kandungan peptide

Mengenal Kandungan Peptide Dalam Skincare Untuk Anti-Aging

Mungkin bagi beauty enthusiast sudah tidak asing lagi dan paling tidak pernah mendengar kandungan peptide. Namun tau gak sih apa itu kandungan peptide dan apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasannya dibawah ini ya!

Jika membahas seputar kandungan anti aging seperti retinol, hyaluronic acid, AHA, vitamin E, dan sebagainya sudah familiar. Nah, ternyata ada kandungan lain yang tidak kalah ampuhnya dibandingkan dengan kandungan yang tadi disebutkan yaitu, Peptide.

Apa itu Kandungan Peptide?

Di lansir dari laman merdeka.com Peptide adalah protein kecil dan molekul aktif yang ada di dalam kolagen. Jika dijelaskan secara sederhana, peptide sebagai kandungan skincare adalah komponen penyusun kolagen dan elastin baru. Tanpa adanya protein dalam sel tubuh, maka kulit akan kesulitan untuk memproduksi kolagen sehingga elastisitas pun menurun dan muncul kerutan. Saat menginjak usia 30 tahun, manusia akan kehilangan kolagen hingga 1% pada setiap tahunnya. Namun, ada beberapa faktor juga yang berpengaruh seperti usia, lingkungan, dan sinar UV berpotensi mengurangi bahkan merusak kolagen pada tubuh. Peptide ini memiliki enzim yang bekerja menghambat kerusakan kolagen alami pada kulit.

Nah, dapat disimpulkan bahwa produk skin care dengan kandungan peptide di dalamnya sangat penting karena dapat membantu mendorong produksi kolagen agar kondisi kulit tetap kencang dan juga awet muda. Apalagi, kandungan peptide juga dikliam relatif aman untuk kulit, karena tidak menyebabkan kemerahan maupun iritasi.

Jenis-Jenis Kandungan Peptide

Sebenarnya ada lima jenis peptida yang biasa digunakan sebagai skincare, namun yang paling umum adalah neuropeptida, kamu dapat menemukan kandungan ini pada serum dan krim. Fungsi dari peptide jenis ini adalah untuk mengurangi garis halus pada kulit.

Peptide yang terdapat dalam produk krim sangat baik untuk memperbaiki luka kulit atau kondisi kulit tertentu, seperti eksim dan dermatitis. Sedangkan untuk kulit sensitif, peptide berfungsi untuk meningkatkan ketahanan, tekstur, dan warna kulit.

Kandungan Peptide untuk Perawatan Kulit

Kandungan peptide ini memang berfungsi untuk mengatasi permasalahan kulit seperti penuaan, tetapi hal ini bukan menjadi satu-satunya bahan yang digunakan untuk anti-aging. Karena kulit adalah organ yang rumit, jadi kebutuhannya tidak mungkin terpenuhi dengan hanya satu kandungan saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari peptide dalam perawatan kulit, diperlukan peptide dengan formulasi dan takaran yang tepat. Jadi, tidak heran jika banyak skincare yang menggabungkan kandungan peptide dengan bahan lainnya untuk melengkapi kebutuhan kulit.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Niacinamide Untuk Perawatan Kulit

Manfaat Kandungan Peptide Dalam Skincare

Peptide dapat ditemukan dalam berbagai jenis skincare mulai dari serum, moisturizer, hingga sheet mask. Kamu tidak perlu khawatir karena peptide ini aman digunakan oleh semua jenis kulit bahkan kulit sensitif. Yuk, simak fungsi peptide untuk kesehatan kulit di bawah ini.

 

Mencegah Penuaan Kulit

Manfaat peptide untuk kulit yaitu mencegah penuaan dini pada kulit. Seperti yang kita ketahui tahu bahwa seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan semakin berkurang.

Kulit yang kendur dan keriput akan membuat penampilan jadi tampak lebih tua. Maka dari itu, kamu membutuhkan asupan nutrisi atau skincare yang berfungsi meningkatkan elastisitas kulit.  Ya! Salah satunya menggunakan peptide sebagai pilihan untuk merangsang produksi kolagen. Nantinya peptide dapat meningkatkan elastisitas dan memperlambat munculnya tanda penuaan di kulit.

 

Memperbaiki Skin Barrier

Kandungan peptide dalam skincare berfungsi untuk memperbaiki kondisi skin barrier wajah. Skin barrier rusak karena akibat dari paparan polusi, sinar matahari, asap rokok, debu, dan eksfoliasi yang berlebihan.

 

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV Berlebih

Paparan sinar UV dari matahari bisa menyebabkan kulit rusak seperti kemerahan hingga warna tidak merata. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan sunscreen untuk mencegah kerusakan kulit. Selain itu, kamu bisa membantu meningkatkan perlindungan kulit dengan menggunakan skincare kandungan peptide.

 

Meredakan Peradangan

Manfaat peptide di dalam produk skincare lainnya adalah dapat meredakan peradangan. Peptide juga bisa membantu meredakan peradangan, meratakan warna kulit, memperbaiki kulit yang rusak, dan menenangkan kulit. Beberapa jenis peptide memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain menggunakan produk dengan kandungan peptide, kamu bisa menggunakan obat jerawat yang dianjurkan dokter.

Penggunaan peptide sangat dianjurkan pada malam hari karena pada waktu malam hari sel kulit secara alami akan mengalami regenerasi. Dengan begitu, hasil yang kamu dapatkan akan lebih optimal.

Sharing is Caring

1 thought on “Mengenal Kandungan Peptide Dalam Skincare Untuk Anti-Aging”

  1. Pingback: Skincare Routine Untuk Usia 30-an. Kamu Sudah Terapkan? - Natha Jaya Makmur

Leave a Comment

Your email address will not be published.