posisi tidur yang baik

6 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

Kualitas tidur pada malam hari sangat berpengaruh pada aktifitas di pagi hari. Tidak sedikit yang justru bangun tidur dengan kondisi yang kurang baik bahkan merasa lelah. Padahal, tidur merupakan cara terbaik untuk memulihkan energi tubuh setelah seharian beraktivitas.  Jika sering mengalaminya, mungkin selama ini kamu tidur dalam posisi yang salah. Nah, agar tubuh selalu segar dan bugar, sembilan posisi tidur yang baik ini dapat memperbaiki kualitas tidur kamu, lho!

  1. Telentang – Dengan Posisi Tangan di Samping

posisi tidur yang baik

 

Posisi telentang dengan kedua tangan berada di samping dianggap sebagai posisi tidur yang baik untuk menjaga kualitas tidur yang baik dan menjaga kesehatan tulang belakang dan leher. Tapi ingat, pada posisi ini kamu harus menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi agar saluran pernapasan kamu tidak terganggu. Posisi ini juga tidak disarankan bagi pengidap obesitas karena dapat menimbulkan gangguan tidur atau sleep apnea.

Sleep apnea ialah napas terhenti sejenak saat sedang tidur. Hal ini membuat tidur jadi kurang berkualitas karena pasokan oksigen ke otak terhambat.

  1. Telentang – Dengan Posisi Tangan di Atas / Starfish

telentang

Posisi ini ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan tulang belakang kamu. Percaya atau tidak, banyak yang menganggap posisi tidur telentang dengan kedua tangan di atas baik untuk Kesehatan punggung dan juga kecantikan. Manfaatnya adalah kamu bisa mencegah kerutan di wajah dan mencegah munculnya jerawat. Wah, wajib kamu coba nih!

Baca Juga : Arti Letak Jerawat dan Pencegahannya

  1. Tengkurap

tengkurep

Untuk kamu yang suka terganggu masalah pencernaan, mungkin harus mencoba tidur dengan posisi telungkup. Pasalnya, posisi ini dipercaya dapat meningkatkan daya kerja alat pencernaan dan baik untuk lambung. Namun, sebaiknya miringkan wajah kamu agar mendapatkan posisi bernapas yang lebih mudah dan lancar. Posisi Tengkurap juga dapat mengurangi dengkuran yang keras

  1. Miring Meringkuk

miring meringkuk

Posisi ini sekilas mirip seperti janin dalam kandungan. Namun, posisi meringkuk ini dipercaya dapat membuat tidur kamu lebih berkualitas loh! Pasalnya, tidur dalam posisi ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi dengkuran. Posisi ini bermanfaat juga bagi ibu hamil karena posisi tersebut membantu memperlancar sirkulasi darah ke bayi. Selain itu, posisi ini juga baik untuk orang yang memiliki kebiasaan mendengkur. Akan tetapi, jangan sampai posisi meringkuk terlalu rapat karena akan menganggi saluran pernapasan.

  1. Posisi Menyamping

tidur miring

Posisi tidur yang baik selanjutnya adalah dengan tidur posisi menyamping. Tidur dalam posisi ini dipercaya dapat mencegah naiknya asam lambung, lho. Lantaran tulang belakang akan berbentuk lurus, dan dapat terhindari dari risiko sakit punggung dan leher. Nggak hanya itu, posisi tangan di samping juga membuat saluran pernapasan kamu lebih terbuka. Sehingga, tidur lebih berkualitas dan bebas dengkuran.

Posisi tidur miring ke kiri juga dianggap dapat memperlancar aliran darah ke jantung, terutama pada wanita hamil. Di sisi lain, posisi ini terkadang dapat menyebabkan rasa baal dan kesemutan pada bagian tubuh yang tertindih. Untuk mencegah hal tersebut, usahakan untuk tidur menyamping dengan posisi lutut yang tidak terlalu tertekuk.

  1. Tidur Menghadap Kanan Tangan di Bawah Kepala

tidur

Menghadap ke kanan ketika tidur ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan kamu. Karena posisi ini dapat mengurangi beban jantung. Sehingga, darah akan mengalir lebih merata dan terkonsentrasi pada tubuh bagian kanan.

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.