apa itu spf

Manfaat SPF Pada Produk Kecantikan

Manfaat SPF pada produk kecantikan – Sebagai pecinta skincare, pasti kita seringkali mendengar kata SPF yang tertera pada label produk maupun penjelasan pada website produk tersebut. Selain itu, ada juga keterangan yang bertuliskan SPF 25 hingga 50. Tidak sedikit yang mempertanyakan mengenai hal tersebut. Maka dari itu yuk simak pembahasannya dibawah ini

 

Manfaat SPF Pada Produk Skincare

SPF memiliki kepanjangan dari Sun Protector Factor, yang mana dirancang untuk memberitahu konsumer bahwa produk ini berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, manfaat SPF sebagai penentu untuk menentukan seberapa lama kita terkena paparan sinar matahari tanpa mengalami sunburn. Normalnya manusia hanya dapat bertahan di bawah sinar matahari sekitar 10-15 menit sampai kulit kita memerlukan perlindungan dari produk SPF. Itu berarti bahwa jumlah dari SPF menentukan sebanyak 10 kali lipat kulit terlindungi sebelum terbakar. Semakin tinggi kandungan SPF pada produk tabir surya, maka hal tersebut sekaligus mengindikasikan seberapa kuat perlindungan yang terkandung dalam tabir surya tersebut. Produk tabir surya pun juga memiliki sebutan UVA dan juga UVB yang menandakan tipe-tipe dari sinar matahari.

 

Memilih Produk Dengan Label Broad Spectrum

Sempat disebutkan di atas bahwa ada dua tipe matahari, yaitu UVA dan UVB. Perbedaannya apa sih? Nah, kalau UVA merupakan sinar yang masuk ke dalam lapisan kulit dan dapat menyebabkan kulit keriput, penuaan dini, dan bahkan kanker. Dalam kata UVA, huruf A berarti “Aging”. Sedangkan, UVB diperuntukan untuk memberikan perlindungan dari kulit terbakar yang berpotensi menyebabkan kanker kulit. Pada UVB, huruf B diartikan sebagai “Burning” atau terbakar. Namun, akan jauh lebih baik jika dalam satu produk tabir surya sudah memiliki perlindungan dari UVA maupun UVB.

 

Nilai pada SPF

Nilai SPF dalam suatu produk tabir surya, menentukan seberapa kuat produk tersebut untuk melindungi kulit kita. Semakin tinggi jumlah kandungannya, maka akan semakin tinggi juga perlindungannya. Bagi yang masih bingung untuk memilih SPF jangan khawatir ya! Berikut merupakan perbedaan angka yang berada di belakang tulisan SPF.

Baca Juga : Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Mana yang Lebih Baik?

SPF 15 mampu menahan hingga 97% radiasi sinar UVB

SPF 30 mampu menahan hingga 97% radiasi sinar UVB

SPF 50 mampu menahan hingga 98% radiasi sinar UVB

Dari antara SPF 15 sampai 50 di atas, ada juga perbedaan waktu dalam memberikan perlindungan kulit. Jika pada kulit normal manusia akan bertahan selama 10 menit di bawah paparan sinar matahari, maka jumlah SPF akan menentukan 10 kali lipat kulit mampu menahan panas matahari tersebut.

Produk SPF 15, akan memberikan pertahanan kulit selama 10 menit X 15 menit = 150 menit atau 2,5 jam.

Produk SPF 30, akan memberikan pertahanan kulit selama 10 menit X 30 menit = 300 menit atau 5 jam.

Produk SPF 50, akan memberikan pertahanan kulit selama 10 menit X 50 menit = 500 menit atau 8 jam lebih.

Setelah melihat perhitungan diatas, maka kita akan lebih paham dan mudah untuk memilih SPF yang cocok untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Jika ingin bepergian ke daerah pantai, maka akan lebih baik memilih tabir surya yang memiliki kandungan SPF di atas 5 jam agar kulit senantiasa terlindungi dan terjaga.

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.