagi dan malam hari setelah penggunaan make up agar pori pori tidak tersumbat dan menimbulkan jerawat.

3. Memakai Pelembab

Pelembap merupakan item penting yang harus digunakan secara teratur. Nah, kamu dapat menambahkan pelembap dalam rangkaian skincare routinemu loh!

Fungsi pelembap adalah untuk mempertahankan kelembapan pada wajah dengan cara meningkatkan kandungan air pada kulit. Bagi pemilik kulit kering, kamu bisa coba menggunakan pelembap yang mengandung ceramide, glycerin, hyaluronic acid dan lanolin.

4. Memakai Pelembap Udara atau Air Humidifier

Memakai pelembap udara atau air humidifier di dalam ruangan juga menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kulit kering pada wajah juga, lho. Caranya dengan menyemprotkan uap air ke udara yang fungsinya untuk menjaga kelembapan udara pada ruangan. Sehingga, kulit pun menjadi lembap dan tidak mudah kering

5. Menggunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen atau tabir surya juga tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian skincare routine. Sebab paparan sinar matahari memancarkan radiasi UV yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit, seperti kulit kering, kusam, munculnya kerutan halus, bintik hitam dan masih banyak lagi.

Sehingga pemakaian sunscreen dapat meminimalisir resiko dari paparan sinar matahari berlebih tersebut. Agar lebih efektif, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Kamu juga dapat mengaplikasikannya setiap 2 hingga 3 jam sekali.

Baca Juga : Kulit Kering Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya!

6. Lakukan Eksfoliasi Wajah

Cara mengatasi kulit kering juga dapat lakukan dengan cara eksfoliasi wajah. Proses Ini adalah pengangkatan sel sel kulit mati penyebab wajah menjadi kering dan kusam. Kamu bisa melakukan eksfoliasi secara mandiri dengan menggunakan facial scrub, cleansing brush, dan washcloth. Namun yang harus menjadi catatan, hindari melakukan eksfoliasi saat kulit mengalami sunburn, karena dapat memperburuk kondisi.

7. Memakai Skincare yang Melembabkan

Sheet mask menjadi salah satu produk skincare yang berfungsi sebagai pelembab wajah dan menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit kering.

Sheet mask cocok untuk untuk kamu yang bekerja seharian. Selain sebagai pelembab, sheet mask dapat membantu menyegarkan dan mencerahkan kulit wajah yang lelah.

8. Memakai Masker Alpukat

Selain sheet mask, kamu dapat menggunakan masker alami seperti alpukat atau produk masker kecantikan lainnya yang mengandung bahan tersebut dapat menjadi solusi untuk mengatasi kulit kering. Selain memiliki rasa yang nikmat, buah alpukat juga cukup efektif dalam melembabkan kulit.

Sobat Natha dapat membuat masker alpukat dengan cara menghaluskan buah alpukat kemudian diaplikasikan pada wajah selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih.

8. Konsumsi Buah-buahan

Buah-buahan bisa dikatakan sebagai terapi kulit kering secara alami karena buah-buahan memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan air, yang sangat baik untuk perawatan kulit dari dalam. Contoh buah-buahan tinggi serat yang dapat kamu konsumsi, antara lain: pepaya, pir, pisang, kiwi, alpukat, strawberry, blueberry dan apel.

9. Mengoleskan Minyak Kelapa Pada Wajah

Mengutip dari web beautyhaul, cara mengatasi kulit kering dengan mengoleskan minyak kelapa pada wajah cukup efektif. Karena minyak kelapa memiliki sifat emolien yang bisa mengisi ruang diantara sel sel kulit.

Alhasil permukaan kulit pun akan menjadi lebih halus dan tidak kering. Karena minyak kelapa ini termasuk cukup lembut, sehingga bisa digunakan untuk sehari-hari.

10. Keringkan Wajah Setelah Mandi

Cara mengatasi kulit kering pada wajah selanjutnya adalah dengan mengeringkan wajah setelah mandi. Namun, banyak orang yang tidak mengeringkan wajah dengan handuk setelah mandi.

Jika kamu salah satunya, alangkah lebih tinggalkan kebiasaan tersebut. Karena setelah air menguap hal ini membuat kulitmu menjadi lebih kering dari sebelumnya.

11. Jangan Perlakukan Wajah Terlalu Kasar

Setelah mengeringkan wajah setelah mandi menggunakan handuk kamu juga harus pahami bahwa mengusap handuk ke wajah secara kasar akan merusak lapisan kulit terluar dan membuat menjadi kering dan kasar. Jadi, lakukan secara lembut ya, Sobat Natha!

12. Mandi dengan Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat tentunya sangat nyaman dan menyegarkan setelah seharian beraktifitas. Tapi alangkah lebih jangan terlalu sering melakukan hal tersebut. Mandi menggunakan air panas dapat menghilangkan minyak alami pada wajah

13. Banyak Minum Air Putih

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak minum air putih dapat membuat kulit cerah secara alami. Nah, memenumi asupan air putih ternyata juga menjadi salah satu cara mengatasi kulit wajah yang kering loh, Sobat Natha. Pasalnya, saat tubuh kekurangan cairan, kulit menjadi bagian tubuh yang paling pertama terkena imbasnya. Kulit pun menjadi  kering, kusam, serta lebih mudah iritasi. Hal ini dikarenakan air sangat berperan besar dalam menjaga kestabilan kelembapan kulit. Jadi, pastikan agar tercukupi asupan air putih sesuai dengan tubuh masing-masing.

Menurut Senka, kamu dapat mengetahui kebutuhan air putih yang diperlukan oleh tubuh dengan cara mengalikan berat badan dikali 30ml air. Hasil itulah jumlah asupan air yang diperlukan oleh tubuhmu. Atau, kamu bisa mengikuti anjuran umum, yaitu minum air sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter air.

14. Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi kulit wajah kering yang terakhir yaitu dengan istirahat yang cukup. Terdengar sepele, tetapi istirahat yang cukup akan membantu produksi kolagen menjadi lebih baik. Sehingga kulit akan kenyal, lembab dan juga cerah saat bangun tidur. Jadi, tidur yang cukup bisa jadi solusi untuk kulit kering juga loh.

Itu dia 14 cara mengatasi kulit kering pada wajah yang dapat kamu coba. Dengan mengubah kebiasaanmu dan melakukannya secara konsisten nantinya kulit wajahmu akan terhidrasi dengan baik sehingga menjadi cerah alami dan lembab.

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.