jerawat punggung

Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Punggung Yang Efektif

Pasti kalian sudah tahu nih ya dengan apa yang disebut jerawat? Nah, biasanya jerawat ini muncul justru akibat kebersihan dari diri kita sendiri. Misalnya akibat keringat, mandi yang tidak bersih, atau mungkin dari akibat hormonal, dan lain sebagainya. Tetapi ada juga jerawat yang muncul pada bagian punggung. Kalau begitu, apakah jerawat pada punggung itu sama dengan yang di wajah? Simak artikel dibawah ini sampai habis bagaimana cara mengatasi jerawat punggung

Jerawat di punggung lebih muncul karena akibat faktor hormonal yang bentuknya rata, dan ada sedikit nanah didalamnya. Pada dasarnya, tanda-tanda dan juga gejala jerawat punggung tidak jauh berbeda dengan jerawat yang ada di wajah. Jerawat tersebut meliputi :

Komedo Putih / Whitehead

Jerawat jenis ini berbentuk seperti benjolan kecil berwarna putih. Selain itu, terbentuk dari pori-pori yang mungkin tersumbat akibat minyak berlebih. 

Komedo Hitam (Blackhead)

Komedo hitam biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau bahkan menimbulkan kemerahan pada kulit. Biasanya, komedo hitam merupakan benjolan kecil berwarna hitam yang muncul akibat penyumbatan folikel rambut.

Papula

Papula merupakan jenis jerawat yang padat di bawah kulit dan terasa nyeri. Biasanya, kulit disekitar tonjolan akan berwarna merah. Namun, papula tidak memiliki titik nanah pada permukaan benjolan.

 

Baca Juga : Berhenti Pakai Skincare Jika Kamu Mengalami 5 Hal ini

 

Pustula

Berbeda dengan papula, Pustula adalah jenis jerawat yang memiliki nanah di dalamnya.

Jerawat Batu

Jerawat batu merupakan jerawat yang mempunyai benjolan relatif besar, keras, berwarna merah dan terasa lebih sakit. Ketika jerawat ini pecah, maka dapat membuat kulit iritasi.

Bagaimana cara mengatasi jerawat punggung?

Mandi Setelah Berkeringat

Jika kamu merasa badan penuh keringat, maka segeralah mandi. Salah satu untuk mengatasi dan mencegah adanya jerawat adalah dengan kebersihan diri. Jika keringat terlalu lama dibiarkan, maka keringat tersebut akan menyumbat pori-pori dan pada akhirnya akan muncul jerawat. Pilihlah sabun yang memiliki kandungan yang memang dapat mengatasi jerawat (AHA/BHA, Tea Trea Oil, Benzoil Peroksida, dll)

Melakukan Eskfloliasi

Dengan melakukan ekfloloasi secara rutin, maka kebersihan tubuh pun dapat terjaga secara maksimal. Proses ini berfungsi untuk memastikan sel-sel kulit mati yang berada di punggung benar-benar sudah terangkat. Bisa dengan cara scrub ataupun lulur. Proses eksfloliasi akan lebih baik jika dilakukan secara rutin. Namun, jika ada jerawat yang banyak pada punggung, lebih baik hindari eksfloliasi agar jerawat tidak infeksi.

Memakai Pakaian yang Tidak Ketat

Salah satu cara untuk mengatasi jerawat punggung adalah dengan memakai pakaian yang tidak terlalu ketat. Hal ini berfungsi agar jerawat memiliki ruang dan tidak mudah tergesek oleh bahan pakaian. Akan beresiko jika jerawat sering bersinggungan dengan pakaian, dan dapat menimbulkan infeksi yang lebih parah. Lebih baik memakai pakaian yang mudah menyerap keringat, seperti bahan katun. Serta, disarankan untuk segera berganti pakaian jika sudah berkeringat banyak. Hal tersebut merupakan salah satu pemicu munculnya jerawat pada punggung.

Sharing is Caring

6 thoughts on “Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Punggung Yang Efektif”

  1. Pingback: Jenis Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Dialami - Natha Jaya Makmur

  2. Pingback: Arti Letak Jerawat dan Cara Pencegahannya! - Natha Jaya Makmur

  3. Pingback: Review Soraba, Sabun Mandi Untuk Jerawat Punggung Paling Ampuh! - Natha Jaya Makmur

  4. Pingback: Jerawat di Hidung Bikin Gak PD? Begini Cara Mengatasinya! - Natha Jaya Makmur

  5. Pingback: Cara Mengatasi Maskne Agar Tidak Semakin Parah - Natha Jaya Makmur

  6. Pingback: Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Secara Alami. Catat Ya! - Natha Jaya Makmur

Leave a Comment

Your email address will not be published.