cara ampuh menghilangkan komedo

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Dengan Mudah, Ikuti 5 Langkah Ini

Komedo adalah salah satu gangguan yang sering muncul gangguan pada wajah. Munculnya komedo biasanya merupakan tanda-tanda munculnya jerawat. Berikut ini Natha akan membahas cara ampuh menghilangkan komedo yang bisa kamu ikuti dibawah ini. Simak sampai habis ya!

Apa itu Komedo?

Komedo adalah benjolan kecil yang berasal dari hasil penumpukan kotoran pada pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak berlebih pada wajah, dan umumnya paling sering muncul di bagian hidung dan sekitar mata.

Sebenarnya sekarang kamu tidak perlu khawatir, karena sudah banyak produk skincare yang menawarkan untuk mengatasi komedo dengan ampuh. Namun sebelum kamu membeli produk-produk tersebut, alangkah baiknya kamu bisa menggunakan cara-cara yang alami terlebih dahulu.

Tapi sebelum kamu mengetahui cara-cara alami untuk menghilangkan komedo, alangkah baiknya kita mengenali terlebih dahulu jenis-jenis komedo sehingga kamu bisa mengatasi komedo secara maksimal

Jenis-Jenis Komedo

Komedo juga bisa dikatakan adalah salah satu jenis jerawat yang tidak mengalami peradangan. Namun komedo terbagi menjadi dua jenis yaitu:

Komedo Hitam

Komedo hitam (blackhead) paling umum dialami oleh setiap orang dan terjadi karena adanya penyumbatan sebum (minyak), bakteri dan sel-sel kulit mati yang telah mengeras di pori-pori.

Biasanya ini muncul di permukaan atau tempat terbuka di bagian kulit serta tampak menonjol, berwarna gelap akibat paparan udara, dan terasa kasar jika diraba.

Komedo Putih

Komedo putih (whitehead) biasanya berupa tonjolan kecil yang berada di bagian bawah epitel kulit / tertutup kulit, dan terbentuk ketika sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap pada pori-pori wajah.

Jenis komedo ini lebih sulit dihilangkan karena memerlukan proses pemencetan untuk mengeluarkannya. Ini biasanya dilakukan dengan bantuan ahli kecantikan atau dokter untuk membantu menghilangkannya.

Penyebab Munculnya Komedo

Tahukah kamu bahwa penyebab munculnya komedo hitam dan putih itu berbeda?

Komedo hitam disebabkan oleh polusi, debu dan kotoran yang menempel pada wajah yang berpori-pori besar. Beberapa factor yang menyebabkan munculnya komedo hitam yaitu mengeluarkan banyak keringat dan meningkatnya produksi minyak, adanya penumpukan bakteri atau mengalami perubahan hormonal. Bisa juga karena stres, PMS dan kurang menjaga kebersihan wajah.

Sedangkan komedo putih disebabkan oleh kotoran dan keringat yang tercampur. Komedo jenis ini tak hanya mengganggu penampilan, namun juga mampu memunculkan jerawat.

Beberapa faktornya adalah jika kamu memiliki kulit berminyak, paparan dari bahan kimia kandungan produk skincare yang kamu gunakan, pecahnya folikel rambut yang disebabkan oleh kebiasaan memencet jerawat, mencuci muka secara berlebihan, dan melakukan peeling dengan bahan kimia.

Kamu juga perlu tahu nih. Sobat Natha. Kamu bisa saja mengalami dua jenis komedo ini sekaligus dalam satu waktu. Hal itu tergantung dari ukuran pori-pori dan faktor apa yang menyebabkannya. Maka dari itu kamu harus menjaga pola hidup dan kebiasaan sehari-hari.

Jadi apakah ada tips untuk menghilangkan dan membersihkan komedo dengan cara alami?

5 Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Alami

Melansir dari beberapa sumber, berikut Ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan komedo dengan bahan alami yang mampu menghilangkan komedo.

1. Lidah Buaya

Tanaman yang biasa kita kenal dengan aloe vera ini memang sudah sejak lama di manfaatkan untuk kulit, termasuk bisa digunakan sebagai pilihan alternatif untuk cara menghilangkan komedo. Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan dan bisa menangkal radikal bebas.

Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang memiliki komedo. Tapi yang perlu di garis bawahi, agar mendapatkan hasil yang maksimal cara ini harus dilakukan dengan rutin. Selain bisa menghilangkan komedo, lidah buaya mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik bagi kesehatan kulit.

