manfaat wortel untuk kulit

Manfaat Wortel Untuk Kulit Wajah dan Cara Pengolahannya

Selain baik untuk kesehatan mata, ternyata wortel memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Pasalnya, wortel memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan kulit, khususnya pada wajah. Penasaran apa saja manfaat wortel untuk kulit wajah? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Wortel merupakan sayuran yang manfaatnya banyak digunakan untuk kesehatan mata. Namun, wortel memiliki kandungan vitamin C dan nutrisi lainnya yang mampu membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah, seperti menyamarkan flek hitam, mencerahkan kulit secara alami, sebagai anti penuaan dini dan sebagainya.

Manfaat Wortel Untuk Kulit Wajah

Sobat Natha bisa mengolah menjadi masker wajah atau dikonsumsi sebagai jus untuk perawatan rutin kecantikan di rumah. Berikut ini adalah ragam manfaat wortel untuk kulit wajah yang dirangkum dari berbagai sumber :

Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat wortel untuk kulit wajah yang pertama adalah mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C pada wortel dikenal mampu mencerahkan kulit agar lebih glowing. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsi wortel atau membuat masker wortel di rumah secara rutin.

Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang baik.

Membantu Meredakan dan Menyamarkan Bekas Jerawat

Wortel memiliki kandungan antioksidan yang mampu meredakan jerawat dan menyamarkan bekasnya. Sobat Natha bisa mengolah menjadi masker untuk mendapatkan manfaatnya. Cara membuat masker wortel untuk meredakan jerawat juga cukup mudah. Sobat Natha bisa menyiapkan 1 wortel segar lalu diparut atau diblender hingga hancur. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah yang berjerawat atau terdapat bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

Baca Juga : Cara Membuat Masker Wajah Alami Dengan Mudah

Sebagai Anti-aging

Manfaat wortel untuk kulit wajah selanjutnya adalah dapat mengencangkan kulit. Kandungan vitamin C pada wortel mampu membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Alhasil, peningkatan produksi kolagen yang terjadi mampu membantu memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit.

Sobat Natha juga bisa dengan mengonsumsi jus wortel atau menjadikannya sebagai masker wajah. Lakukan secara rutin agar hasil yang di dapatkan sesuai dengan harapan.

Menyamarkan Flek Hitam

Selain mencerahkan dan mengencangkan kulit, wortel juga dapat menyamarkan flek hitam di wajah. Menggunakan masker wortel secara rutin dikenal mampu menyamarkan flek hitam. Anda hanya perlu membuat campuran jus wortel, olive oil, dan madu yang diaplikasi pada seluruh wajah secara merata. Setelah itu, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Merawat Kulit Berminyak dan Kulit Kering

Manfaat wortel untuk kulit wajah lainnya yaitu merawat kulit berminyak dan kulit kering. Pada kulit berminyak, permasalahan kulit yang sering dialami yaitu pori-pori kulit yang besar dan berminyak.

Wortel dapat membuat kulit kamu menjadi lebih bersih dan lembut secara alami. Selain itu, wortel juga mampu mengontrol kadar minyak berlebih pada kulit untuk meminimalisir timbulnya jerawat.

Sobat Natha juga bisa mengkombinasikan antara wortel dan mentimun untuk dibuat sebagai masker untuk mengatasi masalah yang dialami kulit kering. Kandungan gizi yang ada di dalam wortel juga dapat menjadi masker untuk anti penuaan.

Cara pembuatannya cukup mudah, siapkan wortel, mentimun dan sour cream. Lalu campurkan 2 sendok wortel, 1 sendok mentimun yang sudah telah dihaluskan, dan 1 sendok sour cream.

Setelah itu, campurkan semua bahan tadi lalu aduk hingga merata. Selanjutnya oleskan campuran tersebut pada seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, cuci wajah menggunakan air hangat hingga bersih lalu keringkan. Campuran masker tersebut dipercaya mampu membuat kulit halus dan lembap agar terhindar dari kekeringan kulit.

Melindungi Dari Paparan Sinar Matahari

Wortel memiliki senyawa beta karoten dan karotenoid yang mampu melindungi kulit wajah dari sinar UV. Selain itu, senyawa tersebut juga mampu membantu memperbaiki kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan melindungi terhadap efek buruk dari terlalu banyak terkena paparan sinar matahari.

Itu dia beberapa manfaat wortel untuk kulit yang dapat kamu coba dirumah. Semoga bermanfaat ya!

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.