cara menurunkan berat badan

9 Cara Menurunkan Berat Badan Yang Wajib Kamu Coba!

Ada banyak cara menurunkan berat badan yang dapat kamu praktikkan dengan mudah. Untuk mendapat hasil yang diinginkan, tentu saja kamu perlu mempraktikkannya secara teratur dan konsisten.

Berdiet atau menurunkan berat badan harus dilakukan dengan benar dan sehat. Jika melakukan hal ekstrim, Kamu justru akan merusak tubuh mu sendiri.

Cara menurunkan berat badan lebih baik dilakukan secara konsisten dibandingkan secara cepat. Tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi agar tidak merasa tertekan dengan pola diet, contohnya adalah dengan mengatur ulang pola makan. Lakukan lah diet sehat dengan tetap memberikan tubuh asupan yang bergizi.

Cobalah untuk memasak makanan kamu sendiri, karena kamu menjadi lebih mudah mengontrol makanan apa saja yang akan kamu konsumsi.

Tidak berhenti sampai di situ, masih ada segudang tips diet lain yang perlu kamu lakukan. Cobalah untuk mempraktikkan beberapa hal di bawah ini secara teratur untuk mendapat hasil yang maksimal.

Cara Menurunkan Berat Badan

Nyatanya, terdapat sederet cara menurunkan berat badan yang bisa kamu lakukan dengan mudah lho. Apa sajakah itu? Simak saja pembahasannya berikut ini!

1. Atur Porsi Makan

Dilansir oleh Greatist, mengatur porsi makan penting kamu lakukan untuk mendapat berat badan ideal. Untuk memudahkan mengatur porsi makan, kamu dapat menggunakan piring dengan ukuran yang lebih kecil daripada piring yang biasa kamu pakai sebelumnya.

Cara ini terbukti efektif karena dapat memanipulasi pikiran kita, sehingga dengan porsi yang lebih sedikit menjadi lebih mudah kenyang.

2. Konsumsi Protein

Mengonsumsi protein termasuk salah satu cara menurunkan berat badan yang wajib kamu lakukan. Oatmeal atau telur adalah beberapa pilihan sumber protein yang cukup mudah untuk kamu temukan. Dengan mengonsumsi jenis makanan itu, kamu menjadi tidak mudah merasa lapar.

3. Tidur

Tips diet selanjutnya yang sebaiknya kamu praktikkan adalah mencukupi waktu tidur di malam hari. Saat kurang tidur, hormon yang bertugas untuk mengatur rasa lapar menjadi terganggu. Akibatnya, keinginan kamu untuk mengonsumsi makanan berlebih pun meningkat.

4. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Konsumsi lebih banyak buah dan sayur yang dibarengi menu gizi yang seimbang merupakan cara aman untuk menurunkan berat badan. Selain itu, pola makan kaya buah dan sayur mengurangi risiko penyakit kronis karena keduanya mengandung gizi untuk tubuh.

Buah dan sayuran mengandung air dan serat yang akan menambah volume pada menu makanmu. Dengan begitu, kamu bisa mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sama dan mengenyangkan, tetapi asupan kalori yang lebih sedikit.

5. Kurangi Konsumsi Gula dan Junk Food

Gula mengandung kalori yang sangat tinggi. Jadi kamu harus membatasi asupan gula yang masuk ke dalam tubuh mu. Bagi yang suka minum kopi dan teh, pelajari lebih lanjut ya mengenai batasan kafein per harinya!

Selain itu, kandungan lemak pada junk food juga berpotensi menaikkan lemak tubuh yang dapat membuat peningkatan berat badan yang berujung pada obesitas.

Di samping itu, kandungan nutrisi yang rendah pada junk food dapat membuat kita merasa lapar lebih cepat sehingga makan menjadi tidak teratur dan ter control yang menyebabkan obesitas.

6. Perbanyak Minum Aur Putih

Tubuh manusia normalnya terdiri dari 60% air. Artinya, air berperan penting pada hampir setiap fungsi tubuh. Itu sebabnya, tubuh yang terhidrasi dengan baik akan berfungsi dengan baik, dari berpikir hingga membakar lemak tubuh.

Sudah bukan rahasia umum lagi bila minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan dengan berbagai cara, antara lain:

  • Menekan nafsu makan,
  • Meningkatkan metabolisme,
  • Memudahkan tubuh untuk bergerak,
  • Membantu mengurangi asupan kalori cair,
  • Meningkatkan motivasi, serta
  • Mengurangi stres.

Meski ada berbagai faktor yang dapat memengaruhi berat badan, minum air putih secukupnya adalah langkah awal yang baik untuk menurunkan berat badan.

7. Konsumsi Vitamin D

Cara menurunkan berat badan selanjutnya yaitu vitamin D. Mengonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin D bisa membakar lemak sehingga berat badan pun turun.

Kamu bisa mendapat asupan vitamin D dengan berjemur di bawah matahari, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin D, atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

8. Aktif Bergerak

Kalau Kamu terlalu banyak duduk, coba untuk sesekali mengistirahatkan badan dengan jalan kaki. Mengurangi penggunaan kendaraan seperti motor jika jarak yang ditempuh cukup dekat.

Biasakan untuk berjalan kaki agar kamu bisa membakar kalori lebih banyak selain dari olahraga yang teratur.

9. Konsisten

Terakhir dan yang paling penting dari cara menurunkan berat badan adalah konsisten! Ingat, diet sehat membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Butuh waktu minimal tiga bulan untuk tubuh beradaptasi dengan pola hidup baru.
Jika kamu berhasil konsisten, berarti kamu sudah siap untuk menjaga pola hidup yang lebih sehat dalam jangka panjang.

Sharing is Caring

Leave a Comment

Your email address will not be published.