manfaat buah carica

Manfaat Buah Carica Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Sobat Natha tahu dengan buah carica? Buah carica atau pepaya gunung biasanya sering dijadikan manisan untuk oleh-oleh. Buah yang mirip seperti pepaya tetapi berukuran kecil ini bisa kamu temukan di dataran tinggi wilayah Wonosobo, Jawa Tengah. Buah ini ternyata punya segudang manfaat untuk kecantikan kulit loh! Pada artikel ini kami akan membahas apa saja manfaat buah carica untuk kecantikan. Simak ya!

Buah pepaya ini adalah buah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan kulit. Memiliki nama latin Carica Papaya, buah yang memiliki daging berwarna orange ini ternyata berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan. Tanaman ini hampir semua bagiannya dapat dikonsumsi, mulai dari buah, daun, hingga bunga enak untuk dimakan dan kaya akan nutrisi. Namun, siapa sangka buah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit. Berikut ini adalah manfaat buah carica untuk kecantikan kulit.

  1. Mengatasi Jerawat

Manfaat buah carica untuk kulit yang pertama adalah dapat mengatasi dan merawat jerawat yang akan muncul pada kulit karena buah carica mengandung enzim papain yang efektif untuk merawat jerawat serta mengurangi bekas jerawat yang akan ditinggalkan.

Baca Juga : 7 Bahan Aktif Skincare yang Ampuh Atasi Jerawat

  1. Membuat Kulit Cerah

Dilansir dari laman Reward Me, buah carica mengandung bahan pemutih alami. Tidak heran jika masker yang terbuat dari buah pepaya akan menjadikan kulit lebih cerah dan putih. Tidak hanya ampuh memutihkan kulit, pepaya juga dapat menghilangkan freckles, noda hitam hingga noda bekas jerawat.

  1. Meratakan Warna Kulit

Manfaat buah carica untuk kulit lainnya adalah meratakan warna kulit. Jika kamu memiliki masalah warna kulit yang tidak rata, buah carica bisa jadi solusinya. Kamu bisa menggunakan buah ini sebagai eksfoliator alami. Selain itu, beta karoten, enzim, dan phytochemical dalam buah ini bisa membuat wajah Anda terlihat lebih cerah.

Baca Juga : Manfaat Bunga Untuk Kecantikan

  1. Mengecilkan Pori-pori

Penyebab pori-pori kulit membesar adalah sel kulit mati, kotoran, atau penggunaan skincare yang tidak cocok. Kandungan vitamin A dalam carica ini dapat membantu mempercepat proses pembentukan sel kulit baru. Sehingga risiko pori-pori tersumbat akibat sel kulit mati akan berkurang. Pori-pori kulit akan mengecil secara perlahan setelah penggunaan buah carica.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah carica lainnya adalah mencegah penuaan dini. Berkat kandungan vitamin C yang tinggi, munculnya penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus dapat diperlambat karena terjadi pembentukan kolagen.

Dengan terjaganya kolagen dalam tubuh, kulit wajah akan terhindari dari penuaan dini, kerutan, dan kulit lebih halus. Selain vitamin C, buah carica juga mengandung vitamin E dimana bisa melawan radikal bebas dari sinar UV.

Itu dia manfaat buah carica yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Setelah kita mengetahui, ternyata tidak hanya baik untuk Kesehatan tubuh namun bermanfaat untuk Kesehatan kulit juga. Tidak heran sekarang banyak produk skincare yang memasukan kandungan buah ini ya!

Sharing is Caring

1 thought on “Manfaat Buah Carica Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit”

  1. Pingback: Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kecantikan. Kamu Wajib Coba! - Natha Jaya Makmur

Leave a Comment

Your email address will not be published.