manfaat air mawar

5 Manfaat Air Mawar Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Bunga mawar identik dengan simbol dalam menyatakan cinta kepada pasangan. Namun, tahukah kamu bahwa selain sebagai tanda kasih sayang, tanaman yang memiliki aroma yang mewah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit loh! Sobat Natha bisa mendapatkan manfaatnya ketika sudah diracik menjadi air mawar atau rose water. Penasaran apa saja manfaat air mawar untuk kecantikan kulit? Ketahui jawabannya pada artikel dibawah ini.

Air mawar memang sudah dimanfaatkan sebagai racikan untuk berbagai produk kecantikan kulit sejak dahulu kala. Proses untuk memperoleh air mawar itu dengan cara penyulingan atau mengekstraksi kelopak bunga mawar. Hasil dari penyulingan atau ekstraksi tersebut akan menghasilkan cairan serta minyak dari kelopak bunga mawar.

Manfaat Air Mawar

Air mawar hasil dari penyulingan memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kulit wajah. Kandungan yang terdapat pada air mawar adalah kandungan vitamin C, antioksidan, antiinflamasi,dan antibakteri. Nah, berikut ini adalah manfaat air mawar untuk kecantikan kulit.

1. Meredakan Jerawat

Air mawar biasanya dimanfaatkan untuk kulit yang mudah berjerawat. Air mawar membantu mengontrol kelebihan minyak dari wajah kita.  Dengan sifat penyeimbang PH, air mawar mampu membantu mencegah tumbuhnya bakteri penyebab jerawat. Selain meredakan jerawat, air mawar juga mampu mencegah tumbuhnya jerawat itu kembali.

2. Pembersih Wajah/Toner Alami

Air mawar mengandung antiseptik yang melindungi kulit wajah dari bakteri. Air mawar bekerja membersihkan kulit dari kotoran sehingga tidak ada pori-pori yang tersumbat dan bakteri yang tertinggal di kulit wajah. Penggunaan air mawar sebagai pembersih wajah juga dapat menenangkan kulit dan memberikan efek yang menyegarkan.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Tuangkan air mawar pada kapas secukupnya. Kemudian, tepuk-tepuk kapas pada kulit wajah dengan lembut dan merata. Lakukan cara ini dengan rutin sebelum tidur agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Mencerahkan Kulit Secara Alami

Jika memiliki kulit wajah yang kering dan kusam, kamu dapat menggunakan air mawar untuk mengatasinya. Kandungan antioksidan dan vitamin C nya membuat air mawar mampu meratakan, mengembalikan, dan mencerahkan warna kulit wajah secara alami.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat air mawar selanjutnya sebagai cara untuk mencegah penuaan dini. Penggunaan air mawar secara teratur dengan pengaplikasian yang tepat mampu menyamarkan dan menghilangkan garis halus serta kerutan yang muncul pada wajah.

Pasalnya, formula lain dari air mawar yang dapat diandalkan adalah rose hip seeds. Zat ini memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Adanya kandungan antioksidan pada air mawar mampu menangkal kulit wajah dari radikal bebas yang dapat merusak kulit wajah. Radikal bebas juga sebagai penyebab kulit menjadi cepat keriput.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah

5. Menyamarkan Kantung Mata

Air mawar mampu menghidrasi bagian kulit yang paling sensitif. Adanya kandungan vitamin C pada air mawar, mampu menyamarkan kantong mata yang menggelap. Cara memanfaatkan air mawar untuk memudarkan kantung mata yaitu kompres bagian mata dengan kapas yang sudah dibasahi oleh air mawar.

Itulah beberapa ulasan mengenai 5 manfaat air mawar untuk kecantikan kulit wajah. Untuk mendapatkan kulit wajah yang di inginkan tidak hanya melakukan perawatan dengan skincare saja, tetapi perawatan kulit dari dalam juga sangat penting untuk merawat kulit agar meningkatkan kinerja skincare itu sendiri dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.