manfaat masker timun

5 Manfaat Masker Timun Untuk Wajah

Memiliki wajah yang sehat, bersih, mulus dan bercahaya adalah dambaan setiap irang, khususnya wanita. Namun, penggunaan skincare saja tentunya tidak cukup. Kamu juga wajib menggunakan masker agar kulit wajah ternutrisi dan terawat sempurna. Tidak perlu menggunakan masker yang beredar di pasaran, kamu dapat menggunakan masker dari bahan dasar alami yang dapat kamu buat dirumah. Salah satu bahan yang dapat kamu gunakan adalah timun. Bahan yang biasa dijadikan sebagai lalapan ini memiliki segudang manfaat untuk kulit wajah kita lho. Apa saja? Ini dia 5 manfaat masker timun untuk kulit wajah yang akan kami ulas pada artikel dibawah ini.

Manfaat Masker Timun

Timun atau mentimun merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan air yang banyak. Ini yang membuat timun dapat menyegarkan kulit wajah dengan baik. Caranya pun cukup mudah, cukup iris timun tipis-tipis, lalu dinginkan selama 15 menit di dalam freezer. Setelah itu, kamu hanya menempelkan pada wajah yang sebelumnya sudah kamu bersihkan menggunakan air bersih. Masker timun sangat cocok nih dipakai untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi di setiap harinya atau yang sering begadang agar wajah tak tampak kusam

Manfaat Masker Timun Untuk Wajah

Berikut ini adalah beberapa manfaat masker mentimun untuk wajah yang Sobat Natha dapat rasakan di berbagai permasalahan kulit:

Meredakan Jerawat

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang paling umum di rasakan setiap orang. Namun kamu jangan khawatir, kamu bisa mencoba masker timun untuk mengatasi permasalahan kerawat. Timun yang memiliki efek menyegarkan ini mampu meredakan peradangan yang disebabkan oleh  jerawat sehingga akan lebih cepat mengempis. Caranya, cukup haluskan timun dengan menggunakan blender atau kamu dapat menumbuk timun hingga halus. Lalu, oleskan pada wajah yang terdapat jerawat dan diamkan hingga 30 menit. Bilas dengan air dingin untuk membersihkannya.

Merawat Kulit Berminyak

Masker timun dapat dimanfaatkan sebagai salah satu perawatan untuk kulit berminyak. Dalam proses pembuatannya juga cukup mudah. Pertama-tama, bersihkan timun lalu kupas dan haluskan ½ buah mentimun, lalu masukkan satu sendok makan yogurt tawar dan aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu, oleskan masker timun tersebut ke seluruh permukaan wajah dan diamkan hingga 10 -15 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Menyamarkan Mata Panda

Kamu yang sering kelelahan dan begadang pasti memiliki masalah lingkaran hitam yang cukup mengganggu di sekitar mata.  Meskipun tidak berbahaya, lingkaran hitam atau mata panda membuat wajah kita terlihat suram. Nah, untuk mengatasinya, coba menggunakan masker timun yuk! Caranya, cukup iris tipis timun 2 helai lalu tempelkan pada mata selama 15 menit. Manfaat lainnya selain menyamarkan lingkaran hitam, timun memiliki kandungan asam karbonat yang dapat mengurangi pembengakakan pada mata yang lelah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Mudah

Melembabkan Wajah

Untuk melembabkan wajah menggunakan masker timun, Sobat Natha dapat mencampurkan mentimun, madu, yoghurt, dan oatmeal untuk membuat masker mentimun yang mampu melembapkan, menyejukkan, dan mengelupaskan sel-sel kulit mati di wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Sobat Natha jangan lupa untuk mengoleskan pelembap wajah untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

Mencerahkan Wajah Secara Alami

Timun adalah salah satu sayuran yang kaya akan vitamin yang baik untuk kulit wajah. Selain dapat dimanfaatkan unruk mengangkat sel kulit mati, timun juga mampu menyamarkan bahkan menghilangkan noda hitam yang mengganggu. Hasilnya, wajah kita pun akan tampak lebih cerah. Cara meraciknya pun juga cukup mudah, cukup tumbuk atau blender timun hingga halus lalu campurkan dengan dua hingga tiga sendok makan air perasan lemon. Aplikasikan pada wajah selama 20 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin.  Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu wajib melakukan secara rutin ya.

Itu dia beberapa manfaat masker timun untuk wajah yang dapat kamu coba dan praktikan dirumah. Namun Sobat Natha juga wajib tahu, beberapa manfaat masker mentimun di atas tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal jika tidak dibarengi dengan perawatan kulit wajah yang tepat dan menerapkan gaya hidup sehat.

Meskipun jarang terjadi, ada beberapa orang mungkin yang alergi terhadap timun. Jika muncul tanda-tanda alergi, seperti kulit gatal, bengkak, dan iritasi, setelah menggunakan masker mentimun, segera hentikan pemakaian masker timun ya Sobat Natha dan bisa kamu konsultasikan ke dokter kulit. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga : Cara Membuat Masker Wajah Alami Dengan Mudah

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.