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Kemudian, kandungan vitamin E  di dalamnya dapat meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi. Selain itu sifat antioksidan lidah buaya bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV. Lidah buaya juga mengandung enzim Bradykinase berfungsi sebagai zat antiinflamasi.

2. Putih Telur

Putih telur seringkali dimanfaatkan untuk kecantikan, termasuk bahan alami yang efektif untuk menghilangkan komedo.

Caranya sangat mudah karena kamu hanya perlu menyediakan putih telur saja untuk sekali pemakaian.

Berikut cara mengatasi komedi dengan putih telur:

  • Kocok putih telur dalam mangkuk hingga berbusa,
  • Sediakan tisu,
  • Setelah itu, oleskan putih telur ke bagian wajah yang berkomedo,
  • Lapisi dengan tisu,
  • Oleskan lagi kocokan putih telur di bagian atas tisu,
  • Tunggulah hingga benar-benar kering (sekitar 30 menit),
  • Setelah itu, cabut tisu yang ditempelkan di wajah dari arah bawah ke atas,
  • Bersihkan wajah menggunakan air biasa dan rasakanlah perbedaannya.

Kamu bisa menggunakan langkah di atas 2-3 kali setiap pemakaian.

Baca Juga : Cara Membuat Masker Wajah Alami Dengan Mudah

3. Uap Garam

Garam mengandung senyawa ion positif dan ion negatif yang membentuk senyawa netral. Kandungan inilah yang nyatanya mampu mengatasi komedo hitam di wajah.

Cara mengatasi komedo hitam di wajah menggunakan uap garam:

  1. Didihkan 1 – 1,5 liter air dan pindahkan ke sebuah wadah
  2. Larutkan 3 sendok makan garam
  3. Posisikan wajah berada tepat di atas wadah tersebut hingga terkena uap panas
  4. Lakukan sekitar 5 – 10 menit

Perlu kamu ketahui, cara ini bisa membuat kamu sesak napas, jadi beristirahat sejenak jika terasa sudah sesak.

4. Jeruk Nipis

Sama seperti jenis buah jeruk lainnya, jeruk nipis ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Oleh karenanya buah ini cocok kamu gunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami.

Cara mengatasi komedo secara alami dengan jeruk nipis yaitu:

  1. Peras jeruk nipis
  2. Air perasan jeruk nipis kamu rebus
  3. Setelah kamu rebus, kamu dapat bekukan air tersebut di lemari es.
  4. Setelah menjadi es batu, kamu usap es batu tersebut ke area wajah yang terkena komedo

Namun, sebelum kamu menggunakan es batu dari jeruk nipis, pastikan kamu sudah membersihkan wajah dulu ya, Sobat Natha!

Itulah beberapa tips-tips mudah dan alami yang kamu bisa lakukan di rumah untuk menghilangkan komedo.

5. Kulit Jeruk

Mengutip dari situs Klikdokter.com, kulit jeruk mengandung vitamin C cukup tinggi dan bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu alternatif mengatasi komedo di wajah. Kulit jeruk juga bersifat sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Sedangkan manfaat vitamin C di dalam kulit jeruk, dianggap mampu membantu menjaga kesehatan kulit.

Cara menghilangkan komedo menggunakan kulit jeruk sebagai berikut:

  1. Kupas jeruk dan pisahkan dengan kulitnya,
  2. Tempel atau usapkan kulit jeruk ke area komedo
  3. Lakukan hal tersebut berkali-kali secara rutin

Mudah bukan?

6. Bubuk Kopi

Cara ampuh menghilangkan komedo secara alami yang terakhir adalah menggunakan bubuk kopi. Perlu kamu ketahui bahwa cara ini belum ada penelitian lebih lanjut, namun cara ini cukup popular dilakukan orang-orang. Bahkan, penggunaan bubuk kopi kerap dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah termasuk cara menghilangkan komedo.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan bubuk kopi yang sudah dicampur air ke area wajah yang terkena komedo. Tunggu beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Sebagai catatan bubuk kopi yang bisa kamu pakai, adalah kopi bebas gula. Ini lebih menyehatkan untuk wajah mu loh!

Itu dia beberapa cara ampuh menghilangkan komedo secara alami yang dapat kamu lakukan secara mandiri. Mau coba?

 

 

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.