makanan yang baik untuk asam lambung

Catat! 6 Makanan yang Baik Untuk Pengidap Asam lambung

Asam lambung merupakan gangguan kesehatan yang paling sering dialami oleh banyak orang diseluruh dunia. Gejala yang akan muncul biasanya penderita merasa mual-mual dan panas di bagian ulu hati. Untuk melakukan pencegahan munculnya asam lambung itu muncul kembali, Natha akan memberikan rekomendasi makanan yang baik untuk pengidap asam lambung dibawah ini, jadi baca sampai habis ya!

Apa itu Asam Lambung

Sebelum kita mengetahui makanan apa yang baik untuk pengidap asam lambung, sebaiknya kita harus memahami terlebih dahulu apa itu penyakit asam lambung. Melansir dari laman Halodoc, penyakit asam lambung terjadi karena naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Kondisi ini terjadi karena saluran pencernaan yang terhubung antara mulut dan lambung mengalami iritasi. Naiknya asam lambung merupakan kondisi yang umum terjadi, tetapi dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati dan panas pada bagian perut bagian atas. Kondisi ini disebut juga dengan Gastroesophageal reflux disease (GERD).

Penyebab Terjadinya Asam Lambung

Lalu, apa yang menyebabkan asam lambung naik? Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang wajib Sobat Natha hindari agar tidak membuat asam lambung naik

1. Makan Malam yang Tidak Teratur

Kebiasaan kita yang mungkin tidak pernah kita sadari dapat menyebabkan naiknya asam lambung adalah pola makan yang tidak teratur, khususnya pada malam hari. Hal ini disebabkan karena setelah makan malam kamu tidak menyediakan cukup waktu untuk tubuh untuk mencerna makanan dengan langsung tidur. Oleh karena itu, untuk mencegah asam lambung naik, sebaiknya hindari makan saat akan tidur. Maka dari itu makan dengan teratur sangat penting agar lambung dapat bekerja dengan baik untuk mencerna makanan yang dikonsumsi sesuai waktunya.

2. Pola Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat juga berpengaruh terjadinya asam lambung naik. Misalnya, merokok, minum-minuman beralkohol, kopi, hingga minuman bersoda. Gaya hidup seperti itu secara terus-menerus akan memicu asam lambung menjadi naik

3. Makan dalam Porsi yang Berlebihan

Penyebab naiknya asam lambung tidak hanya karena telat makan, kekenyangan juga akan menyebabkan hal yang sama. Semakin banyak kamu mengonsumsi makanan produksi asam lambung pun akan diproduksi lebih banyak, sehingga semakin besar kemungkinannya untuk naik.

4. Obesitas/Kelebihan Berat Badan

Seseorang yang mengalami obesitas, lemak di perut yang berlebih akan menimbulkan tekanan pada area perut sehingga berisiko terjadinya GERD dan asam lambung naik.

Makanan yang Baik Untuk Pengidap Asam Lambung

Untuk Sobat Natha yang memiliki masalah dengan lambung, berikut ini ada beberapa makanan yang baik untuk pengidap asam lambung.

1. Oatmeal

makanan untuk asam lambung

Oatmeal adalah salah satu makanan yang baik untuk pengidap asam lambung yang Natha rekomendasikan bagi kamu pengidap asam lambung. Biasanya makanan ini sering dikonsumsi oleh orang yang sedang diet, sebab oatmeal kaya akan serat, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, dapat membantu meringankan gejala asam lambung, maag, dan sakit jantung.

2. Bubur

makanan untuk asam lambung

Bubur memiliki tekstur yang lunak sehingga bisa sebagai pilihan makanan untuk mencegah dan meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh asam lambung naik. Kamu dapat menambahkan telur rebus dan kecap asin sebagai penambah rasa agar lebih nikmat. Kamu juga bisa menambahkan kerupuk sebagai teman makanmu, tapi jangan berlebihan ya dan hindari makanan yang sulit untuk dicerna.

3. Roti Gandum

roti gandum

Melansir dari jurnal Cleveland Clinic, pengidap asam lambung di izinkan untuk mengonsumsi roti. Tapi jenis roti yang direkomendasikan adalah roti yang terbuat dari gandum atau mengandung beragam biji-bijian di dalamnya. Karena, jenis roti gandum ini memiliki kandungan vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

4. Jahe

biskuit jahe

Seperti yang sudah kita ketahui, jahe tidak hanya memberikan rasa hangat pada tubuh, tapi juga bisa mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Tak heran jika banyak produk herbal atau minuman tradisional yang menjadikan jahe sebagai salah satu kandungannya. Jahe juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk asam lambung. Nah, daripada mengonsumsi jahe secara langsung, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman atau makanan seperti biskuiy yang memiliki kandungan jahe di dalamnya.

Baca Juga : 9 Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

5. Buah Pisang

buah pisang

Buah pisang adalah makanan sehat bagi penderita asam lambung. Karena pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 yang bermanfaat sebagai penetralisir asam lambung. Namun,selain pisang kamu bisa menggantinya dengan buah kesukaanmu, seperti pir, apel, dan melon.

6. Yoghurt

yoghurt

Yogurt sangat populer sebagai makanan yang baik untuk sistem pencernaan. Kandungan dalam yoghurt terdapat probiotik yaitu sejenis bakteri baik yang ada pada sistem pencernaan. Saat sistem pencernaan lancar, resiko asam lambung naik pun juga berkurang. Selain itu, fungsi probiotik selain untuk sistem pencernaan ternyata mampu membentuk sistem kekebalan tubuh juga loh.

Itu dia beberapa makanan yang baik untuk pengidap asam lambung yang Sobat Natha dapat ikuti. Semoga bermanfaat dalam menjaga kesehatan!

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.