makeup untuk wajah berjerawat

7 Tips Makeup Untuk Wajah Berjerawat

Punya kulit wajah berjerawat? Berikut ini Natha akan share tips makeup untuk wajah berjerawat. Baca sampai habis ya!

Jerawat adalah permasalahan kulit yang sangat mengganggu penampilan. Jerawat juga dapat muncul di segala usia. Karena ada banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat di kulit wajah.

Memiliki wajah yang berjerawat juga membuat penderitanya merasa insecure dan susah untuk menggunakan makeup yang sesuai dengan kondisi kulit. Ini dikarenakan adanya beberapa produk makeup yang tidak disarankan digunakan untuk kulit yang berjerawat.

Seseorang yang memiliki kulit berjerawat, cenderung memiliki karakteristik kulit yang berminyak dan berkomedo. Minyak berlebih inilah yang membuat makeup menjadi mudah luntur dan tidak dapat menempel.

Penyebab Munculnya Jerawat

Produksi minyak di kulit wajah yang berlebih menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berminyak. Hal ini bisa menyumbat pori-pori, memicu munculnya komedo dan jerawat.

Sering mengonsumsi makanan yang berlemak dan mengandung gula tambahan adalah salah satu faktor yang menyebabkan kulit berminyak dan cenderung jerawat. Selain itu, faktor usia, faktor keturunan dan perubahan hormon juga bisa menyebabkan kulit menjadi berjerawat.

Kebiasaan-kebiasaan seperti jarang membersihkan makeup, sering menyentuh wajah dengan tangan, dan tidak cocoknya kandungan skincare pada kulit juga bisa memicu munculnya jerawat di kulit wajah.

Kandungan Makeup yang Aman Untuk Kulit Berjerawat

Pemilik kulit berjerawat juga tidak boleh sembarangan dalam memilih kandungan pada produk skincare atau makeup. Jika salah dalam memilih kandungan akan memicu munculnya jerawat baru, menyebabkan peradangan dan mengiritasi lapisan kulit wajah.

Kandungan makeup yang aman digunakan oleh kulit berjerawat adalah kandungan yang bersifat antibakterial seperti salicylic acid, zinc, kaolin dan clay. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan produk makeup yang mengandung non comedogenic dan oil free.

Untuk mencegah timbulnya jerawat di kulit, hindari penggunaan makeup yang memiliki kandungan parfum atau alkohol, serta jangan terlalu sering mengganti produk makeup dalam jangka waktu yang singkat.

Baca Juga : Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur

Tips Makeup untuk Wajah Berjerawat

Selain memperhatikan kandungan pada makeup, pemilik kulit berjerawat juga harus tepat dalam urutan penggunaan makeup agar membuat makeup tahan lama. Berikut urutannya:

1. Menggunakan Skincare

Untuk melindungi kulit yang berjerawat, gunakan skincare khusus untuk kulit jerawat serta menggunakan tabir surya. Produk skincare bisa membantu memperkuat lapisan kulit, membuat kulit tetap lembap dan membuat makeup menempel lebih lama.

2. Menggunakan Cushion atau BB Cream

Pada saat kulit mengalami jerawat hindari menggunakan foundation karena kandungannya terlalu berat untuk kulit yang berjerawat. Sebagai penggantinya, kamu dapat menggunakan cushion atau BB cream yang teksturnya watery dan semi-matte.

3. Menggunakan Bedak Tabur

Karena kulit berjerawat cenderung juga berminyak, kamu dapat menggunakan bedak tabur yang mengandung salicylic acid dan non comedogenic, untuk membantu mengontrol produksi minyak dan mempercepat keringnya jerawat.

4. Hindari Penggunaan Blush On dan Highlighter

Penggunaan blush on dan highlighter biasanya untuk membuat kulit wajah lebih merona dan bercahaya. Kedua produk ini harus dihindari pemilik kulit yang berjerawat sebab bisa membuat jerawatmu terlihat lebih jelas.

5. Gunakan Eye Makeup Natural

Agar penampilanmu terlihat lebih alami, kamu dapat menggunakan warna eye makeup yang natural seperti cokelat, pink atau peach. Warna-warna ini membuat wajahmu tampak lebih cerah dan segar. Jangan lupa untuk menggunakan alis, maskara dan eyeliner untuk mempertegas riasan mata.

6. Gunakan Lipstik

Lipstik adalah produk makeup yang tidak boleh dilupakan. Karena lipstik bisa membuat riasanmu lebih berwarna dan tidak pucat. Kamu dapat menggunakan lipstik yang glossy agar dapat memberi kesan bibir lebih sehat, atau gunakan teknik ombre lips untuk membuat bibir lebih segar.

7. Gunakan Setting Spray

Urutan yang terakhir adalah menggunakan setting spray. Produk ini berfungsi untuk mengunci riasanmu agar tidak mudah luntur. Perlu diperhatikan dalam penggunaan setting spray hindari yang memiliki kandungan alkohol dan parfum.

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.