cream pemutih wajah berbahaya

Cream Pemutih Wajah Berbahaya Menurut BPOM, Catat Ya!

Memiliki kulit wajah yang putih cerah mungkin merupakan dambaan banyak wanita. Tapi kamu juga harus waspada dengan cream pemutih wajah berbahaya ya!


Sebagai wanita pasti kamu ingin selalu tampil cantik dengan kulit yang putih. Karena anggapan bagi sebagian orang, memiliki kulit yang putih adalah kriteria yang sempurna bagi standar kecantikan wanita Indonesia. Alih-alih mendapatkan kulit yang putih, justru malah membahayakan kesehatan jika kamu menggunakan kosmetik yang tidak jelas asal-usulnya. Terlebih, banyak perempuan menginginkan hasil yang instan, dan beralih ke cream pemutih wajah yang ternyata dapat bahan kimia yang membahayakan kesehatan dan malah merusak kecantikan alami wajah!

Tanpa kamu sadari, banyak produk kosmetik mengandung bahan kimia yang dengan sengaja ditambahkan agar mendapatkan hasil perubahan dalam waktu yang sangat singkat. Salah satu bahan kimia berbahaya yang masih marak digunakan sebagai whitening agent adalah merkuri.

Bahaya Kandungan Merkuri Dalam Kosmetik

Memang betul bahan kimia aktif yang satu ini mampu mendorong perubahan kulit yang lebih putih secara signifikan. Namun, bahaya yang terkandung di dalamnya tidak sebanding dengan apa yang kamu dapatkan.

Mengutip dari kadiah BPOM RI, Merkuri merupakan salah satu unsur logam berat yang tidak seharusnya ada di cream perawatan kulit. Merkuri bersifat korosif dan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama akan membuat kulit semakin menipis.

Efek samping merkuri yang dapat terlihat pada wajah bisa bervariasi. Tetapi pada umumnya adalah munculnya ruam kemerahan, munculnya jaringan parut, wajah terasa gatal, panas dan perih, serta kulit yang mudah terkelupas sehingga rentan terkena infeksi bakteri maupun jamur. Namun, yang berbahaya adalah penggunaan cream yang mengandung merkuri secara berlebihan dapat menyebabkan kanker kulit.

Selain itu, merkuri yang meresap pada kulit juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ dalam lainnya, seperti gangguan saluran pencernaan, berkurangnya fungsi otak, dan memperlambat pertumbuhan janin.

Cream Pemutih Wajah Berbahaya Menurut BPOM

Berikut ini adalah beberapa ciri cream pemutih wajah yang berbahaya menurut BPOM yang sebaiknya kamu ketahui:

1. Cream Pemutih Wajah Berbahaya Tidak terdaftar di BPOM dan Lembaga Kesehatan

Cream pemutih wajah yang aman digunakan adalah cream yang telah mendapatkan lisensi dan sudah terdaftar di BPOM. Cara mudahnya adalah dengan melihat nomor BPOM pada kemasan, biasanya posisi berada dibelakang. Meskipun begitu, kamu juga perlu tetap cermat dalam memilih, Sobat Natha! Karena ada beberapa yang mencantumkan nomor palsu agar terlihat aman. Untuk memastikan kebenarannya kamu bisa kunjungi website resmi BPOM.

2. Cream Pemutih Wajah Berbahaya Memiliki Wangi Yang Menyengat

Sebelum memakai, kamu dapat mencium aroma dari cream tersebut. Biasanya yang mengandung merkuri masih tercium bau logam yang tajam. Namun, produsen biasanya menyamarkan dengan parfum yang berlebihan. Jika terdapat wangi yang menyengat kamu harus waspada dan segera cek ya, Sobat Natha!

3. Cream Pemutih Wajah Berbahaya Terlihat Mencolok

Cream pemutih yang aman dan telah terdaftar di BPOM memiliki warna yang tidak mencolok saat kemasannya dibuka. Sebaliknya, cream pemutih abal-abal akan terlihat mencolok yang disebabkan oleh pewarna tekstil atau pewarna buatan lainnya yang sangat berbahaya untuk kulit. Kamu harus waspada dengan cream yang berwarna kuning atau putih mengkilap seperti mutiara.

4. Saat Dipakai Tidak Rata dan Lengket di Tangan

Cream pemutih yang berbahaya biasanya lengket karena dicampur dengan bedak. Selain itu, cream terasa kasar saat dipakai. Beberapa cream pemutih berbahaya kadang terpisah, ada bagian yang berminyak atau padat dalam satu kemasan.

Baca Juga : Kandungan Skincare yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil

5. Terasa Perih dan Panas Saat Dipakai

Bagi beberapa orang bisa saja mengalami kulit yang mengelupas atau terasa sedikit panas saat menggunakan cream wajah yang tidak cocok dengan kulit mereka. Namun, cream pemutih wajah yang berbahaya akan terasa lebih panas dibandingkan dengan alergi atau reaksi ketika kulit tidak cocok dengan cream pada umumnya. Selain itu, juga dapat meninggalkan bekas luka pada wajah. Apabila kamu menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, akan menimbulkan penyakit kulit yang lebih serius. Jika kamu sudah merasakan gejala ini lebih baik hentikan penggunaan dan segera berkonsultasi ke dokter kulit!

6. Kulit Mudah Memerah Saat Terkena Paparan Matahari

Penggunaan cream yang aman dan tepat mampu menjaga kulitmu dari paparan sinar matahari agar tidak memerah. Lain hal jika cream pemutih yang berbahaya, kulit cepat memerah jika terkena matahari, yang kemungkinan ada lapisan kulit telah rusak.

7. Kulit Terlihat Pucat dan Tidak Putih Alami

cream pemutih wajah berbahaya

Cream pemutih wajah yang aman biasanya hanya dapat memutihkan kulit sebatas warna pergelangan tangan bagian dalam. Hasil akhirnya adalah kulit wajah putih yang alami dan segar. Berbeda dengan cream pemutih wajah yang memiliki kandungan merkuri. Warna kulit wajah yang dihasilkannya adalah putih pucat. Bahkan, warna putihnya akan terlihat mencolok dengan warna kulit leher dan bagian tubuh lainnya.

8. Hasil yang Cepat dan Instant

Sesuatu yang serba instan belum tentu produk itu berkualitas baik, Sobat Natha! Kamu harus berhati-hati dengan cream pemutih wajah yang dapat memberikan hasil luar biasa dalam waktu yang sangat singkat. Penggunaan cream yang instan seperti ini dalam jangka waktu yang panjang dapat mengikis kulit dan menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker kulit. Lebih baik kamu gunakan cream pemutih wajah bersertifikasi BPOM yang memutihkan wajah secara bertahap.

9. Mengakibatkan Ketergantungan

Jika pemakaian cream pemutih dihentikan, wajah akan tampak lusuh dan gelap sehingga muncul ketergantungan untuk terus memakai cream berbahaya tersebut. Semakin lama dipakai, racun semakin menumpuk dalam tubuh dan jaringan kulit pada akhirnya menyebar dan akan semakin rusak. Pada akhirnya membahayakan kesehatanmu loh!

Itu dia beberapa ciri-ciri cream pemutih yang berbahaya menurut BPOM. Jangan tergoda dengan hasil yang instant dan harga yang murah ya, Sobat Natha! Baiknya sebelum membeli kamu harus cek terlebih dahulu produk itu apa sudah terdaftar di BPOM atau belum.

Sayangi kecantikan kulit dan kesehatanmu ya. Be beauty & be smart, Sobat Natha!

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.